Download Aplikasi SIM Serta Info Lengkap Persyaratannya

Download Aplikasi SIM Serta Info Lengkap Persyaratannya – Kemajuan teknologi internet membuat hampir semua hal bisa dilakukan dengan lebih mudah, termasuk membuat surat izin mengemudi (SIM). Kalau dulu Anda harus mengantre, sekarang ada alternatif cara membuat SIM online yang lebih praktis. Cukup melalui laptop atau ponsel, Anda sudah bisa mendaftarkan diri untuk membuat SIM.

Namun, perlu diketahui bahwa yang bisa Anda lakukan secara online hanya pendaftarannya saja. Untuk mengikuti ujian teori, praktik, dan pengambilan SIM, Anda tetap harus datang ke kantor kepolisian. Meski demikian, aplikasi SIM online akan memberikan Anda beberapa kemudahan.

Download Aplikasi SIM Serta Info Lengkap Persyaratannya

Pertama, dengan registrasi online, Anda sudah tentu tidak perlu mengantre di kantor kepolisian untuk mendaftar ketika hendak membuat SIM. Jadi, Anda bisa menghemat waktu, tenaga, bahkan biaya karena tidak perlu datang langsung ke kantor kepolisian.

Viral :   Kembali Anjlok ! Harga Emas Hari Ini Semakin Turun

Kedua, pada saat mendaftar secara online, Anda bisa menentukan waktu kedatangan untuk mengikuti ujian.

Selain mudah dan praktis, cara membuat SIM online juga sangat penting pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini karena akan mencegah terjadinya kerumunan massa dan meminimalkan kontak. Hal ini akan menurunkan risiko Anda terpapar virus dan sangat membantu upaya mengatasi pandemi dengan mencegah penyebaran virus.

  • Syarat Membuat SIM Online

Untuk dapat membuat SIM, tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi, Jadi, sebelum melakukan pendaftaran, ketahui lebih dahulu persyaratannya berikut ini, termasuk dokumen yang harus disiapkan.

Usia

Untuk perorangan:

  1. SIM A, SIM C, dan SIM D : minimal 17 tahun.
  2. SIM B I : minimal 20 tahun.
  3. SIM B II : minimal 21 tahun.

Untuk umum:

  1. SIM A   : minimal 20 tahun.
  2. SIM B I : minimal 22 tahun.
  3. SIM B II : minimal 23 tahun.
  •  Persyaratan Administrasi

Untuk perorangan:

  1. Mengisi formulir pengajuan pembuatan/perpanjangan SIM dengan benar dan lengkap.
  2. KTP asli setempat yang masih berlaku untuk WNI atau dokumen keimigrasian untuk WNA (paspor, KITAP/KITAS, visa/visa dinas/visa diplomatik, kartu anggota diplomatik, kartu izin kunjungan atau singgah)
Viral :   Harga Emas 24 Karat Antam Terus Menunjukan Kenaikan Per 8 Juni 2021

Untuk umum:

  1. Sertifikat tanda lulus pelatihan mengemudi.
  2. Surat izin kerja dari kementerian yang bertanggungjawab pada ketenagakerjaan WNA
  • Tes Kesehatan [untuk yang membuat SIM Baru]

Persyaratan kesehatan meliputi penglihatan, pendengaran, fisik, rohani, konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, adaptasi, stabilitas emosi, dan ketahanan kerja.

Anda kemudian akan menjalani tes kesehatan dan mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Berikutnya, Anda juga akan diambil foto dan sidik jarinya. Terakhir, Anda wajib mengikuti ujian teori dan praktik mengemudi.