Fakta Sirkuit Mandalika

5 Fakta Sirkuit Mandalika, Simak Selengkapnya!

Mari  kita Llihat fakta Sirkuit Mandalika, dimana baru rampung digarap bulan April 2021 lalu. Indonesia telah membangun sirkuit internasional pertamakali di tanah air, yaitu Sirkuit Mandalika di Lombok. Sirkuit yang luar biasa ini telah menyelenggarakan banyak acara kelas dunia seperti Asian Talent Cup dan Dunia Superbike. Dan tanggal 18-20 Maret nanti, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika juga akan menjadi tuan rumah ajang MotoGP Madalika 2022 . Jika Anda berencana untuk menonton MotoGP 2022 dan mengunjungi Lombok, Ada 5 fakta menarik yang perlu diketahui tentang Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Berikut ulasannya :

 1. Lokasi yang super prioritas di Indonesia

Sirkuit Mandalika terletak di kawasan wisata yang menjadi salah satu lima destinasi super prioritas di Indonesia. Maka tak heran Sirkuit Mandalika memiliki keindahan alam yang memanjakan mata. Bahkan Mandalika diklaim menjadi tempat favorit para peselancar dunia karena pesona alamnya sebelum akhirnya dibangun beberapa kawasan pariwisata.

Viral :   Apa Dalil Puasa Ramadhan dan Keutamaannya?

2. Semua bangunan menggunakan produk asli Indonesia

Happy Harianto, selaku Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA (Mandalika Gran Prix Association) mengatakan bahwa semua pembangunan di Sirkuit Mandalika terbuat dari bahan-bahan lokal yaitu menggunakan metode konstruksi modular milik PT WIKA (Wijaya Karya Building) dalam 21 hari yang juga mendapatkan penghargaan MURI untuk kategori bangunan fasilitas Pit Building kelas internasional.

3. Konsep sirkuit jalanan yang beda

Sirkuit Mandalika sering disebut juga Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit yang menunjukkan fungsi balapan yang lebih besar. Ketika tidak ada balapan, Sirkuit Mandalika bisa digunakan untuk atraksi, rekreasi, jogging, atau hanya sekedar menikamati suasana disekitarnya, tetapi untuk jalur utama tetap terbatas aksesnya.

Viral :   Kembali Anjlok ! Harga Emas Hari Ini Semakin Turun

4. Sirkuit Mandalika menggunakan aspal terbaik di dunia

Pembangunan Sirkuit Mandalika dibangun menggunakan SMA (Stone Mastic Asphalt) untuk melapisi lapisan ke-3 pada bangunan jalurnya. SMA sendiri merupakan campuran canggih yang biasa dipakai untuk memoles permukaan jalur aspal, namun semua sirkuit dunia menggunakan campuran canggih ini di jalur aspal mereka.

5. Khas nuansa nusantara pada lintasan balap

Sirkuit Mandalika yang dibuat sesuai standar internasional juga dimasukkan nuansa lokal yaitu corak tenun Subahnale khas suku Sasak di pulau Lombok pada bagian permukaan jalur MotoGP Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Corak ini terdapat di area run-off dari pojok ke 15-16 di Sirkuit Mandalika.

Bagaimana? Makin kepo kan untuk melihat Sirkuit secara langsung! Semoga ulasan Fakta Sirkuit Mandalika bermanfaat bagi Anda