Info Lengkap Persyaratan dan Cara Membuat SIM Online 2021

Kemajuan teknologi internet membuat hampir semua hal bisa dilakukan dengan lebih mudah, termasuk membuat surat izin mengemudi (SIM). Kalau dulu Anda harus mengantre, sekarang ada alternatif cara membuat SIM online yang lebih praktis. Cukup melalui laptop atau ponsel, Anda sudah bisa mendaftarkan diri untuk membuat SIM.

Namun, perlu diketahui bahwa yang bisa Anda lakukan secara online hanya pendaftarannya saja. Untuk mengikuti ujian teori, praktik, dan pengambilan SIM, Anda tetap harus datang ke kantor kepolisian. Meski demikian, cara membuat SIM online akan memberikan Anda beberapa kemudahan.

Pertama, dengan registrasi online, Anda sudah tentu tidak perlu mengantre di kantor kepolisian untuk mendaftar ketika hendak membuat SIM. Jadi, Anda bisa menghemat waktu, tenaga, bahkan biaya karena tidak perlu datang langsung ke kantor kepolisian.

Kedua, pada saat mendaftar secara online, Anda bisa menentukan waktu kedatangan untuk mengikuti ujian.

Baca Juga  Cara Mudah Registrasi SIM Online

Syarat Membuat SIM Online

Untuk dapat membuat SIM, tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi, Jadi, sebelum melakukan pendaftaran, ketahui lebih dahulu persyaratannya berikut ini, termasuk dokumen yang harus disiapkan.

  1. Usia

Untuk perorangan:

  • SIM A, SIM C, dan SIM D : minimal 17 tahun.
  • SIM B I : minimal 20 tahun.
  • SIM B II : minimal 21 tahun.

Untuk umum:

  • SIM A   : minimal 20 tahun.
  • SIM B I : minimal 22 tahun.
  • SIM B II : minimal 23 tahun.

  2. Persyaratan Administrasi

Untuk perorangan:

  • Mengisi formulir pengajuan pembuatan/perpanjangan SIM dengan benar dan lengkap.
  • KTP asli setempat yang masih berlaku untuk WNI atau dokumen keimigrasian untuk WNA (paspor, KITAP/KITAS, visa/visa dinas/visa diplomatik, kartu anggota diplomatik, kartu izin kunjungan atau singgah)

Untuk umum:

  • Sertifikat tanda lulus pelatihan mengemudi.
  • Surat izin kerja dari kementerian yang bertanggungjawab pada ketenagakerjaan WNA
Baca Juga  Cara Merawat Motor Matic supaya Berumur Panjang

     3. Tes Kesehatan

Persyaratan kesehatan meliputi penglihatan, pendengaran, fisik, rohani, konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, adaptasi, stabilitas emosi, dan ketahanan kerja.

Langkah-Langkah Cara Membuat SIM Online 2021

Selanjutnya, setelah mengetahui dan mempersiapkan persyaratan yang diperlukan untuk membuat atau mengajukan perpanjangan SIM, berikut ini akan dijelaskan cara membuat SIM online langkah demi langkah.

http://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/index.php/registrasi/index

 

  1. Buka website untuk melakukan pendaftaran SIM, yaitu di alamat http://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/index.php/registrasi/index
  2. Pada halaman depan, pilih opsi “Pendaftaran SIM Online”.
  3. Isilah data permohonan sesuai dengan yang diminta, yaitu jenis permohonan, golongan SIM, lokasi polda kedatangan, dan satpas untuk kedatangan pada saat ujian.
  4. Masukkan data diri dengan lengkap dan benar, termasuk NIK.
  5. Isi data tentang keadaan darurat.
  6. Lakukan konfirmasi terhadap data yang sudah Anda masukkan.
  7. Pilih cara pembayaran yang tersedia.
  8. Pilih tanggal kedatangan ke satpas. Jika hendak memperpanjang SIM, pilih tanggal yang tidak melebihi batas masa berlaku SIM Anda.
  9. Isi nomor rekening untuk pengembalian dana jika Anda mengundurkan diri atau tidak lolos ujian.
  10. Isi persetujuan pendaftaran SIM online.
Baca Juga  Jadwal Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18, SMA Sederajat Paling Banyak di Terima

Setelah melakukan pendaftaran secara online, selanjutnya Anda tinggal datang ke kantor satpas yang sesuai dengan pilihan Anda ketika melakukan registrasi.

Anda kemudian akan menjalani tes kesehatan dan mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Berikutnya, Anda juga akan diambil foto dan sidik jarinya. Terakhir, Anda wajib mengikuti ujian teori dan praktik mengemudi.

Selain mudah dan praktis, cara membuat SIM online juga sangat penting pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini karena akan mencegah terjadinya kerumunan massa dan meminimalkan kontak. Hal ini akan menurunkan risiko Anda terpapar virus dan sangat membantu upaya mengatasi pandemi dengan mencegah penyebaran virus.