Agar Tidak Tertipu, Ikuti Tips Membeli Mobil Bekas Ini

Membeli mobil bekas memang memerlukan effort tersendiri dalam hal pengecekan sebab kondisi kendaraan statusnya second sehingga secara fisik pasti mengalami perubahan tersendiri. Tidak ada salahnya membeli kendaraan second. Yang terpenting, Anda sudah tahu bagaimana tips dan triknya agar nantinya tidak merugi.

Pernah ada kasus di mana seseorang membeli kendaraan bekas tanpa melakukan pengecekan yang teliti dan ternyata hasil rakitan. Secara fisik memang kendaraan tampak bagus, tetapi ternyata pernah turun mesin dan penjualnya tidak menginformasikannya. Tentu saja hal tersebut tidak ingin dialami oleh siapa pun. Jadi, simak beberapa tips berikut ini ketika hendak membeli mobil bekas.

5 Tips Membeli Mobil Bekas Yang Aman

Anda dapat membeli mobil second di beberapa tempat, mulai dari dealer khusus kendaraan bekas atau langsung dari perorangan. Berikut ini tips selengkapnya jika ingin membeli mobil bekas.

Kantongi Catatan Servis

Tanyakan catatan servis mobil yang hendak Anda beli. Anda harus tahu bagaimana pemilik sebelumnya memperlakukan kendaraan tersebut, apakah diservis secara rutin atau sebaliknya. Catatan perbaikan sangat penting agar Anda bisa memperoleh data kualitas kendaraan secara real time.

Mobil yang diservis secara berkala juga mencerminkan bahwa pemilik sebelumnya memang betul-betul merawat kendaraannya. Harga yang ditawarkannya pun tergolong layak karena perawatannya juga maksimal. Selain itu, keaslian onderdil mobil juga dapat dipastikan apabila catatan servisnya dilakukan di bengkel resmi atau terpercaya.

Viral :   Tips Memilih Toko Aksesoris Mobil Berkualitas Terpercaya

Waspadai Jika Harganya Terlalu Miring

Membeli mobil bekas bukan berarti Anda abai terhadap kualitas. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah karena sebutuh apa pun pemilik mobil sebelumnya terhadap uang, mereka tidak akan menjual kendaraannya dengan harga yang sangat jatuh.

Jika harganya terlalu murah dari pasaran, sebaiknya Anda waspada. Mungkin saja terdapat masalah pada dokumen maupun pada mesinnya. Bisa jadi juga, mobil yang terlalu murah padahal luarnya masih bagus pernah mengalami turun mesin.

Periksa Keseluruhan Fisik

Dalam proses pengecekan fisik, hal pertama yang harus dilakukan adalah periksa mesinnya. Buka kap mesin dan cek kondisinya. Pastikan kendaraan mudah di-starter. Dengarkan bagaimana suaranya mesinnya dan periksa jangan sampai ada kebocoran pada komponen mesin.

Anda juga bisa melakukan test drive untuk menguji peforma dan kenyamanan kendaraan secara langsung. Pastikan pula eksterior mobil tidak belang catnya. Meskipun ada baret, jika tidak terlalu berlebih, tentu bisa Anda tolerir. Cek juga semua fitur interiornya dan pastikan semua berfungsi dengan baik.

Viral :   Cara Blokir STNK Mobil Tanpa Ke Samsat

Pastikan Kelengkapan Dokumen

Setelah melakukan pemeriksaan fisik dan Anda memang tertarik, periksa juga kelengkapan dokumennya. Jangan sampai Anda membeli mobil yang tidak memiliki surat-surat lengkap, misalnya saja mobil hanya dilengkapi STNK. Tentu saja, tanpa BPKB, kendaraan tersebut tidak layak jual. Tanpa surat-surat yang lengkap, kendaraan bisa mendatangkan masalah hukum.

Selain itu, cek juga bagaimana pembayaran pajaknya, apakah pemilik sebelumnya menunggak pajak atau sudah membayarnya lunas. Jika kendaraan menunggak pajak, tentu saja Anda berhak mendapatkan potongan harga sesuai dengan pajak yang tertunggak. Jika tawar-menawar tersebut berjalan alot, sebaiknya cari mobil lain yang tanpa masalah pajak.

Jika Perlu, Bawa Teman atau Mekanik Ahli

Bawa teman yang mengerti serta berpengalaman dalam urusan mesin mobil. Hal ini dapat Anda lakukan jika tidak begitu paham dengan kendaraan roda empat. Minta bantuannya untuk melakukan pengecekan. Cara ini juga berguna agar dapat mengurangi kemungkinan membeli kendaraan yang mesinnya tidak layak.

Karena kendaraan yang Anda beli adalah dari tangan kedua, pastikan untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik Anda sedikit repot dengan melakukan berbagai pengecekan sebelum membelinya