Cara Perpanjang SIM Keliling, Mudah dan Cepat

Sekarang, untuk memperpanjang surat izin mengemudi (SIM), Anda tidak harus datang langsung ke layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas). Ada alternatif lain yang bisa Anda pilih, yaitu melalui layanan SIM keliling. Untuk memanfaatkan layanan perpanjang SIM keliling, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Syarat Perpanjang SIM

Keberadaan layanan SIM keliling dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus masa berlaku SIM yang sudah berakhir. Untuk melakukan perpanjangan SIM keliling, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut sebagai syarat berikut.

  • SIM asli dan fotokopi sebanyak 2 lembar.
  • KTP asli dan fotokopi sebanyak 2 lembar.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Selama masa pandemi, sebaiknya Anda membawa pulpen sendiri untuk menghindari penularan virus.

Cara Perpanjang SIM Keliling

Melalui layanan SIM keliling, proses perpanjangan bisa dilakukan di mana saja. Prosesnya pun dengan cepat dan mudah. Setelah mempersiapkan syarat untuk memperpanjang SIM, ikuti prosedur berikut ini.

  1. Datang ke Tempat Layanan SIM Keliling Terdekat

Langkah pertama tentunya adalah dengan mendatangi unit layanan SIM keliling yang terdekat dari tempat Anda. Jangan lupa untuk membawa persyaratan yang diminta dan mengikuti protokol kesehatan, yaitu mengenakan masker dan membawa hand sanitizer. Setibanya di unit layanan SIM keliling, jangan lupa untuk menjaga jarak.

  1. Menyerahkan Berkas
Viral :   Buat Surat Jual Beli Motor? Inilah Hal-hal Pentingnya untuk Pemula

Di tempat layanan perpanjang SIM keliling, ada tiga pos yang harus Anda datangi. Pos pertama adalah tempat Anda harus menyerakan berkas kepada petugas verifikasi. Anda akan mendapatkan nomor antrean yang harus Anda ingat-ingat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan formulir yang harus diisi dengan lengkap dan benar.

  1. Mengisi Formulir

Formulir yang harus Anda isi mencakupi identitas diri sehingga tidak dibutuhkan waktu lama untuk mengisinya, kurang lebih hanya 10 menit. Perhatikan dengan cermat ketika mengisi formulir supaya tidak ada data yang salah.

  1. Menyerahkan Formulir

Setelah diisi dengan lengkap, jelas, dan benar, Anda harus menyerahkan formulir kepada petugas kesehatan di pos berikutnya. Anda harus menunggu beberapa saat sampai nama Anda dipanggil untuk melakukan pemeriksaan kesehatan selama kurang lebih 5 menit.

Petugas akan melakukan verifikasi identitas dan pemeriksaan kesehatan yang meliputi berat badan, tinggi badan, golongan darah, tes mata, dan suhu tubuh. Waktu untuk melakukan pengecekan kesehatan ini kurang lebih hanya sekitar 5 menit.

  1. Melakukan Pengambilan Foto

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menyerahkan formulir kepada petugas yang berada di dalam mobil. Lalu, Anda harus mengantre terlebih dahulu sampai dipanggil untuk melakukan pemotretan.

Viral :   Hanya Modal EKTP Begini Cara agar Mendapatkan BLT Bulan Maret 2021

Mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung saat ini, pengambilan foto dilakukan dengan membagi para pemohon menjadi beberapa kelompok. Biasanya, tiap kelompok terdiri dari 10 orang sesuai nomor antrean atau disesuaikan dengan kapasitas tempat yang tersedia. Dengan demikian, tidak terjadi penumpukan orang.

Waktu untuk proses pengambilan foto ini kurang lebih sekitar 15 menit, tetapi tentu tergantung jumlah antreannya. Prosesnya sendiri adalah pertama Anda harus melakukan verifikasi ulang data identitas, termasuk foto tanda tangan, dan sidik jari.

Sebelum SIM nantinya diterbitkan, petugas juga akan melakukan validasi antara data dengan identitas.

  1. Membayar Biaya

Setela proses validasi selesai, tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran perpanjang SIM keliling. Untuk itu, Anda harus kembali mengantre dan menunggu sampai nama Anda dipanggil.

Adapun biaya perpanjang SIM untuk SIM A adalah sekitar Rp140 ribu dan SIM C sebesar Rp135 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi dan biaya tes kesehatan. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya laminating SIM yang sudah jadi. Besarnya adalah Rp10 ribu per SIM.

Demikianlah langkah-langkah cara perpanjang SIM keliling serta persyaratan yang harus disiapkan. Semoga bermanfaat.