5 Tips Menggunakan Seatbelt Dengan Benar

Tips Menggunakan Seatbelt Dengan Benar– Seatbelt atau biasa disebut sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan yang tersedia di setiap mobil. Setiap mobil saat ini sudah dilengkapi dengan fitur ini untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang saat terhadi kecelakaan. Dikarenakan fungsiny yang penting, Pemerintah pun sudah membuat aturan yang tertulis di UU Nomor 14 tahun 1992 tentang lalu lintas dang angkutan jalan pasal 61 ayat 2 yang mewajibkan setiap pengguna kendaraan mobil untuk menggunakan seatbelt.

Dengan menggunakan seatbelt dengan benar maka resiko cidera yang akan dialami saat terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak akan menjadi lebih kecil dibandingkan tanpa menggunakan seatbelt. Hal ini karena tubuh kita akan terpental saat terjadi kecelakaan baik itu dari samping, belakang dan depan.

Namun saat ini masih banyak orang yang belum memahami dengan betul cara penggunaan seatbelt yang benar. Untuk itu wartaoto akan memberikan informasi mengenai tips menggunakan seatbelt mobil yang benar agar meminimalisir tingkat cedera yang kita alami saat mengalami kecelakaan.

Daftar Isi

Tips Menggunakan Seatbelt

1. Posisi Duduk

Tips menggunakan seatbelt dengan benar yang pertama yakni dengan memposisikan duduk yang tepat dan benar saat menggunakan seatbelt, caranya yakni anda duduk harus sejajar dengan punggung serta sandaran kkursi. Disarankan untuk menghindari menurunkan posisi kursi lebih dari yang anda butuhkan, hal ini karena posisi kursi yang diturunkan secara berlebihan saat terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak, maka seatbelt bisa saja melewati pinggang dan menahan diperut sehingga bisa menyebabkan cedera yang lebih serius.

2. Posisikan Seatbelt tepat di Bahu, Bukan di Leher

Tips menggunakan seatbelt dengan benar selanjutnya dengan memposisikan seatbelt tepat dibahu bukan dileher. Secara umum, sabuk pengaman dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh Anda, jika anda tidak menempatkan tali ini pada bagian tubuh Anda dengan benar, kekuatan untuk melindungi diri anda tidaklah mungkin terjadi. Maka dari itu posisikan seatbelt tepat dibahu, hal ini menjadi sangat penting, karena jika anda salah meletakannya maka resiko tercekik atapun terlilit saat kecelakaan akan besar.

3. Perhatikan tali bagian bawah seatbelt

Harap dipastikan jika tali bagian bawah seat belt harus berada di atas sekitar pinggang Anda. Seatbelt atau sabuk pengaman memang sengaja didesain untuk memberikan kekuatan pada panggul anda supaya tubuh tidak terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan.

Viral :   Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan

4. Periksa kondisi strap seatbelt

Tips menggunakan seatbelt dengan benar selanjutnya dengan memeriksa kondisi strap seatbelt. Pastikan saat memakai seatbelt, tali atau strap seatbelt diharuskan menempati posisi yang rata pada bagian dada atas dan juga daerah paha atas anda. Jika tali dalam posisi melintir maka kekuatan tekanan perlindungan anda tidak dapat bekerja secara maksimal .

5. Pastikan seatbelt sudah terkunci dengan benar

Ketika semuanya dirasa sudah tepat sesuai dengan panduan diatas, maka tips menggunakan seatbelt dengan benar yang terakhir yakni dengan memastikan seatbelt sudah terkunci dengan benar. Cara mengeceknya yakni dengan cara menariknya sesekali. Jika setabelt tidak terlepas dari slot kunci berarti menandakan seatbelt sudah terkunci dengan benar dan aman sehingga bisa membantu melindungi anda selama perjalanan berlangsung.Menggunakan seatbelt sangat dianjurkan dalam standar berkendara roda emapat atau lebih, maka dari itu anda diwajibkan mematuhinya demi keselamatan diri dan juga keluarga anda.