Mudik Gratis Pakai Kapal Laut
Mudik Lebaran Gratis Pakai Kapal Laut

Mudik Gratis Pakai Kapal Laut. Simak Selengkapnya!

Mudik Gratis Pakai Kapal Laut bisa jadi solusi yang cukup nyaman bagi anda yang berencana melakukan mudik lebaran tahun ini. PT PELNI (Persero) akan mengerahkan KM Dobonsolo & KM Ciremai untuk mendukung pelaksanaan program mudik gratis sepeda motor 2022 yang sekaligus sebagai program inisiasi dari Kemenhub. KM Dobonsolo & KM Ciremai sendiri mampu mengangkut 2.500 pemudik beserta 1.250 unit sepeda motor.

Opik Taupik, selaku Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI mengatakan setelah dua tahun lamanya tak diselenggarakannya program mudik gratis karena pandemi, kini PELNI kembali terlibat dalam mendukung program dari Pemerintah di musim angkutan lebaran. Adapun rutenya dalam program tersebut meliputi Jakarta – Semarang _ Suranaya. “Bagi pemudik lebaran dengan tujuan Semarang & Surabaya bisa memanfaatkan program mudik gratis ini, dimana kendaraan motor juga bisa diangkut dengan kapal PELNI untuk digunakan di tempat tujuan” kata Opik dalam keterangan tertulisnya (19/04/2022).

Viral :   Cara Gadai BPKB Mobil Cepat Tanpa Ribet

Opik menyampaikan bahwa keberangkatan pertama akan dilakukan bersama denfan KM Dobonsolo pada hari Selasa (26/04) dan kemudian KM Ciremai di hari Jumat (29/04). Sedangkan arus balik pelayaran mudik lebaran dimulai dari Surabaya pada Senin (09/05) menggunakan KM Ciremai & di hari Rabunya (1/05) menggunakan KM Dobonsolo.

Di masa angkutan mudik lebaran 2022, KM Ciremai menawarkan rute Tanjung Priok – Semarang – Surabaya _ Makassar – BauBau – Sorong (PP), sedangkan KM Bodonsolo menyediakan rute Tanjung Priok – Semarang – Surabaya – Makassar – BauBau – Ambon – Sorong – Serul – Jayapura (PP). Sedikit informasi bahwa, program mudik gratis pada tahun 2019 lalu, PT PELNI sudah mengantar sebanyak 11.007 pemudik dengan membawa 4.796 unit sepeda motor.

Cara Daftar Mudik Gratis pakai Kapal Laut

Adapun pendaftarannya telah dibuka yaitu tanggal 18 – 24 April 2022 melalui Website mudikgratis. Dan identitas yang dibutuhkan yang nantinya akan menjadi kode unik ialah STNK & KTP kepala keluarga. Pemudik yang ingin mendaftar Program ini boleh membawa anak kecil berumur dibawah 10 tahun dan maksimal berjumlah 2 orang dengan syarat menunjukkan KK (Kartu Keluarga) atau fotocopy KK (Kartu Keluarga).

Viral :   4 Daftar Mobil Listrik Indonesia yang dapat Dijadikan Pilihan

Opik juga menambahkan bahwa “Bagi calon perserta mudik gratis wajib memverifikasi data maksimal 3 hari setelah pendaftaran. Jika terlambat melakukan verifikasi, maka akan dimasukkan ke daftar tunggu & bila kuota sudah terisi penuh maka calon peserta tadi belum bisa mengikuti program”. Maka tidak boleh terlambat dalam melakukan verifikasi karena akan berisiko tidak dapat mengikuti program mudik gratis.

Untuk pendaftarannya juga dibuka secara offline di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan juga di laman Kantor Pusat Kemenhub mulai 22 sampai 24 April.