Cara Cat Body Motor
pexels.com

Cara Cat Body Motor agar Lebih Keren Terlihat Seperti Baru

Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara cat body motor karena kondisi cat body motor mereka sudah kusam atau terdapat goresan. Tampilan fisik atau body motor memang menjadi hal pertama yang terlihat sehingga sangat penting untuk diperhatikan.

Perawatan yang kurang baik bisa menyebabkan cat body motor menjadi cepat pudar atau kurang bagus. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak cara pengecatan ulang body motor disesuaikan dengan selera pemilik motor.

Pengecatan ulang body motor biasanya disebut dengan istilah repaint. Repaint tersebut berfungsi untuk mengatasi masalah body motor kusam dan juga bisa menyamarkan baret atau goresan pada motor.

Perhatikan Cara Cat Body Motor

Pada dasarnya, melakukan repaint pada body motor akan membuat tampilan motor lebih segar dan menarik seperti motor baru. Namun, proses repaint juga tidak bisa dilakukan sembarangan agar hasilnya bagus dan memuaskan.

Setiap teknisi juga memiliki cara pengecatan yang berbeda-beda di tiap bengkel. Nah, berikut ini beberapa proses yang secara umum perlu dilakukan saat mengecat ulang body motor.

Viral :   Manfaat dan Cara Tune Up Mobil

Cara Cat Body Motor

  1. Mengelupas Striping Asli

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, meliputi cat, dempul, epoxy, thinner, clear coat, compound, ampelas halus, dan lain-lain.

Selanjutnya, kelupas striping asli atau bawaan dari pabrik. Bongkar dan cuci sampai bersih bagian-bagian atau part yang ingin dicat.

  1. Menghilangkan Cat Lama

Cara cat body motor selanjutnya yaitu menghilangkan cat lama dengan menggunakan ampelas hingga terlihat warna plastik. Gunakan teknik gerakan kiri kanan atau depan belakang agar hasil ampelas merata. Setelah selesai, cuci dan keringkan.

  1. Epoxy dan Dempul

Lakukan proses dempul jika terdapat body motor yang lecet atau tergores sehingga tampilannya akan lebih mulus. Gunakan epoxy untuk menutup permukaan atau pori-pori pada body motor. Caranya dengan mencampurkan epoxy dengan sedikit thinner, lalu semprotkan menggunakan spray gun.

  1. Proses Pengecatan

Proses pengecatan diawali dengan memberikan cat dasar, lalu ditunggu dulu hingga kering. Setelah itu, barulah Anda bisa melanjutkan pengecatan sesuai dengan warna yang diinginkan. Lakukan proses pengecatan secara tipis-tipis dan berulang.

  1. Proses Coating dan Poles

Cara cat body motor yang terakhir yaitu memberikan clear coat yang dicampur dengan thinner. Selanjutnya, poles menggunakan compound sampai mengkilap. Setelah itu, pasang ulang part-part yang sudah dicat.

Viral :   Kursus Stir Mobil yang Nyaman dan Menguntungkan

Tips Merawat Body Sepeda Motor

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, And tentu tidak ingin cat body motor terlihat kusam atau muncul goresan. Oleh sebab itu, Anda perlu merawat dan menjaga kondisi motor tetap baik. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk merawat body sepeda motor Anda.

  • Rutin mencuci motor untuk menghindari debu dan kerak yang menempel.
  • Gunakan sampo khusus untuk motor, hindari kandungan zat kimia yang keras.
  • Perhatikan proses pengeringan saat cuci motor, pastikan lap semua bagian motor hingga celah sempit dengan kain halus atau kanebo.
  • Parkir di tempat yang teduh dan hindari matahari langsung agar warna cat tidak cepat kusam.
  • Segera cuci motor setelah terkena hujan untuk membersihkan debu atau lumpur yang menempel karena bisa menyebabkan baret/goresan.

Dengan melakukan perawatan rutin dan langkah yang tepat, cat body motor akan lebih awet serta terhindar dari baret dan goresan. Namun, jika menerapkan cara cat body motor, Anda perlu memilih produk cat yang bagus dan berkualitas. Jangan lupa untuk mempertimbangkan dan membandingkan biayanya.