Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus

Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus Dan Awet

Cara memilih aki mobil yang bagus sangat perlu untuk Anda fahami, mengingat bahwa aki mobil merupakan komponen penting sebuah mobil yang mendukung sistem kelistrikan pada mobil. Jadi jika kondisi aki mobil lemah, maka berbagai komponen mobil yang dialiri daya listrik akan terganggu.

Contohnya saja seperti suara klakson, lampu, dan juga starter sehingga untuk menyalahkan mobil akan sulit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih aki mobil yang bagus, agar tidak menyusahkan di lain waktu. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara memilih aki mobil yang bagus.

Cara Memilih Aki Mobil Yang Bagus

Kalau di kendaraan roda 2, jenis akinya hanya ada 2 macam, yaitu aki kering dan aki basah. Maka beda halnya dengan aki yang ada pada mobil. Yang mana aki mobil 5 jenis, dan itu semua berdasarkan tipenya masing-masing. Berikkut ini beberapa aki mobil yang bagus :

  • Aki Basah

Jenis aki mobil terbaik pertama ialah aki basah. Yang mana aki mobil basah termasuk ke dalam jenis yang paling mudah untuk ditemukan di berbagai kendaraan, contohnya saja seperti mobil Toyota. Aki basah ini termasuk ke dalam jenis aki mobil Toyota terbaik, karena di dalamnya terdapat cairan elektrolit atau cairan asam sulfat. Kandungan air di dalam aki basah ini, timah antimony yang berfungsi sebagai penguat timbal untuk aki mobil. Adapun kekurangannya ialah, kandungan timah antimony ini sangat mudah menguap sehingga membuat air aki pun lebih cepat habis. Jadi, Anda perlu rutin memeriksa air aki jenis ini dan juga jangan lupa diisi ulang.

  • Aki Kering

Jika ada jenis aki yang basah, maka pastinya juga ada jenis aki kering mobil terbaik. Meskipun jenis aki mobil ini kering, tetapi bukan berarti tidak ada cairan sama sekali di dalamnya. Cairan yang terisi di dalam aki kering ini ialah cairan elektrolit. Yang mana cairan elektrolit di dalam aki kering mobil ini memiliki kandungan timah kalsium. Kandungan timah kalsium dalam jenis aki kering mobil ini, relatif lebih hemat dan juga tidak mudah menguap. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot melakukan pengisian ulang seperti jenis aki basah, karena isinya sudah diatur oleh pabrik. Selain itu, jenis aki kering mobil ini, cenderung lebih mudah dirawat dibanding dengan yang jenis aki basah.

  • Aki Hybrid

Jenis aki hybrid atau aki hibrida yang satu ini biasanya digunakan oleh mesin mobil hybrid. Aki Hybrid ini merupakan jenis aki dari perpaduan antara aki basah, kering, dan juga kalsium.  Penguapan pada aki hybrid ini termasuk minim, dan untuk perawatannya juga tergolong mudah dan murah. Sayangnya, cairan elektrolit pada jenis aki hybrid ini memiliki efek korosif terhadap mesin mobil, sehingga dapat merusak komponen mesin dalam jangka waktu yang pendek. Jadi, sangat jarang sekali mobil-mobil seperti Toyota menggunakan aki jenis hybrid ini. Selain itu, aki hybrid ini jugasangat jarang ditemukan di toko-toko perlengkapan mobil.

  • Aki Kalsium

Jenis aki kalsium ini juga termasuk ke dalam jenis aki mobil terbaik, karena kutub aki kalsium ini terbuat dari material kalsium. Kandungan dari aki kalsium ini memiliki tingkat penguapan yang rendah dibandingkan dengan aki jenis lainnya. Selain itu, daya tahan aki kalsium sangatlah baik dalam menyalurkan listrik untuk komponen kendaraan kesayangan Anda. Tetapi sayangnya, aki kalsium ini kurang dikenal di Indonesia dan kalau pun tersedia, harga yang dibanderol pastinya terbilang cukup mahal.

  • Aki Gel

Jenis aki Gel ini diklaim sebagai jenis aki mobil terbaik dan juga tercanggih. Karena jenis aki ini menggunakan gel, tidak lagi menggunakan cairan elektrolit seperti aki pada umumnya. Keunggulan lain dari aki yang berbahan dasar gel ini, ialah tidak bersifat korosif yang berarti tidak mudah merusak komponen mesin mobil Anda. Keunggulan lain dari aki Gel ialah, perawatanmya yang terbilang mudah, dan usia pemakaian aki gel ini cukup panjang. Jadi, Anda bisa mengandalkan aki gel ini untuk merawat mobil kesayangan Anda.

Viral :   Cara Membayar Pajak Motor dan Persyaratan Dokumen

Rekomendasi Aki Mobil Terbaik yang Awet

  • GS Astra
  • Motolite DIN 55530
  • Aki GForce
  • Aki Massiv
  • Global Battery
  • Odyssey PC680
  • Aki Delkor
  • XS Power D6500
  • Nagoya NS 40
  • Optima 34/78 RedTop