Keutamaan Puasa Ramadhan 1

Daftar 10 Keutamaan Puasa Ramadhan yang Harus Diketahui

Bulan Ramadhan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Terlebih lagi, ada 10 keutamaan puasa Ramadhan bagi kaum muslim yang menjalankannya. Selain berpuasa, banyak ibadah yang bisa dilakukan untuk menghidupkan bulan suci Ramadhan.

Perlu diketahui bahwasanya setiap ibadah memiliki keutamaan yang diperintahkan langsung oleh Allah Subhanhau wa ta’ala, termasuk puasa. Apa saja keutamaan berpuasa di bulan suci ini? Berikut penjelasannya.

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang mulia di mana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Bulan ini memiliki banyak keistimewaan sebagai berikut.

  1. Ramadhan Adalah Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Pada bulan ini, Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam. Penjelasan mengenai diturunkannya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 185.

Ibnu Katsir menafsirkan bahwa, Allah memuji bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an.

  1. Setan Dibelenggu, Pintu Neraka Ditutup, dan Pintu Surga Dibuka

Selama bulan suci, setan tidak dibiarkan lepas seperti bulan-bulan yang lain, mereka diikat lalu dibelenggu. Pintu neraka ditutup karena orang-orang beriman tidak banyak melakukan maksiat. Sebaliknya, pintu surge dibuka karena pada bulan ini, orang-orang beriman berlomba-lomba melakukan amal saleh dan kebaikan.

  1. Terdapat Malam Penuh Kemuliaan dan Keberkahan

Pada bulan suci Ramadhan, terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan atau biasa disebut malam lailatul qadar. Lailatul qadar diyakini terdapat pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Pada malam ini, terdapat kemuliaan dan keberkahan yang diberikan Allah. Seluruh umat muslim dianjurkan untuk menghidupkan malam ini dengan melakukan ibadah seperti memperbanyak shalat, membaca Al-Qur’an, dan berdzikir.

10 Keutamaan Puasa Ramadhan

Pada bulan suci Ramadhan, banyak amalan atau ibadah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah Swt. pasti memiliki keutamaan, termasuk puasa Ramadhan. Berikut 10 keutamaan puasa Ramadhan yang wajib diketahui oleh umat muslim.

  1. Puasa Adalah Jalan Meraih Takwa
Viral :   Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Terbaru dan Terbaik

Sebagaimana tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183, Allah mewajibkan orang-orang yang beriman untuk berpuasa agar menjadi orang-orang yang bertakwa.

Salah satu dari 10 keutamaan puasa Ramadhan adalah agar umat muslim bertakwa karena pada bulan ini segala perintah dikerjakan dan segala larangan dijauhi. Orang yang berpuasa semakin giat melalukan ketaatan kepada Allah.

Saat berpuasa, seorang muslim melatih dirinya untuk semakin dekat dengan Allah. Mereka mengekang hawa nafsu, meninggalkan makan dan minum, padahal jiwa begitu terdorong untuk melakukannya. Hal ini mereka lakukan karena ingin mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan pahala-Nya. Itulah yang dimaksud takwa.

  1. Puasa Adalah Penghalang dari Siksa Neraka

Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang muslim dari siksa api neraka, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Rasulullah juga bersabda, siapa pun yang berpuasa satu hari di jalan Allah (dalam melakukan ketaatan kepada Allah) maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka sejauh perjalanan 70 tahun.

  1. Puasa akan Memberikan Syafaat Bagi yang Menjalankannya

Pada hari kiamat, puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada seorang hamba. Puasa telah menahan seorang hamba dari makan dan nafsu syahwat, sedangkan Al-Quran telah melarangnya dari tidur pada malam hari. Oleh karena itu, keduanya diperkenankan memberikan syafaat kelak dihari akhir.

  1. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pengampunan Dosa

Allah akan mengampuni dosa dari masa lalu untuk siapa pun yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

  1. Puasa Adalah Penahan Syahwat
Viral :   Ini Dia Rincian Spesifikasi dan Harga Mobil Tesla Terpopuler

Puasa dapat menahan nafsu syahwat. Itulah salah satu dari 10 keutamaan puasa Ramadhan berikutnya. Hal tersebut sesuai sabda Rasulullah yang menyuruh para pemuda yang belum mampu menikah untuk berpuasa karena puasa bagaikan obat pengekang syahwat atau nafsu.

  1. Orang yang Berpuasa akan Masuk Surga Melalui Pintu Ar Rayyan

Di surga, terdapat satu pintu yang disebut Ar-Rayyan, di mana kelak pada hari kiamat, orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut dan selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah sabda Nabi Muhammad dari Sahl bin Sa’ad.

  1. Memiliki Waktu Mustajab Terkabulnya Doa

Menurut sabda Nabi Muhammad, ada tiga orang yang doanya tidak tertolak, yakni orang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil dan orang-orang yang dizholimi. Ketika berpuasa, kita disunahkan untuk berdoa.

  1. Bau Mulut Orang yang Berpuasa Lebih Harum dari Kasturi

Apabila seorang muslim sedang berpuasa, janganlah berkata kotor atau berteriak-teriak. Pada hari kiamat nanti, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa akan lebih harum dari bau kasturi.

  1. Mendapat Pahala yang Tak Terhingga

Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan pahala yang tak terhingga kepada orang yang berpuasa. Setiap amal ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya.

  1. Akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan

Satu dari 10 keutamaan puasa Ramadhan adalah mereka yang menjalankan akan mendapatkan dua kebahagiaan, yakni saat berbuka dan saat puasanya.

Itulah keutamaan bulan Ramadhan dan 10 keutamaan puasa Ramadhan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan kita senantiasa dilimpahi rahmat oleh Allah Subahanahu wa ta’ala.