Jenis-Jenis Truk Besar yang Ada di Indonesia

Truk besar merupakan salah satu armada pengangkutan barang yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. kapasitasnya yang besar dipandang dapat lebih efektif dan efisien dalam pengangkutan dan pemindahan barang. Tidak heran jika kendaraan ini digunakan sebagai angkutan logistik antar daerah, provinsi hingga pulau.

Macamnya pun beraneka ragam. Macam-macam truk yang ada di Indonesia ini disebabkan perbedaan kapasitas angkutan yang dapat dimuat oleh kendaraan ini. Bahkan ada truk yang memiliki dua bak dengan satu kepala kemudi karena banyaknya barang yang harus diangkut dalam sekali jalan.

Jenis-Jenis Truk Besar

Truk biasanya digunakan untuk angkutan barang-barang material hingga pengangkutan makanan. Jenisnya pun berbeda-beda, termasuk dengan ukurannya. Mulai dari paling kecil hingga truk container dan gandeng.

  1. Trailer

Truk trailer merupakan salah satu angkutan barang yang memiliki kapasitas besar. Truk ini mampu mengangkut barang hingga 60 ton. Alat-alat berat didistribusikan menggunakan truk ini. Biasanya memiliki ukuran panjang hingga 6 meter lebih.

Sebagai angkutan material dengan ukuran yang besar, Trailer didesain dengan mengutamakan kekuatan dibandingkan kecepatan sehingga tidak heran jika kendaraan ini berjalan lambat.

  1. Wingbox

Wingbox merupakan salah satu jenis truk besar, dimana ketika sisi baknya dapat dibuka sehingga memudahkan saat pemindahan dan pengangkutan barang. Memiliki dua tipe yaitu sumbu dua dan tiga.

Viral :   Kenali Keunggulan Suzuki Pick Up Terbaru

Untuk kapasitas pengangkutan tergantung dari ukurannya. Hal in karena semua jenisnya adalah hasil dari built-up (bukan merupakan buatan produsen truk).

  1. Trintin

Trintin adalah jenis truk yang mampu mengangkut barang dengan maksimal jumlah mencapai 20 ton. Kekhasan dari kendaraan ini yaitu dimana roda bagian depan dan tengah dapat dibelokkan.

Memiliki 3 sumbu roda dengan jumlah roda 20. Truk Trintin menggunakan sistem power steering Four Wheel Steering (FWS). Karena hal inilah roda tengah dapat berbelok.

  1. Tronton

Tronton memiliki kapasitas muatan hingga mencapai 10 ton. Truk ini memiliki 3 sumbu dengan jumlah roda 20. Kendaraan barang ini menjadi salah satu armada yang sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan kargo karena harganya yang cukup terjangkau dengan kapasitas yang besar.

  1. Colt Diesel Double

Merupakan truk yang banyak menjadi pilihan pengangkutan material bangunan seperti pasir, kerikil, batu bata dan masih banyak yang lainnya. Jumlah muatan maksimal yang dapat diangkut oleh kendaraan ini mencapai 6 ton. Jumlah sumbu yang digunakan yaitu ada dua dengan 6 roda, dimana bagian depan dua dan di belakang empat roda.

Truk besar yang ada di Indonesia ini sebagian besar digunakan untuk keperluan kargo dengan jumlah pengangkutan yang besar. Selain harganya murah, pengangkutan menggunakan truk dengan ukuran besar seperti ini dapat menghemat biaya pengiriman karena barang yang dibawa dalam sekali perjalanan amat banyak.

Viral :   Mewahnya Kelas Premium Bluebird Bus

Tidak heran jika perusahaan-perusahaan memanfaatkan truk untuk pendistribusian barang.

Sebagai kendaraan yang umumnya menggunakan bak terbuka dengan pengangkutan material dalam jumlah yang besar, truk memiliki perawatan khusus agar tetap memiliki kinerja yang optimal.

Cara Merawat Truk

Truk didesain dengan menyematkan mesin yang andal dan tangguh sehingga tidak heran jika kemampuan angkutannya dapat begitu besar. Oleh karena itu, perawatan juga amat penting agar mesin tetap dapat bekerja dengan baik.

  • Memanaskan Mesin

Memanaskan mesin dapat membuat pelumas merata pada seluruh komponennya sehingga dapat mencegah adanya gesekan yang membuat kinerjanya menurun.

Oleh karena itu, sebelum digunakan ataupun pada saat tidak ada pengantaran, sebaiknya truk dipanaskan secara berkala minimal sehari sekali dengan durasi waktu 10-20 menit. Dengan cara ini, mesin truk dapat berkeja optimal dan mencegah kerusakan.

  • Jaga Kebersihan Bak

Bak truk merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan barang. Oleh karena itu, kebersihannya amat penting untuk dijaga agar kualitas pengantaran dapat terjaga. Bak truk besar yang bersih akan mampu menambah tingkat kepercayaan konsumen karena terjaganya kualitas barang mereka saat di perjalanan.

Kata PencarianJenis truck