10 Hikmah Puasa Ramadhan

Yuk, Ketahui 10 Hikmah Puasa Ramadhan, Ini Dia Daftar nya !

Puasa adalah menahan diri dari lapar, haus, serta hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa adalah rukun Islam yang ketiga dan wajib dijalankan oleh seluruh umat Islam. Berpuasa bukan sekadar menjalankan perintah agama, tetapi ada hikmah yang bisa dipetik. Berikut ulasan 10 hikmah puasa Ramadhan.

Syarat Wajib Puasa

Setiap umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Dalam setiap ibadah, termasuk puasa terdapat syarat wajib yang harus dipenuhi agar ibadah dapat berjalan optimal. Berikut syarat wajib puasa Ramadhan yang harus dipenuhi.

  1. Islam

Orang yang memeluk agama Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Begitupun sebaliknya, orang yang tidak beragama Islam tidak wajib puasa.

Orang kafir ketika di dunia tidak dituntut untuk berpuasa karena puasanya tidak sah. Namun, di akhirat, mereka akan dihukum karena tidak segera memeluk Islam untuk bisa menjalankan puasa.

  1. Baligh

Anak kecil tidak diwajibkan untuk berpuasa. Baligh pada seseorang ditandai dengan keluarnya mani ketika sadar atau tertidur (pada laki-laki) dan telah datangnya haidh (pada perempuan).

Jika sudah terdapat tanda-tanda seperti itu, puasa menjadi wajib hukumnya. Jika tidak, umurlah yang dijadikan patokan. Menurut ulama Syafi’iyah, 15 tahun adalah patokan umur seseorang dikatakan baligh.

  1. Berakal

Tidak diwajibkan berpuasa bagi orang yang gila, pingsan, dan tidak sadarkan diri karena mabuk. Akan tidak sah puasa seseorang apabila saat puasa kehilangan kesadaran. Namun, apabila ia sadar kembali di siang hari dan ia dapati waktu siang walau hanya sebentar, puasanya akan sah.

  1. Mampu untuk Berpuasa

Mampu di sini artinya mampu secara fisik dan syar’i. Mampu secara fisik yakni tidak sakit berat, tidak dalam usia senja, dan tidak dalam kondisi sakit yang tak kunjung sembuh. Seseorang juga wajib berpuasa apabila mampu secara syar’I, yakni tidak dalam keadaan haidh atau nifas.

Viral :   Harley Siapkan Motor Baru berbasis Beneli Leoncino

10 Hikmah Puasa Ramadhan

Jika seseorang sudah memenuhi syarat wajibnya, puasa menjadi haram untuk ditinggalkan. Banyak hal positif dan hikmah yang bisa didapat saat menjalankan ibadah puasa. Berikut ini 10 hikmah puasa Ramadhan yang dapat dipetik saat menjalaninya.

  1. Menggapai Derajat Takwa

Allah Subanahu wa ta’ala berfirman:

تَتَّقُونَ لَعَلَّكُمْ قَبْلِكُمْ مِنْ الَّذِينَ عَلَى كُتِبَ كَمَا الصِّيَامُ عَلَيْكُمُ كُتِبَ آَمَنُوا الَّذِينَ أَيُّهَا يَا

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al Baqarah:183).

Pada ayat itu disebutkan, di antara hikmah puasa adalah agar seorang hamba dapat menggapai derajat takwa dan derajat yang mulia. Mereka akan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

  1. Orang yang Berpuasa akan Meninggalkan Larangan Allah

Larangan yang akan ditinggalkan yakni makan, minum, berjima’ dengan istri, dan segala kesenangan duniawi. Sekalipun hati sangat condong untuk melakukannya, tetapi orang yang beriman akan meninggalkannya karena merasa selalu diawasi Allah.

  1. Orang yang Berpuasa Banyak Melakukan Amalan Baik

Salah satu dari 10 hikmah puasa Ramadhan adalah ketika berpuasa, seseorang cenderung lebih bersemangat melakukan amalan-amalan ketaatan, seperti memperbanyak dzikir, membaca Al-Qur’an, dan mendirikan shalat sunah. Ketaatan tersebut dilakukan untuk menggapai takwa.

  1. Dapat Mengendalikan Jiwa

Jiwa akan lebih terkendali dan tidak kufur nikmat saat berpuasa. Biasanya, kenyang karena makan dan minum atau rasa puas setelah berhubungan suami istri akan membuat seseorang lupa diri, kufur nikmat, dan lalai.

  1. Hati akan Sibuk Mengingat Allah

Jika seseorang terlalu disibukkan dengan urusan duniawi dan terbuai dengan makanan yang ia lahap, hati akan lalai dalam mengingat Allah. Ketika berpuasa, hati akan bercahaya, semakin lembut, dan mudah untuk berdzikir kepada Allah.

Viral :   Mengecek Sertifikat Vaksin Serta Cara Download Sertifikat Vaksin

Karena itulah, salah satu dari 10 hikmah puasa Ramadhan adalah hati akan sibuk mengingat Allah dan memikirkan hal baik.

  1. Puasa akan Mempersempit Jalannya Darah

Setan berada pada jalan darahnya manusia sebagaimana sabda Rasulullah: “Sesungguhnya, setan mengalir dalam diri manusia pada tempat mengalirnya darah.”  Jadi, dengan berpuasa, setan yang sering kali memberikan rasa waswas dan marah akan dapat dimenangkan.

  1. Beranjak Menjadi Lebih Baik

Agar puasa tidak sia-sia maka setiap muslim harus menjauhi maksiat. Orang yang berpuasa harus menjaga lisannya dari menggibahi orang lain, perkataan dusta, dan perkataan maksiat. Karena itu, ketika bulan Ramadhan tiba, seharusnya setiap insan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  1. Berbagi Kasih Sayang serta Merasakan Penderitaan Orang Miskin

Ketika berpuasa, seseorang akan merasakan apa yang dirasakan orang-orang fakir dan miskin yang serba kekurangan. Hal ini akhirnya menumbuhkan rasa empati, sikap lemah lembut, dan perbuatan baik kepada sesama.

  1. Menyehatkan Jasmani

Hikmah lain yang dapat dipetik dari berpuasa adalah dapat menyehatkan tubuh. Berpuasa dapat mengurangi risiko diabetes, stroke, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Satu dari 10 hikmah puasa Ramadhan yang lainnya adalah dapat memperbaiki suasana hati. Tubuh akan memproduksi hormon yang berkaitan dengan suasana hati setelah berjam-jam puasa. Jadi, setelah berpuasa, suasana hati akan positif dan lebih terkendali.

Itu dia 10 hikmah puasa Ramadhan yang dapat dipetik. Puasa memang memberikan banyak dampak positif dan hikmah yang sangat berguna untuk sisi spiritual setiap umat Islam. Semoga puasa Ramadhan kita tahun ini diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.