Tips Mudah Cara Merawat Karet Pintu Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat Karet Pintu Mobil – Salah satu komponen penting yang terdapat pada mobil dan sering digunakan adalah karet pintu mobil. DImana komponen satu ini berfungsi sebagai peredam pintu saat membuka dan juga menutup, fungsi lainnya dari karet pintu mobil adalah untuk mencgah air agar tidak masuk kedalam mobil ketika hujan.

Dikarenakan fungsinya yang terbilang cukup penting, membuat komponen satu ini harus selalu diperhatikan kondisinya. Kita tahu jika setiap komponen pastinya akan mengalami kerusakan mulai dari kondisi komponen yang sudah lama tidak diganti atau dikarenakan tidak pernah dilakukan perawatan sehingga mudah rusak.

Merawat karet pintu mobil memang sangat penting untuk dilakukan, selain bisa membuat komponennya awet dan tahan lama, kamu juga bisa menghemat pengeluaran keuangan kamu untuk membeli komponen satu ini. Dan berikut ini merupakan tips mudah cara merawat karet pintu mobil agar awet dan tahan lama :

Viral :   7 Rekomendasi Knalpot Satria FU untuk Modifikasi Racing

Cara Merawat Karet Pintu Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

1. Tempat Parkir Mobil Yang Aman dan Terhindar dari terik matahari

Tips merawat karet pintu mobil yang pertama adalah dengan memilih tempat parkir yang aman dan terhindar dari paparan sinar matahari. Hal ini tentunya ada kaitannya dengan karet pintu mobil kesayangan anda. Dengan terhindar dari paparan terik matahari, maka akan membuat karet pintu mobil tidak cepat kering.

Jika karet pintu cepat kering, maka pemakaiannya pun tidak akan bertahan lebih lama. Apabila anda berkunjung ke tempat-tempat keramaian, pastikan kamu mendapatkan tempat parkir yang teduh. Karena dengan cara inilah kamu bisa menjaga karet pintu untuk bertahan lebih lama lagi.

2. Menghindari Kontak Langsung dengan Karet

Tips merawat karet pintu mobil selanjutnya dengan menghindari kontak langsung dengan karet. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini cukup penting dilakukan agar karet pintu mobil tidak cepat robek akibat gesekan yang terjadi seperti saat memasukan dan mengeluarkan barang dari dan keluar mobil.

Viral :   5 Tips Aman Nyetir Mobil Malam Hari

3. Membersihkan Kotoran yang Menempel

Tips merawat karet pintu mobil yang terakhir adalah dengan rutin membersihkan kotoran yang menempel. Hal terpenting dalam melakukan perawatan karet pintu mobil adalah dengan selalu mengecek kondisi komponen tersebut, jika ditemukan kotoran yang menempel pada pintu karet maka kamu bisa membersihkannya langsung dengan cara mencuci atau menyiram di sela sela lekukan pada karet pintu mobil.

Disarankan untuk menggunakan air bersih untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel pada karet pintu mobil tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet tersebut. Cairan ini juga bisa dimanfaatkan ketika mobil terpapar sinar matahari yang menyebabkan karet pintu menjadi kering dan tidak tahan lama.