Mengenal Surat Perjanjian Jual Beli Motor Sebelum Melakukan Transaksi

Keberadaan surat perjanjian jual beli motor memang sangat penting karena dapat digunakan sebagai bukti apabila terdapat kegiatan transaksi didalamnya. Terlebih lagi didalam melakukan kegiatan ini, maka membutuhkan transaksi dalam jumlah besar. dengan keberadaan perjanjian itulah maka dapat digunakan sebagai jaminan atas kesepakatan.

Tidak hanya proses jual-beli tanah saja yang membutuhkan keberadaan dokumen tersebut, tetapi keberadaan proses pembelian kendaraan seperti motor ternyata juga membutuhkannya. Untuk membuat surat perjanjian tersebut sebenarnya tidaklah sulit dilakukan dan terdapat beberapa komponen yang harus disertakan seperti identitas dari pembeli dan penjual, hingga informasi seputar kendaraan dimana akan ditransaksikan.

Di samping itu, keberadaannya ternyata dapat digunakan sebagai bukti legal apabila sewaktu-waktu terjadi adanya sengketa antara kedua belah pihak. Kamu tidak perlu khawatir karena keberadaan dokumen tersebut ternyata dianggap sah dan legal di mata di hukum sehingga apabila terjadi sesuatu terkait dengan kegiatan transaksi bersangkutan, bisa langsung menggunakannya.

Walaupun keberadaan surat perjanjian jual beli motor tersebut menjadi dokumen sangat penting. Tetapi tidak sedikit juga masyarakat mengetahui pengertian, komponen penting didalamnya hingga fungsi-fungsi diadakannya. Daripada bingung, kamu bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Apa itu Surat Perjanjian Jual Beli Motor?

Ini merupakan surat perjanjian dimana merupakan sebuah fakta didalam proses perjanjian jual beli sebagai akta maupun pembuktian mengenai perbuatan, kondisi ataupun kenyataan dalam transaksi pembelian dan penjualan motor dimana terjadi pada kedua belah pihak. Pihak pertama merupakan penjual, sedang pihak kedua merupakan pembelian.

Viral :   Jadwal Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18, SMA Sederajat Paling Banyak di Terima

Didalam perjanjian tersebut juga harus menggunakan materai dan terdiri dari pasal-pasal ataupun rincian yang akan mengatur kedua belah pihak yang bersangkutan tersebut. sedangkan tujuan dibuatnya dokumen perjanjian tersebut adalah digunakan untuk menjamin adanya sebuah kepastian mengenai proses pembayaran dan penyerahan motor. Atau agar masing-masing pihak dapat memenuhi hak maupun kewajiban masing-masing.

Adapun didalam pembuatan surat perjanjian jual beli motor tersebut ternyata juga terdapat beberapa komponen penting didalamnya. Setidaknya berikut komponen-komponen penting tersebut.

  1. Identitas dari kedua belah pihak

Hal paling krusial didalam surat perjanjian tersebut adalah adanya identitas dari masing-masing pihak bersangkutan. Bagian tersebut biasanya akan memuat mengenai identitas masing-masing pihak dengan detail data sesuai dengan kebutuhan.

Adapun secara umum, data atau informasi yang dibutuhkan tersebut meliputi nama lengkap, jenis kelamin, nomor KTP, usia maupun alamat. Didalam beberapa kondisi tertentu maka jabatan serta nomor telefon aktif juga wajib untuk dicantumkan.

  1. Detail mengenai objek motor yang akan diperjualbelikan

Bagian komponen penting lainnya dalam pembuatan surat diatas yang harus kamu penuhi adalah detail mengenai objek motor dimana akan diperjualbelikan. Informasi penting mengenai motor dapat berupa merk, tipe, warna, stnk, BPKB dan hal-hal penting lainnya dimana bersangkutan dengan kendaraan tersebut.

  1. Detail kerja sama atau pasal-pasal

Biasanya bagian yang satu ini hadir dalam bentuk pasal-pasal. Adapun didalamnya dapat berisi harga objek dimana sudah disepakati, bagaimana proses pembayarannya apakah secara cash ataukah kredit, jaminan, hak serta kewajiban. Selain itu, cara penyelesaian apabila terjadi sengketa harus dipenuhi juga.

  1. Adanya bukti pengesahan
Viral :   Surat Kuasa Pengambilan BPKB, Begini Fungsi dan Syaratnya

Terakhir adanya bukti pengesahan dimana dapat dinyatakan dalam bentuk tanda tangan nama jelas dari pihak-pihak yang tercantum didalam surat tersebut. jangan lupa, proses pengesahan harus dilakukan diatas materai untuk menguatkan posisinya. Proses pembuatannya tidak perlu dilakukan didepan seorang notaris.

Apa Saja Fungsi dan Manfaat Surat Jual Beli Tersebut

keberadaan surat perjanjian jual beli motor ternyata memberikan banyak fungsi sekaligus manfaat untuk kedua belah pihak diantaranya adalah:

  1. Menciptakan rasa tenang

Fungsi pertama adalah dapat menciptakan adanya rasa tenang bagi masing-masing pihak bersangkutan. Hal tersebut tidak lain karena transaksi didalamnya dilakukan dengan adanya kepastian didalamnya.

  1. Adanya hak dan kewajiban yang sudah dicantumkan jelas

Dengan keberadaan surat jual beli tersebut ternyata juga akan membuat hak dan kewajiban dari masing-masing pihak bersangkutan akan lebih jelas. Inilah yang nantinya dapat dijadikan sebagai bukti kuat.

  1. Meminimalkan risiko sengketa

Didalam jual-beli motor memang kerap sekali terjadi adanya sengketa terutama apabila proses transaksi tidak dilakukan diatas perjanjian bukan? untuk itulah keberadaan surat ini sangat penting karena dapat meminimalisir keberadaan sengketa maupun perselisihan.

Melakukan penjualbelian kendaraan bermotor sebaiknya memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Mengingat didalamnya terdapat kegiatan transaksi keuangan yang tidak sedikit bukan? inilah mengapa pentingnya buat menyiapkan keberadaan surat perjanjian jual beli motor sebelum memutuskan kegiatan transaksi.