Close-up of male and female hands shaking. Business people greeting with handshake

Pentingnya Contoh Surat Jual Beli Mobil untuk Referensi

Apakah kamu hendak melakukan perjualbelian mobil ? Sudah tahukan bagaimana contoh surat jual beli mobil? Jika belum maka wajib mengetahui ulasan pada artikel yang sudah kita rangkum dibawah ini. terlebih lagi keberadaan dokumen tersebut memang sangat penting dan dibutuhkan sewaktu-waktu ketika akan melakukan kegiatan transaksi.

Kita pasti sudah tahu apabila pembelian suatu barang dengan harga cukup mahal seperti kendaraan beroda 4 memang harus menyertakan adanya surat perjanjian. Adapun tujuan utamanya yakni buat mengikat kedua belah pihak berkaitan dengan barang yang akan ditransaksikan tersebut. bukan hanya itu saja, keberadaan perjanjian jual-beli dapat digunakan sebagai bukti sah dalam hukum.

Keberadaan perjanjian jual-beli biasanya juga dapat digunakan dalam kegiatan transaksi mobil baik secara kredit maupun tunai. Dengan keberadaan surat itulah maka kemungkinan adanya proses transaksi akan lebih transparan. Dengan begini maka tidak akan memberatkan salah satu orang dimana saling bersangkutan karena sudah sama-sama dalam kesepakatan.

Adapun nantinya didalam perjanjian tersebut berisi informasi cukup lengkap meliputi informasi berkaitan dengan identitas pemilik, penjual serta detail dari kendaraan roda dua dimana akan ditransaksikan didalamnya. Bahkan hal-hal dasar seperti metode pembayaran apakah itu angsuran ataupun tunai juga wajib untuk disertakan sesuai dengan nominal yang telah disepakati.

Contoh Surat Jual Beli Mobil

Walaupun menjadi dokumen sangat penting, tetapi dalam proses jual-beli mobil memang tidak harus menggunakan dokumen tersebut. Terlebih lagi apabila terdapat kelengkapan mobil seperti BPKB maupun STNK. Kecuali apabila kegiatan tersebut tidak menggunakan BPKB lantaran status dari mobil masih dalam masa kredit maka keberadaan perjanjian diatas materai memang sangat penting.

Viral :   Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Terbaru dan Terbaik

Kendati keberadaan surat jual beli tersebut sangat penting tetapi masih sedikit orang yang bingung dengan contoh surat jual beli mobil. Terutama bagi seseorang yang baru pertama kali membuatnya. Tentu akan mendapatkan sejumlah kendala bukan? agar tidak bingung lagi, berikut ini contoh dari dokumen perjanjian dalam transaksi jual beli tersebut.

Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Pada tanggal 27 Februari 2021 telah diadakannya perjanjian jual-beli yang dimana pihak pertama telah menjual kepada pihak kedua. Kami yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              :

Pekerjaan        :

Alamat            :

Nomor Identitas          :

Telefon                        :

Dalam hal ini bertindak diatas sebagai penjual

Nama              :

Pekerjaan        :

Alamat                        :

Nomor identitas          :

Telefon

Dalam hal ini bertindak diatas sebagai pembeli

Dengan surat ini, kedua belah pihak menerangkan bahwa penjual ingin menjual mobil kepada pihak kedua berupa 1 unit mobil merek Toyota fortuner dimana syarat dan ketentuannya diatur didalam 11 pasar seperti berikut dibawah ini:

Pasal 1

Pihak pertama menjual 1 buah unit mobil (Merk Toyota fortuner ) kepada pihak kedua. Dan pihak kedua telah sepakat untuk membeli mobil tersebut dengan harga sebesar (Harga sudah disesuaikan dengan nominal) dengan sertifikat sebagai berikut:

Tahun pembuatan       :

Nomor polisi

Nomor BPKP    :

Nomor Rangka            :

Nomor mesin  :

Contoh Surat Penjualan Mobil 2

Masih ada lagi contoh surat jual beli mobil yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi:

Viral :   Ini Dia Cara Membuat Surat Jual Beli Mobil

Surat Jual Beli Sepeda Mobil

Pada tanggal                bulan              tahun, kami selaku yang bertanda tangan dibawah berikut ini:

Nama                          :

Tempat tanggal lahir :

Alamat                        :

Nomor telefon            :

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama (penjual) dan

Nama                          :

Tempat tanggal lahir :

Alamat                        :

Nomor telefon            :

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua (pembeli)

Kedua belah peserta telah melakukan perjanjian jual beli atas satu unit mobil dengan keterangan tersebut dibawah

Merk atau tipe            :

Jenis atau model         :

Tahun pembuatan       :

Nomor polisi               :

No. rangka                  :

No BPKB                      :

Isi perjanjian :

  1. Pihak kedua (pembeli) mentransfer uang senilai Rp 197.000.000 (sepuluh juta rupiah) melalui transfer antar rekening BCA kepada pihak penerima
  2. Pihak kedua memberikan tanda bukti pembayaran kepada pihak pertama
  3. Pihak pertama menyerahkan mobil, BPKB, STNK kepada pihak kedua

Lain-lain:

Surat perjanjian jual beli bermaterai Rp6000 dan rangka 2 masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama

Demikian surat perjanjian dibuat, setelah dibaca, dipahami dan dimengerti maka para pihak sepakat untuk menandatangani surat perjanjian ini dalam keadaan sehat dan tanpa untuk paksaan dari pihak manapun.

 

Pihak pertama                                                                                    pihak kedua

(                       )                                                                                   (                       )

Dalam kegiatan transaksi uang untuk pembelian mobil memang sangat penting memiliki surat perjanjian dimana digunakan untuk bukti yang sah dimata hukum. Demikian contoh surat jual beli mobil dimana bisa dijadikan sebagai bahan referensi.