Tempat Download Dan Cara Print Sertifikat Vaksin Covid-19 Terbaru

Bagi anda yang sudah melaksanakan vaksinasi covid-19, nantinya akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti jika anda sudah melakukan vaksinasi. Sertifikat vaksin covid-19 ini nantinya bisa anda gunakan sebagai dokument salah satu persyaratan untuk perjalanan domestik, masuk mal dan lain sebagainya. Berikut kita ulas cara print sertifikat vaksin, serta cara mendapatkannya

Pada umumnya, sertifikat vaksin Covid-19 ini akan diberikan dalam bentuk fisik berupa kartu atapun secara digital. Dengan anda sudah memiliki sertifikat ini nantinya akan berguna sebagai tanda bukti jika peserta telah menerima vaksin covid-19. Bagi anda yang sudah menerima vaksin covid-19 dan ingin mendownload serta mencetak sertifikat vaksin covid-19 tersebut untuk melengkapi beberapa persyaratan kelengkapan dokumen.

Baca Juga : Terpercaya, Berikut 11 Aplikasi Penghasil Uang Resmi OJK 2021

Sebelum anda print sertifikat covid-19, pastikan terlebih dulu anda sudah mendownload dokumen sertifikat vaksin covid-19. Dan berikut 3 cara download sertifikat vaksin covid-19 terbaru yang tergolong mudah anda lakukan.

1. Download melalui SMS ke no 1199

Cara pertama untuk mendownload dokumen sertifikat vaksin covid-19 yakni melalui SMS yang ditujukan ke no 1199. Bagi anda yang sudah melaksanakan vaksin covid-19 pastinya akan mendapatkan SMS dari no 1199 yang menyatakan jika anda telah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama. Dimana nantinya SMS akan berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin serta jadwal vaksin tahap kedua lengkap dengan tanggal serta lokasi vaksinasinya. Selain itu, didalam SMS tersebut nantinya juga dicantumkan link untuk melihat sertifikat vaksin digital sebagai bukti jika anda telah selesai melakukan vaksin pertama.

Viral :   Hati-hati! Berkendara Motor Lebih 2 Orang Dapat Dipidana
2. Aplikasi PeduliLindungi

Selain melalui SMS, anda juga bisa mengunduh dokumen sertifikat vaksin covid-19 dengan aplikasi PeduliLindungi. Dimana aplikasi ini bisa anda dapatkan dengan cara mendownloadnya melalui Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS).

Berikut cara melihat serta mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 lewat aplikasi PeduliLindungi:

  1.  Pertama anda bisa mendownload aplikasi PeduliLindungi melalui Google Play store (android) maupun app store (iOS), setelah anda download dilanjutkan dengan membuka aplikasi PeduliLindungi lewat smartphone Anda baik itu dari Androd/iOS.
  2. Kemudian, anda bisa mengisi nama lengkap dan nomor HP Anda di kolom yang tersedia.
  3. Setelah itu tunggu sampai anda menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Jika SMS sudah anda dapatkan, anda bisa melanjutkannya dengan membuka kembali aplikasi PeduliLindungi, lalu masukan kode OTP tersebut.
  5. Setelah anda selesai membuat akun, pengguna Anda akan menjumpai halaman utama (beranda).
  6. Untuk mengecek sertifikat vaksin Covid-19, anda bisa langsung klik ikon “Profil” yang terletak di sebelah kanan kolom “Cari Zonasi”.
  7. Pada menu “Profil” ini, klik opsi “Sertifikat Vaksin”, lalu pilih “Periksa”.
  8. Setelah itu anda bisa langsung mengisi NIK dan nomor HP yang didaftarkan untuk melaksanakan program vaksinasi.
  9. Di halaman selanjutnya, akan muncul sertifikat tahap pertama dan tahap kedua.
  10. Nah, jika amda ingin mendonwload sertifikat tersebut, Anda cukup dengan mudah meng-klik salah satu tahap penyuntikan vaksinasi.
  11. Setelah itu, klik “Ya” untuk mengunduh sertifikat vaksinasi.
  12. Jika proses donwload telah selesai, nantinya sertifikat vaksin Covid-19 akan tersimpan di penyimpanan smartphone Anda secara otomatis.
Viral :   Kelebihan Mobil Listrik Tesla yang Begitu Menarik Dimiliki

3. Situs PeduliLindungi

 

Selain melalui aplikasi, cara untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksinasi juga bisa dilakukan dengan mengakses langsung dari situs resmi PeduliLindungi. Berikut ini cara-caranya.

  1. Langkah pertama, anda bisa mengunjungi situs resmi PeduliLindungi dengan cara meng-klik tautan berikut ini https://pedulilindungi.id/ 
  2. Setelah itu anda nantinya akan diarahkan ke halaman utama dan lanjut memilih opsi “Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi”.
  3. Disaat di-klik, nantinya anda akan diminta untuk memasukan nomor HP anda yang sebelumnya sudah didaftarkan untuk mengikuti dan melaksanakan program vaksinasi.
  4. Selanjutnya, anda bisa memasukan kode OTW yang tadinya sudah anda terima melalui SMS untuk proses verifikasi.
  5. Setelah anda berhasil masuk, lalu lanjut meng-klik menu ” Sertifikat Vaksin” yang posisinya berada di samping kiri.
  6. Jika sudah anda klik, nantinya akan muncul setrifikat vaksin covid-19 tahap pertama maupun tahap kedua.

Setelah anda mengikuti langkah-langkah cara download sertifikat vaksin Covid-19 sesuai yang dijabarkan di atas, Anda pun bisa langsung mencetak sertifikat vaksin Covid-19 dengan printer pribadi, atau membawanya ke penyedia jasa print, seperti warnet atau fotocopy. Begitulah cara print sertifikat vaksin ukuran ktp, yang bisa juga di lakukan, sesuai kebutuhan kita nantinya

Kata PencarianCara Buat Sertifikat Vaksin ,Cara Mengecek Sertifikat Vaksin ,Cara Print Sertifikat Vaksin ,Pedulilindungi,Pedulilindungi Cek Sertifikat Vaksin Ke 1 Dan Ke 2