11 Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Sendirian Menggunakan Mobil

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Sendirian – Berpergian jarak jauh dengan menggunakan kendaraan jenis mobil sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terlebih saat menjelang lebaran. Banyak masyarakat Indonesia yang memilih menggunakan mobil sebagai alat transportasi untuk sekedar pulang kampung bertemu sanak keluarga.

Saat berpergian jarak jauh selain kondisi mobil, hal yang penting yang harus diperhatikan yakni kondisi fisik anda saat berkendara. Hal ini dikarenakan saat anda berkendara jarak jauh serasa perjalanan tak berujung dan begitu melelahkan. Permasalah umum yang sering dihadapi para pengendara disaat melakukan perjalanan jarak jauh yakni kondisi lelah dan kantuk. Berkendara jarak jauh dengan menggunakan supir kedua bisa dibilang lebih nyaman, karena disaat anda mulai merasa lelah anda bisa meminta supir kedua untuk berganti menyetir. Namun tak sedikit juga pengendara mobil yang memilih untuk menjadi supir tunggal saat melakukan perjalanan jauh, tentu hal ini bisa membuat anda harus lebih ekstra dalam menyetir.

Maka dari itu sebelum melakukan perjalanan jarak jauh ada baiknya anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari kondisi mobil, kondisi fisik serta barang barang bawaan yang hendak dibawa. Berikut beberapa tips aman berkendara jarak jauh sendirian dengan menggunakan mobil.

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh

1. Lakukan service kendaraan

Tips aman berkendara jarak jauh sendirian yang pertama yaitu dengan melakukan service kendaraan sebelum menjelang keberangkatan. Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan saat sedang diperjalanan. Pastikan anda telah melakukan pengecekan kondisi air aki, air radiator, oli, rem serta ban mobil.

Viral :   Tips Memilih Toko Aksesoris Mobil Berkualitas Terpercaya

2. Persiapkan barang bawaan

Disarankan untuk mempersiapkan barang bawaan sehari atau dua hari sebelum keberangkatan. Hal ini agar nantinya tidak ada barang bawaan yang terlupa untuk dibawa, terkadang banyak pengendara yang terburu buru sehingga barang bawaan tertinggal, padahal bisa saja barang bawaan yang tertinggal merupakan hal penting.

3. Pelajari rute perjalanan menggunakan aplikasi di ponsel pintar

Kehadiran aplikasi rute perjalanan bisa anda manfaatkan untuk memudahkan anda mencari informasi tentang rute yang nantinya bakal anda lalui. Dengan adanya aplikasi ini, anda bisa mempelajari rute rute terbaik yang bisa anda lewati, titik lokasi pengisian bahan bakar, informasi lalu lintas dsb.

4. Istrahat yang cukup

Ketika anda ingin melakukan perjalanan jarak jaun, sebaiknya anda harus memastikan tubuh anda dalam keadaan fit. Maka dari itu sebelum berangkat, baiknya anda istirahat yang cukup agar saat keberangkatan tubuh akan terasa fit dan siap melakukan perjalanan jauh.

5. Hindari perjalan pada malam hari

Tips aman berkendara jarak jauh sendirian selanjutnya yakni dengan menghindari perjalanan pada malam hari. Hal ini bukan tanpa alasan, selain bisa membuat anda cepat mengantuk, kondisi jalan yang gelap dengan paduan sorotan lampu kendaraan dari lawan arah sangat berpengaruh terhadap penglihatan dan bisa membuat pupil mata bekerja menjadi lebih berat dan berpotensi penglihatan menjadi terbatas.

6. Sesuaikan posisi duduk yang benar

Dengan menyesuaikan posisi duduk yang benar bisa membuat anda menjadi lebih nyaman saat berkendara. Selain itu dengan posisi duduk yang benar juga bisa membuat anda terhindar dari rasa kantuk. Harap diperhatikan pastikan posisi duduk anda saat berkendara jarak jauh menyesuaikan posisi duduk dengan panjang kaki dan jangkauan tangan terhadap setir, hal ini agar anda dapat dengan mudah saat mengendalikan stir, menginjak pedal gas, rem dan kopling.

Viral :   Tips Memilih Diesel Air untuk Irigasi yang Tepat

7. Menyetirlah dengan baik

Dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi tinggi saat anda melakukan perjalanan jarak jauh. Dengan menyetir yang baik akan membuat perjalanan jarak jauh anda menjadi lebih nyaman dan aman. Pastikan anda tidak terlalu mudah terbawa emosi dengan kondisi yang ada dijalan.

8. Defensive driving

Selalu menerapkan prinsi defensive driving saat diperjalanan. Dengan defensive driving bisa membuat kenyamanan dan keamanan anda selama diperjalanan menjadi terjamin.

9. Jaga jarak aman berkendara

Dengan menjaga jarak mobil anda dengan kendaraan disekitar anda memungkinkan anda terhindar dari kecelakaan, hal ini terkadang ada kendaraan lain yang melakukan rem mendadak sehingga jika mobil anda terlalu mepet akan membuat hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.

10. Pilih kegiatan seru selama perjalanan panjang

Untuk menghindari rasa bosan dan kantuk selama diperjalanan, ada baiknya jika anda mengusir rasa bosan dan kantuk dengan melakaukan kegiatan seperti mendengarkan musik kesukaan.

11. Menepi di rest area untuk ISOMA

Tips aman berkendara jarak jauh dengan menggunakan mobil adalah dengan menepi di rest area untuk sekedar ISOMA. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk terus menerus berkendara tanpa istrahat, bila dirasa sudah lelah maka anda dapat meluangkan waktu selama 1 jam untuk ISOMA di rest area.