10 Manfaat Puasa Ramadhan

Memiliki Segudang Manfaat, Berikut 10 Manfaat Puasa Ramadhan

Ketika menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, kita tidak hanya dituntut untuk menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menahan diri dari hawa nafsu yang membatalkan puasa. Selain mendapat pahala, ternyata puasa memiliki segudang manfaat. Apa saja itu? Berikut ulasan mengenai 10 manfaat puasa Ramadhan.

Niat di Malam Hari dalam Puasa Ramadhan

Niat adalah salah satu rukun puasa yang wajib dikerjakan. Adapun niat puasa Ramadhan harus dikerjakan pada malam hari sebelum masuk waktu fajar. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar maka tidak ada puasa untuknya.”

Hadits tersebut menunjukkan bahwa puasa sama seperti ibadah lainnya yang harus diawali dengan niat. Niat itu letaknya ada di dalam hati. Jadi, barang siapa yang terbetik dalam hatinya untuk melakukan puasa esok harinya, ia sudah dikatakan berniat, sekalipun tidak diucapkan secara lisan.

Ketika melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadhan, apabila tidak berniat pada malam hari maka puasanya tidak sah. Adapun waktu malam dimulai dari waktu maghrib sampai sebelum fajar (subuh).

Bangun untuk makan sahur adalah sebagai tanda seseorang dikatakan berniat. Begitu pula jika seseorang sudah menyiapkan sahur, tetapi pada akhirnya tidak bangun, maka sudah dikatakan berniat.

Puasa Ramadhan yang dilakukan setiap harinya adalah puasa yang berdiri sendiri. Oleh karena itu, niat puasa harus dilakukan berulang di setiap malamnya.

10 Manfaat Puasa Ramadhan

Banyak manfaat yang diperoleh ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, yang tidak akan didapat ketika tidak berpuasa. Salah satunya adalah badan menjadi sehat dengan berpuasa. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa badan terasa lebih bugar ketika menjalankan puasa.

Berikut 10 manfaat puasa Ramadhan yang akan kita dapat bila menjalankannya dengan ikhlas karena Allah.

  1. Dapat Mengontrol Sakit Maag
Viral :   Empat Jenis Rambu-rambu Lalu Lintas Dasar dan Fungsinya

Maag terjadi karena kelainan fungsional. Selama puasa Ramadhan, pola makan akan lebih teratur. Ketika sahur dan berbuka, seorang penderita maag akan menghindari atau mengurangi makanan dan minuman yang dapat memicu kambuhnya penyakit, seperti makanan berminyak, soda, kopi, alkohol, dan rokok.

Selama berpuasa, mereka juga akan lebih mengendalikan stres, yang merupakan faktor dominan yang dapat menimbulkan gangguan lambung. Dengan melakukan hal tersebut, kondisi penderita maag akan membaik selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

  1. Terhindar dari Kegemukan dan Berbagai Macam Penyakit

Berat badan akan berkurang sekitar 5% karena selama berpuasa terjadi pengurangan asupan makanan. Ketika asupan kalori dalam tubuh berkurang, berat badan akan terkontrol dan mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, kadar kolesterol tinggi, hipertensi dan asam urat.

Salah satu dari 10 manfaat puasa Ramadhan adalah menjadi kesempatan baik bagi penderita penyakit kronis untuk mengendalikan penyakitnya.

  1. Penyakit Persendian

Ketika berat badan berkurang saat berpuasa, hal ini juga akan membantu memperbaiki gangguan pada sendi seperti pengapuran pada sendi lutut dan sendi tulang belakang.

Hal ini tentu dapat terjadi apabila kita menjalankan kaidah-kaidah puasa dengan baik, seperti makan dan minum tidak berlebihan, banyak mengonsumsi buah dan sayur, serta olahraga ringan.

  1. Puasa sebagai Antiaging

Antiaging menjadi salah satu dai 10 manfaat puasa Ramadhan. Baru-baru ini ditemukan bahwa berpuasa bisa memberikan efek anti-penuaan. Hal ini melibatkan hormon IGF-1. Dalam tubuh manusia, hormon ini membantu tumbuh kembang, tetapi saat dewasa, hormon ini justru menyebabkan penuaan.

Laju hormon IGF-1 ini dapat dihambat dengan menghentikan atau mengurangi laju metabolisme dalam tubuh melalui puasa. Jadi, umur sel seseorang yang berpuasa akan lebih panjang dibanding seseorang yang tidak berpuasa.

  1. Detoksifikasi dan Menahan Laju Metabolisme Tubuh
Viral :   Penerimaan CPNS 2021 : Begini Cara Daftar, Syarat, Dan Formasinya

Berpuasa sangat baik untuk proses pembersihan tubuh dari berbagai macam racun yang masuk ke tubuh kita. Secara fisiologis, ketika berpuasa, tidak ada aktivitas metabolisme dan tubuh diistirahatkan.

Secara otomatis, kerusakan dan sel yang bermasalah akan dicari oleh tubuh. Saat berpuasa, terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh.

  1. Puasa Ditambah Sedekah dan Sholat Malam Adalah Jaminan Surga

Sedekah sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Shalat malam merupakan ibadah agung yang dapat menggugurkan dosa-dosa yang telah lalu apabila dilakukan di bulan Ramadhan. Jika puasa Ramadhan, sedekah, dan shalat malam dilakukan, Allah akan memberikan jaminan surga.

  1. Diampuni Dosa dan Diganjar Pahala

Allah Subhanallahu wa ta’ala telah menjanjikan bahwa orang yang berpuasa akan diampuni dosa-dosanya.  Bukan hanya itu, orang yang berpuasa juga akan diganjar dengan pahala yang besar dan berlipat ganda.

  1. Puasa Menggabungkan Tiga Jenis Kesabaran

Salah satu dari 10 manfaat puasa Ramadhan adalah kita menjadi pribadi yang lebih sabar. Sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menghadapi takdir Allah, dan sabar dalam menjauhi larangan Allah.

  1. Sebab Masuk Surga dan Perisai Neraka

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan juga memiliki manfaat yang setiap muslim pasti menginginkannya. Yan, puasa Ramadhan adalah sebab masuk surga dan menjadi perisai dari kobaran api neraka

  1. Mendapatkan Dua Kebahagiaan

Orang yang berpuasa mendapatkan dua kebahagiaan dan bau mulutnya lebih wangi dari kasturi di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala.

Itulah 10 manfaat puasa ramadhan yang bisa kita dapatkan apabila dilakukan dengan hati yang ikhlas. Berpuasa juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jangan tinggalkan puasa Ramadhan selagi mampu dan tidak berhalangan.