Mudah, Ini Syarat Dan Cara Daftar Bansos Anak Sekolah Rp3,4 Juta

Di tahun 2021 ini, Pemerintah secara resmi meluncurkan program baru dalam penyaluran dana bantuan sosial (bansos) tunai. Program baru ini adalah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Anak sekolah dengan total Rp 3,4 Juta setahun. Yang mana ini dikhususkan untuk anak-anak yang kepala keluarganya masuk dalam program keluarga harapan (PKH).

BLT Anak Sekolah tahun 2021 ini dicairkan senilai Rp 3,4 Juta. itu adalah total dalam 1 tahun dimana rinciannya adalah sebagai berikut :

  1. Siswa SD/MI atau sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 900.000/tahun atau Rp 75.000/bulan.
  2. Siswa SMP/MTS atau sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.500.000/tahun atau Rp 125.000/bulan
  3. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat mendapatkan bantuan sebesar Rp 2.000.000/tahun atau Rp 166.000/bulan
Viral :   Begini Cara Agar Mendapatkan BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Cair Maret 2021

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bahwa BLT ini diharapkan bisa memberikan banyak manfaat untuk menunjang pembelajaran dengan sistem daring ini selama pandemi yang masih saja terus tumbuh.

“Diharapkan melalui bantuan ini, keluarga penerima manfaat dapat memiliki akses pendidikan yang lebih baik,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Syarat Dan Cara Mendapatkan Bansos Anak Sekolah Rp 3,4 Juta

BLT Anak sekolah ini dibuat atas kerjasama lintas kementrian antara Kemensos, Kemendikbud dan Kemenag yang diharapkan bisa membantu dan meringankan beban keluarga dalam menyiapkan peraalatan sekolah yang dibutuhkan. Dilansir dari laman okezone.com, berikut ini adalah persyaratan dan cara mendapatkan BLT Anak Sekolah Rp 3,4 Juta :

  1. Bagi keluarga yang tidak memiliki KIP tetap berhak mendapatkan BLT dengan melakukan pendaftaran dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas sosial terdekat.
  2. Bagi siswa yang tidak punya KKS tidak perlu khawatir, orang tua siswa bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan masing-masing sebagai syarat mendaftarkan ke dinas sosial
Viral :   Mobil Baru Subaru Meluncur Bulan Depan. Ini Modelnya!

Bantuan PKH tersebut diberikan dalam kurun waktu satu tahun dengan 4 kali masa pencairan di mulai Januari, April, Juli dan Oktober. BLT bisa diambil di Bank BUMN yang telah ditunjuk pemerintah di antaranya BRI, Mandiri, BNI dan BTN.