Buat Surat Jual Beli Motor? Inilah Hal-hal Pentingnya untuk Pemula

Keberadaan surat jual beli motor memang sangat penting bagi siapapun yang ingin menjual maupun membeli motor dari pihak bersangkutan. Adapun kegunaan dari surat tersebut adalah digunakan buat mengikat kesepakatan antara penjual dan pembeli didalam sebuah transaksi dari proses jual-beli motor. Tanpa adanya dokumen ini, maka kegiatan transaksi tersebut belum bisa dikatakan resmi.

Saat ini, sudah banyak orang yang ternyata pernah membuat keberadaan dokumen ini. tetapi memang tidak sedikit juga dari masyarakat yang bingung bagaimanakah cara membuatnya. Terlebih lagi, apabila sebelumnya belum pernah membuatnya sama sekali. Walaupun terlihat mudah, tetapi dalam praktiknya, kemungkinan besar akan menemukan sejumlah masalah.

Seperti diketahui, kegunaan dari dokumen tersebut digunakan untuk mengatur tata cara bagaimanakah transaksi jual beli tersebut harus dilakukan. Mengingat kegiatan transaksi itu akan melibatkan uang tidak sedikit. Selain itu, proses pembayarannya biasanya juga tidak akan langsung selesai secara tunai di awal. Inilah mengapa keberadaan dokumen satu ini memang sangat penting.

Terlebih lagi keberadaan surat jual beli motor akan mengatur agar kedua belah pihak yang melakukan transaksi sama-sama tidak dirugikan dalam kegiatan tersebut. sebelum memutuskan buat membuat surat tersebut, maka terdapat beberapa hal penting dimana wajib untuk kamu diketahui. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan dibawah yang sudah kami.

Hal Penting dalam Pembuatan Surat Jual Beli Motor

Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang bisa digunakan untuk membuat surat jual beli motor.

  1. Identitas dari pihak penjual

Didalam perjanjian tersebut, identitas dari penjual atau disebut dengan pihak pertama harus dicantumkan dengan baik. Sebaiknya informasi yang disampaikan juga tidak dipalsukan. Adapun beberapa identitas dimana wajib dicantumkan diantaranya adalah nama, nomor KTM/SIM atau identitas lainnya serta alamat. Ini berguna untuk menghindari adanya penipuan.

Viral :   Cara Beli Tiket MotoGP Mandalika 2022 dan Harganya

 

  1. Identitas dari pihak pembeli

Hal penting didalam surat jual beli motor berikutnya adalah adanya identitas dari pihak pembeli. Selain pihak penjual, identitas mengenai pembeli juga sangat penting. ini disebut dengan pihak kedua. Adapun hal-hal dimana wajib untuk disampaikan seperti dengan pihak pertama dan sebaiknya harus disesuaikan dengan KTP dari pembeli.

 

  1. Detail informasi dari kendaraan yang akan ditransaksikan

Informasi berikutnya dimana wajib untuk kamu dicantumkan yakni detail informasi dari kendaraan yang akan ditransaksikan atau diperjualbelikan yakni sepeda motor tersebut. ada beberapa informasi penting dimana wajib untuk disampaikan seperti indentifikasi unik yang dapat menunjukkan motor tersebut.

 

Seperti model, merk, nomor BPKB, nomor polisi, tahun pembuatan hingga nomor rangka. Selain itu, pihak penjual juga harus menunjukkan bagaimanakah kondisi dari motor bersangkutan tersebut apakah ada bagaian cacat atau lecet. Terkadang biasanya informasi kendaraan juga harus mencantumkan warna.

 

  1. Uang yang akan dibayarkan dan disepakati

Hal penting berikutnya dimana tidak boleh dilewatkan adalah besar uang dimana harus dibayarkan oleh pihak pembeli. Bagian inipun juga menjadi hal cukup penting dan wajib diperhatikan terutama dengan jumlah nol yang ada. Mengingat, tidak sedikit dari calon pembeli ataupun penjual kurang memperhatikan hal tersebut.

 

Kendati jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak kedua sudah disepakati secara lisan, tetapi apabila jumlah penulisan nol tidak sama biasanya akan diakui secara tertulis. Inilah sebabnya, sebaiknya Kamu wajib untuk benar-benar mengecek sebelum memutuskan untuk menandatangani dokumen penting tersebut.

Viral :   Pemprov DKI Berencana Akan Menambah Lokasi Uji Emisi Jakarta Sampai 500 Bengkel

Hal Penting Lainnya dalam Surat Jual Beli Sepeda Motor

Selain beberapa hal penting diatas, masih ada informasi penting lainnya dimana harus diketahui sebelum menandatangani surat jual beli motor tersebut. berikut ini informasi penting yang wajib untuk Kamu perhatikan juga.

  1. Bagaimanakah cara pembayarannya

Jika langkah-langkah diatas sudah dipenuhi, maka Kamu juga harus menentukan seperti apakah cara pembayaran atau pelunasannya. Ada 2 cara dimana bisa digunakan yakni secara cash ataukah kredit. Apabila kamu menawarkan sistem pembayaran kredit, sebaiknya menjelaskan bagaimanakah simulasi dalam kredit maupun cicilan tersebut.

 

  1. Kesepakatan terkait dengan adanya balik nama

Didalam proses jual beli motor biasanya juga terdapat proses pengurusan balik nama didalam BPKB. Biasanya ini juga akan tergantung dengan kesepakatan didalam perjanjian dimana telah dibuat. Ini berkaitan dengan siapakah yang akan mengurus dan beban biaya ditanggung oleh siapa?

 

  1. Tanggal kesepakatan dan tanda tangan dari kedua belah pihak

Hal terakhir dimana cukup penting didalam proses pembuatan perjanjian jual-beli motor yakni tanda kesepakatan dan tanda tangan dari ke-2 belah pihak bersangkutan. Tanda tangan harus dilakukan diatas materai agar dianggap sah. Sebelum melakukan tanda tangan, sebaiknya harus membaca seksama pasal-pasal seperti apakah yang terdapat dalam perjanjian.

Keberadaan perjanjian didalam pembelian/penjualan motor memang sangat penting agar tidak ada pihak-pihak yang dirugikan. Untuk kamu yang ingin membuat dokumen tersebut, pastikan mengetahui hal-hal penting didalam surat jual beli motor.