Cara Membaca Kode Aki Mobil GS

Cara Membaca Kode Aki Mobil GS Yang Harus Diketahui

Cara membaca kode aki mobil perlu anda pahami sehingga anda bisa mendapatkan aki yang yang bagus. Sebab membeli aki tentu tidak boleh sembarangan dan jangan sampai tergiur dengan harganya yang murah atau bahkan kondisi fisiknya yang terlihat mulus seperti baru. Karena bisa jadi, aki tersebut ternyata sudah melebihi masa kadaluarsanya. Anda harus teliti untuk memeriksanya terlebih dahulu pada kode produksi yang ada di aki tersebut.

Secara umum setiap aki dari pabrikan sudah memiliki prediksi/jangka waktu usia produksi aki, sehingga jika anda perhatikan, terdapat sebuah kode yang tertera di aki untukk pertimbangan anda. Untuk mengetahuinya wartaoto sudah menyiapkan cara membaca kode aki mobil yang sebetulnya sangat mudah jika anda memahaminya. Cara ini juga bisa menghindari dari tertipu okeh aki palsu bahkan sudah kadaluarsa. Dan setiap merk aki biasanya mempunyai standarisasi penamaan aki seperti standar Jepang yaitu JIS, Jerman yaitu DIN, dan lainnya.

Perhatikan Standar Kode Aki mobil

JIS (Japan Industrial Standard)

Standar ini biasanya dipakai pada mobil-mobil seperti, Mitsubishi Pajero, Suzuki Swift, Toyota Avanza, Honda Jazz dan lain sebagianya. Cara membaca kode aki pada standar ini memiliki ciri khas yaitu pole yang menonjok serta tidak rata dengan container akinya. Jika anda cermati, akan ada kode NS40 yang maksudnya huruf “N” berarti normal. S ialah pengurangan aki sebesar 20% serta pole adalah small. Sementara 40 merupakan daya utama pada aki /baterai tersebut. Penyelesainnya adalah 40-20%= 32 Ah, dengan pole aki kecil serta pole di kutub positif berada di sebelah kanan. Untuk mengetahui letak pole positif biasanya ada kode huruf R (right/kanan). Hanya saja ini jarang dituliskan pada kode aki. Sebeb kode yang tertera adalah (left/kiri). Sedangkan untuk kode 60 keatas berarti nilai amperenya berbed yakni NS60 adalah 45 h, 55D23L yaitu 60 Ah, NS70 yaitu 65 Ah, N50Z yaitu 60 Ah dan 80D26l yakni 70 Ah. Kode baterai tersebut memakai produk GS Astra.

Viral :   Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit Mudah & Cepat

DIN (Deutsches Institut Fur Normung)

Jenis standar ini paling umum digunakan pada mobil Eropa dan mempunyai ciri pole aki rata dengan body akinya. Aki jenis ini juga terdapat 5 angka tetapi yang perlu anda perhatikan adalah 3 digit di bagian awak saja. Dimana dari sini sudah bisa kita ketahui berapa nilai ampere akinya. Misalnya tipe aki DIN dengan kode 555-59. Maka angka 5 pertama adalah nilai nol. Adapun untuk angka pertama 6 berarti nilainya 1, jika 7 berarti nilainya 2. Sementara 2 dan 3 nilainya sama. Maka hasilnya adalah. 055 Ah atau setara dengan 55 ampere.

Cara Membaca Kode Aki Mobil

Kode aki GS Astra

Misalnya kode yang tertera adalah 1567B5K2150, maka untuk mengetahuinya 15 pertama adalah tanggal, lalu angka6 adalah bulannya (bulan Juni) dan 7 adalah tahunnya (tahun 2017). Selanjutnya B5 adalah waktu shift yang bekerja, K adalah pabrik karawang, dan 2150 merupakan line nomor line yang bekerja ketika produksi. Yang pelu diketahui bahwa pada bulan Januari – bulan September biasanya memakai angka 1-9 dan pada bulan Oktober-Desember biasanya memakai kode A hingga C.

Viral :   Ini 6 Tips Tinggalkan Mobil saat Liburan agar Tidak Rusak

Kode Aki  yuasa

Contoh 1506179 maka:

15 = tanggal pembuatan

06 = bulan Juni

17 = tahun (tahun 2017)

9 = negara pembuatnya (Indonesia)

Kode aki Incoe

cara membaca kode aki incoe sama seperti pada aki GS astra sebab masih dalam satu perusahaan. Contohnya 2067C4K, maka:

20 = tanggal pembuatan

6 = bulan Juni

7 = tahun (2017)

Sementara kode C4 adalah waktu shift yang bekerja pada saat itu dan K merupakan pabrik yang memproduksi yatu Kerawang.

kode aki sepeda motor

Bila anda menjumpai kode aki yang lebih panjang seperti contoh 043215K0637, maka:

04 = tanggal produksi

3 = bulan (Maret)

2 = tahun (2012).

Pada dasarnya usia aki yang normal adalah 4 sampau 6 tahun dari tanggal dan tahun produksi tersebut. Cara memabaca kode aki ini akan sangat membantu anda untuk mengecek apakah aki masih layak anda gunakan ataukah tidak.

Cukup sekian dulu ya. Semoga informasi tentang cara membaca kode aki mobil diatas bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba 🙂