Hobi Main Motor Offroad? Kenakan Perlengkapan Wajib Ini

Bagi sebagian orang, mampu menaklukkan medan yang ekstrem dengan menggunakan motor adalah sebuah kepuasan tersendiri. Aktivitas offroad sudah barang tentu memiliki risiko yang tidak sepele sehingga faktor keamanan dan keselamatan harus benar-benar diperhatikan. Selain kondisi fisik Anda sendiri dan kendaraan yang prima, ada perlengkapan lain yang perlu Anda ketahui.

Perlengkapan Offroad yang Wajib Digunakan

Untuk bisa melakukan hobi touring di jalur offroad, tentu Anda harus menggunakan motor trail. Di Indonesia, pilihan motor trail cukup banyak, bahkan tidak sulit untuk mencari motor trail yang harganya ekonomis. Namun, faktor keselamatan bukan semata-mata tergantung pada pemilihan motor. Anda juga perlu meminimalkan risiko cedera dengan mengenakan 5 perlengkapan wajib berikut ini.

Helm

Helm adalah perlengkapan standar yang wajib dikenakan oleh pengendara sepeda motor. Jangankan berkendara di medan ekstrem, memacu sepeda motor di jalanan yang mulus saja Anda tetap wajib mengenakan pelindung kepala ini. Fungsi utama helm adalah untuk menghindarkan kepala Anda dari benturan keras secara langsung yang membahayakan.

Namun, helm offroad memiliki bentuk yang lebih khusus, yaitu bagian pelindung rahangnya lebih panjang. Desain ini dibuat bukan tanpa tujuan. Selain melindungi gigi dan rahan, bagian pelindung rahang yang panjang juga akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik ketika Anda sedang mengendarai motor di medan yang berat.

Perbedaan lain adalah pada helm offroad tidak terdapat visor karena berisiko akan berembun akibat embusan napas pengendara. Perlu dipahami bahwa ketika mengendarai motor offroad, fisik Anda akan bekerja lebih keras sehingga dibutuhkan oksigen lebih banyak. Inilah yang dapat meningkatkan risiko visor berembun dan menghalangi pandangan.

Baca Juga  Sebelum Beli, Ketahui Daftar Motor Trail Terbaru

Untuk melindungi offroader dari cipratan lumpur, tanah, atau benda berbahaya akibat pengendara lain yang melaju di depannya, helm offroad juga dirancang khusus, yaitu memiliki pet yang lebih panjang.

Kacamata Goggle

Selain helm, mata juga perlu mendapat perlindungan dari kemungkinan terkena benda asing ketika menjelajah jalur ekstrem. Di samping itu, kacamata goggle menjadi pengganti visor helm yang tidak terdapat pada helm offroad. Pengendara bisa bernapas dengan bebas tanpa khawatir pandangan terhalang embun, mata pun terlindungi.

Jersey dan Sarung Tangan

Aktivitas fisik yang berat tentu akan membuat tubuh Anda menghasilkan banyak keringat. Agar aktivitas offroad bisa tetap berjalan dengan nyaman, kenakan jersey yang bahannya bisa menyerap keringat dengan baik. Pilih juga bahan yang tidak terlalu tebal. Jersey yang ringan akan membuat Anda lebih lincah dalam mengontrol kendaraan untuk melalui medan yang tak terduga.

Jalanan yang sulit juga membutuhkan keterampilan dan kekuatan tangan dalam mengendalikan motor trail Anda. Untuk itu, keberadaan sarung tangan juga sangat penting. Pilihlah sarung tangan dari kain yang lembut sehingga tangan Anda bisa bergerak dengan maksimal.

Chest, Inner Knee, dan Elbow Protector

Medan yang tidak stabil dan penuh kejutan membuat seluruh bagian tubuh offroader wajib dilindungi dari risiko cedera. Untuk melindungi dada dari risiko terbentur setang, terlempar benda, atau benturan keras, Anda wajib mengenakan chest protector.

Selain bagian dada, siku dan lutut juga merupakan bagian tubuh yang rentan cedera sehingga perlu dilindungi dengan inner knee dan elbow protector. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami benturan terlalu keras ketika terjatuh. Perlu diingat, Anda sebaiknya memilah ketiga pelindung ini dengan ukuran yang pas sehingga tidak akan mudah bergeser.

Baca Juga  Teknik Dasar Mengendarai Motor Trail Bagi Pemula

Memiliki hobi memang menyenangkan, tetapi jangan sampai hobi tersebut membahayakan diri Anda. Jadi, jangan abaikan kelima perlengkapan wajib di atas agar hobi tersalurkan, keselamatan pun tetap diupayakan.