Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk

Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk, Cepat Lakukan Ini!

Pernahkah kamu merasakan kaki-kaki mobil berbunyi gluduk saat berkendara? Tentu ini tidak boleh kamu anggap remeh begitu saja karena dikhawatirkan bisa menjadi masalah besar dikemudian hari. Kaki kaki mobil bunyi gluduk adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada bagian kaki-kaki mobilmu. Bunyi aneh ini tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga bisa membahayakan. Bunyi gluduk pada kaki-kaki mobil harus segera diatasi agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Kenapa Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk?

Ada beberapa penyebab yang bisa memicu bunyi gluduk pada kaki-kaki mobil kamu. Memahami penyebabnya bisa membantu kamu menemukan solusi yang tepat. Berikut ini beberapa penyebab umum yang sering dijumpai:

Menipisnya Karet Bushing Arm

Penyebab pertama adalah menipisnya karet bushing arm. Karet bushing arm digunakan untuk menahan getaran mesin. Ketika karet ini aus, performanya tidak optimal dan bisa menimbulkan suara aneh pada kaki-kaki mobil.

Bushing arm ini berbentuk seperti botol dan terbuat dari pipa besi dengan lapisan karet yang melindunginya. Jika lapisan karet tersebut sudah tipis atau hilang, performa bushing arm akan terganggu dan bisa memicu suara gluduk di kaki mobil.

Viral :   Harga Mobil Ford Fiesta Bekas Februari 2021

Kerusakan Long Tie Rod

Bunyi gluduk juga bisa disebabkan oleh kerusakan long tie rod. Kerusakan ini biasanya terjadi karena usia komponen atau akibat mengendarai mobil di jalan yang rusak.

Matinya Shockbreaker

Shockbreaker yang mati akan membuat kemampuan mobil untuk meredam benturan menjadi kurang optimal. Akibatnya, kamu akan mendengar suara gluduk pada kaki mobil, terutama saat melewati jalan yang tidak rata.

Penting untuk melakukan pemeriksaan mobil secara rutin. Saat pemeriksaan, pastikan kondisi shockbreaker masih berfungsi dengan baik.

Kerusakan Karet Support Shockbreaker

Karet support shockbreaker berfungsi sebagai peredam getaran pada ban mobil. Jika karet ini aus dan rusak, proses peredaman tidak akan optimal dan bisa muncul suara gluduk pada kaki-kaki mobil kamu.

Cara Mengatasi Kaki Kaki Mobil Bunyi Gluduk

Saat kamu mendengar bunyi gluduk dari kaki-kaki mobil, jangan diabaikan. Kamu harus segera mencari tahu penyebabnya agar bisa menemukan solusi yang tepat. Bunyi gluduk ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa menurunkan performa mobilmu. Dibawah ini langkah tepat yang perlu kamu lakukan:

  • Lakukan Pemeriksaan di Bengkel

Langkah pertama yang bisa kamu ambil adalah membawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan menyeluruh. Jika kamu cukup paham tentang mobil, pemeriksaan ini bisa kamu lakukan sendiri. Namun, akan lebih efektif jika kamu membawa mobil ke bengkel agar bisa diketahui penyebabnya dengan akurat. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa yang menyebabkan bunyi gluduk tadi.

  • Ganti Komponen yang Rusak

Segera ganti komponen yang rusak untuk menghilangkan bunyi gluduk pada kaki mobil. Jenis komponen yang perlu diganti bisa segera diketahui setelah pemeriksaan dilakukan dengan benar. Misalnya, jika masalahnya ada pada shockbreaker, kamu bisa langsung memperbaikinya. Jika karet support shockbreaker sudah aus, gantilah dengan yang baru.

Viral :   Mengenal Drive Shaft dan Fungsinya Lebih Lengkap!