Ketentuan dalam Pembuatan Surat Perjanjian Sewa Mobil

Surat perjanjian sewa mobil sangat dibutuhkan bagi semua jasa rental mobil. Surat ini dibuat untuk mengikat antara penyedia jasa dengan pengguna jasa rental mobil. Selain itu, surat ini juga agar memperjelas kewajiban dan hak yang harus dipenuhi dari masing-masing pihak sehingga kedua belah pihak merasa lebih aman dan nyaman.

5 Hal yang Harus Ada dalam Surat Perjanjian Sewa Mobil

Sewa menyewa mobil ataupun jasa rental mobil kini sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di masyarakat. Mobil yang disewakan tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, tetapi juga untuk kebutuhan usaha dan pekerjaan lainnya.

Mobil-mobil yang disewakan tentunya dari berbagai jenis dengan harga yang bervariasi. Harga sewa mobil ditentukan dari fasilitas pada mobil dan juga jarak yang akan ditempuh oleh para penyewa. Berikut ini beberapa poin yang wajib ada dalam pembuatan surat perjanjian penyewaan kendaraan.

  1. Identitas Pihak Terkait

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat perjanjian sewa adalah identitas dari pihak terkait. Kedua belah pihak harus saling melengkapi identitas yang dibutuhkan guna memperlancar proses penyewaan. Semua identitas harus lengkap.

Identitas dari jasa rental mobil dibutuhkan untuk dapat meyakinkan para penyewa agar lebih yakin menyewa mobil pada jasa sewa tersebut. Sedangkan identitas dari penyewa dibutuhkan untuk menjaga keamanan agar mobil yang disewakan berada di tangan orang yang tepat.

  1. Jangka Waktu
Viral :   Spesifikasi Honda NC750X 2021, Motor Unik Bagasi Depan

Surat perjanjian sewa mobil dilengkapi dengan adanya jangka waktu antara penyewa dan yang menyewakan. Jangka waktu disepakati oleh kedua belah pihak sehingga mobil dapat kembali sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Apabila jangka waktu yang telah disepakati tidak ditepati, pihak yang menyewakan mobil dapat memberikan denda atau hukuman lainnya kepada penyewa. Namun, jika penyewa akan menambah jangka waktu dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya juga bisa, tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

  1. Hak dan Kewajiban

Hak dan kewajiban juga wajib dicantumkan dalam surat perjanjian. Pihak penyewa dan yang menyewakan mempunyai hak dan kewajibannya masing-masing yang harus dipenuhi demi kelancaran proses penyewaan mobil. Hak dan kewajiban ini telah dibuat sebelum proses penyewaan dimulai dan harus disepakati keduanya.

  1. Biaya dan Cara Pembayaran

Biaya dan cara pembayaran harus masuk dalam pembuatan surat perjanjian sewa mobil. Biaya sewa yang dibebankan kepada penyewa tentunya sudah disesuaikan dengan jenis mobil dan fasilitas yang akan diberikan. Selain itu, besar kecilnya biaya sewa ditentukan oleh jarak dan jangka waktu yang akan ditempuh oleh penyewa.

Viral :   Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Pembayaran biaya sewa dapat dilakukan pada saat penandatanganan surat perjanjian ini. Penyewa juga akan diberi tanda bukti pembayaran demi menjaga kepercayaan. Biaya yang ditentukan di luar dari denda dan biaya lainnya.

  1. Kerusakan dan Kehilangan

Kerusakan dan kehilangan mobil tentu saja akan menjadi tanggung jawab penyewa. Ketentuan ini harus ditulis secara jelas dalam surat perjanjian dan tentu saja harus disepakati kedua belah pihak sebelum proses penyewaan mobil berlangsung.

Pihak penyewa dapat membayar langsung biaya yang diperlukan untuk memperbaiki mobil yang telah digunakan dan mengganti biaya mobil jika mobil tersebut hilang.

Jasa sewa mobil menjadi salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk mempermudah orang-orang yang akan bepergian dengan menggunakan mobil agar lebih aman dan nyaman.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa jika menyewa mobil, tentu ada hal yang harus dipahami seperti adanya surat perjanjian sewa mobil dalam proses penyewaan. Selain itu, menyewa mobil juga tentu saja memiliki risiko bagi kedua belah pihak.