cara memasang aki mobil yang benar
cara memasang aki mobil yang benar

Cara Memasang Aki Mobil Yang Benar

Cara memasang aki mobil yang benar ternyata tidak sulit dan bisa anda lakukan sendiri di rumah agar bisa lebih memperhatikan serta merawat mobil khususnya di bagian mesin kendaraan anda. Komponen aki sendiri memiliki pernan yang cukup penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Fungsi utama dari aki ialah memberikan daya listrik yang utama untuk memenuhi semua kebutuhan perangkat elektronik. Tanpa aki, kendaraan anda tidak bisa berjalan dengan optimal.

Adapun penyebab aki tekor yang sering terjadi disebabkan karena pemasangan aki yang kurang tepat dan biasanya juga karena kendaraan jarang dipanasin. Mobil tidak bisa menyala ketika distarter juga bisa karena aki, maka dari itu penting untuk mengecek serta melakukan perawatan secara rutin. Jika diabaikan, performa mobil anda akan menurun, perangkat AC tidak sejuk lagi, sampai sampai mesin kendaraan anda menjadi susah menyala. Jika sudah begini, anda perlu mengganti komponen aki dan supaya menghemat biaya dan juga waktu, anda harus tau cara memasang aki mobil yang benar.

Daftar Isi

Cara Memasang Aki Mobil Yang Benar

  • Lepas Aki

Sebelum memasuki tata cara memasang aki mobil, anda perlu melepas atau mengeluarkan aki yang lama terlebih dahulu. Adapun caranya bisa anda lihat pada artikel sebelumnya di sini cara melepas aki mobil yang benar. Nah, jika semuanya telah terlepas, selanjutnya anda harus mengangkat aki dengan tegak lurus yang bertujuan jika tipe aki anda tipe basah maka cairan aki tersebut tidak akan tumpah-tumpah ke luar. Dan biasanya anda akan melihat beberapa perangkat misalnya seperti kabel serta klem aki berkarat karena sudah lama tidak dibersihkan. Untuk membersihkannya sebaiknya gunakan cairan khusus. Pasalnya karat yang dibiarkan terlalu lama bisa menghambat serta menjadi penghalang masuknya arus listrik. Maka aliran listrik yang diperlukan oleh perangkat lainnya pada mobil pun jadi berkurang.

  • Tempatkan aki tegak lurus

Selanjutnya, anda perlu memasukkan aki yang sudah anda siapkan. Pastikan anda membeli aki yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk pemasangan aki yang baru, letakkan aki dengan tegak lurus ke bagian dudukannya. Lalu pasang kabel positif dahulu di terminal positif, baru selanjutnya kabel negatif ke terminal negatif. Hal ini bertujuan untuk menghindari percikan api di kutub positif.

  • Pemasangan kabel positif & kabel negatif

Pada saat setelah pemasangan kabel positif lalu dilanjutkan dengan pemasangan kabel negatif, biasanya akan muncul percikan api dan ini adalah hal yang wajar terjadi, maka anda tidak perlu khawatir. Percikan api tersebut akan hilang dengan sendirinya jika kepala aki sudah terpasang dengan benar dan sempurna.

  • Pengecekan kabel & klem

Jika sudah, anda harus memastikan bahwa semua kabel serta klem sudah terpasang dengan benar. Jangan samoai kendor atau ada yang terkunci tidak sempurna, karena ini bisa menyebabkan mobil tidak menyala saat anda mencobanya.

  • Nyalakan mesin kendaraan

Cara memasang aki mobil pada tahapan terakhir adalah jika anda sudah yakin bahwa seluruh bagian perangkat aki telah terpasang dengan baik, coba nyalakan mesin kendaraan anda. Tunggu hingga beberapa waktu sampai semuanya bekerja dengan baik. Sekarang mobil anda sudah bisa kembali normal untuk digunakan dengan nyaman. Kondisi mobil yang prima harus anda haga setiap waktu untuk menghindari hal-hal ayng tidak diinginkan sewaktu-waktu di tenagh perjalanan.

Viral :   Begini Cara Mengatasi Ban Motor Pecah saat Berkendara

Demikianlah informasi tentang Cara memasang aki mobil yang benar. Semoga bermanfaat ya 🙂