Cara Menghilangkan Goresan pada Motor Matic
pixabay.com

5 Macam Cara Menghilangkan Goresan pada Motor Matic

Penampilan sering kali menjadi pusat perhatian bagi semua orang, begitu juga dengan body motor yang dikendarai. Berbicara mengenai body motor, pernahkah Anda penasaran bagaimana cara menghilangkan goresan pada motor matic dengan mudah?

Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang paling banyak digunakan oleh wanita, tetapi belakangan ini juga banyak digunakan pria. Apa pun jenis motor yang dikendarai, jika bodinya tergores atau baret, maka motor akan terlihat jelek karena kurang mulus.

Goresan pada body motor juga menjadi penyebab turunnya harga pasaran motor tersebut. Hal ini tentu harus dipikirkan jika Anda berencana untuk menjualnya kembali karena akan membuat kerugian yang dialami makin besar.

Penyebab Goresan pada Motor

Sebelum menyimak cara menghilangkan goresan pada motor matic, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu apa saja penyebabnya.

Terkadang, pemilik motor juga tidak tahu bagaimana motor bisa tergores atau muncul goresan kecil yang hampir tak terlihat. Hal ini memang sulit untuk dihindari, tetapi Anda bisa berusaha mencegahnya.

Caranya, ketahui dulu hal-hal yang dapat menyebabkan adanya goresan pada body motor Anda.

  • Kurang Berhati-hati

Body motor yang tergores sering kali tidak disadari. Hal ini bisa terjadi karena cara mengendarai atau menuntun motor yang kurang berhati-hati. Jika sudah tergores, maka segera cari tahu bagaimana cara menghilangkan goresan pada motor matic Anda.

Beberapa pengendara motor terkadang kurang awas dan menyenggol pengendara motor lainnya sehingga terjadi gesekan dan tergores. Goresan yang paling umum biasanya terdapat pada dek motor akibat terkena sepatu atau gesekan dari barang-barang yang dibawa saat berkendara.

Bisa juga body motor tergores pintu atau pagar saat hendak memasukkan atau mengeluarkan motor. Jika terkena benda tajam, body motor yang keras pun bisa tergores, bahkan penyok.

  • Kesalahan dalam Mencuci

Mencuci motor secara rutin merupakan cara perawatan motor yang baik, tetapi harus dilakukan dengan benar. Kesalahan dalam mencuci motor bisa menimbulkan baret atau goresan pada body motor Anda.

Bagian bawah motor kondisinya lebih kotor dan banyak debu yang menempel. Jika Anda menggunakan spons yang sama untuk body atas, kotoran tadi bisa menggores body motor yang halus. Goresan kecil jika terjadi berulang-ulang bisa berakibat fata. Karena itulah, cara menghilangkan goresan pada motor matic penting diketahui.

  • Jarang Dibersihkan

Untuk  menghindari penyebab nomor dua, bukan berarti Anda bisa membiarkan motor matic tersebut tidak dibersihkan sama sekali dalam jangka waktu yang panjang.

Viral :   Tak Perlu Ke Bengkel, Begini Tips Cara Spooring Balancing Yang Mudah Dilakukan di Rumah

Pada motor yang sering dipakai, akan banyak sekali debu dan kotoran yang menempel. Jika dibiarkan terus-menerus, debu dan kotoran yang tertimbun juga bisa menimbulkan baret atau goresan kecil.

Apalagi, jika debu dan kotoran tersebut sudah menempel kuat di body motor Anda. Gesekan kecil saja bisa menyebabkan munculnya goresan halus yang akan membuat motor Anda terlihat tidak keren lagi.

Cara Menghilangkan Goresan pada Motor Matic

Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan goresan pada body motor matic yang bisa dilakukan. Namun, Anda juga perlu memilah dan memilih cara mana yang paling tepat untuk dilakukan sesuai jenis goresan pada motor.

Goresan pada body motor juga bermacam-macam, ada yang besar, kecil, dalam, halus, kasar, dan lain sebagainya. Jangan gegabah, cari tahu dulu tekniknya dan sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Menggunakan Ampelas Halus

Cara ini bisa dilakukan jika baret atau goresan pada body motor Anda tidak terlalu besar atau dalam. Menggunakan ampelas sebenarnya tidak bisa secara langsung menghilangkan goresan pada body motor, tetapi bisa menyamarkan goresan tersebut.

Caranya dengan menggunakan ampelas berukuran 2000 atau yang lebih halus. Sebelumnya, ampelas direndam pada air terlebih dahulu dan body motor juga dibasahi.

Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan proses pembersihan dengan menggosokkan ampelas perlahan pada goresan dan lakukan gerakan satu arah. Setelah goresan cukup samar, bersihkan permukaan dengan lap atau kain halus.

  1. Menggunakan Compound

Cara menghilangkan goresan pada motor matic yang kedua bisa dilakukan dengan menggunakan compound. Langkah ini sebaiknya dilakukan setelah menggunakan ampelas sehingga bekas pengampelasan bisa hilang atau samar. Lakukan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Menggunakan Scratch Remover

Anda juga bisa menggunakan poles khusus motor atau scratch remover yang berfungsi untuk menyamarkan goresan atau baret pada motor. Caranya langsung saja diaplikasikan ke bagian yang tergores, lalu lap dengan kain microfiber dengan gerakan satu arah.

  1. Menggunakan Fix It Pro

Cara menghilangkan goresan pada motor matic yang selanjutnya yaitu menggunakan fix it pro berbentuk spidol. Caranya cukup dengan menggosokkan spidol tersebut pada bagian yang tergores. Cara penggunaannya mirip seperti mengaplikasikan tip-ex saat menghapus tulisan yang salah.

  1. Menggunakan Pasta Gigi

Selanjutnya, cara menghilangkan goresan pada motor matic juga bisa dilakukan dengan menggunakan pasta gigi. Caranya dengan membasahi kain halus dan area goresan pada motor, lalu oleskan pasta gigi pada kain.

Viral :   Penggunaan Lampu Sein Secara Tepat agar Aman

Lakukan proses menggosok dengan gerakan memutar agar pemolesan bisa merata, setelah itu lap dengan kain halus yang kering.

  1. Menggunakan Hair Dryer

Cara yang satu ini cukup unik, tetapi patut dicoba. Untuk baret atau goresan kecil berwarna putih yang biasa muncul pada dek motor, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan hair dryer.

Caranya hanya dengan memanaskan hair dryer dan mengarahkannya ke dek yang tergores. Panas yang dihasilkan akan melelehkan bahan plastik dek motor sehingga lapisan yang tergores bisa menyesuaikan dan tertutup kembali.

Tips Perawatan Body Motor

Jika menerapkan perawatan motor yang baik dan benar, cara menghilangkan goresan pada motor matic mungkin tidak perlu Anda lakukan. Nah, berikut ini beberapa tips perawatan body motor sederhana yang bisa dilakukan secara mandiri.

  • Pertama, Bersihkan Motor Setiap Hari

Perawatan motor bukan hanya dengan membawanya ke tempat servis, mengganti oli, atau mencuci motor secara rutin.

Langkah sederhana seperti membersihkan body motor dengan lap juga sangat penting untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Gunakan lap halus atau kanebo untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengelap body motor.

  • Kedua, Cuci Motor dengan Benar

Langkah yang tepat yaitu mengelap body motor sebelum dan sesudah dicuci, lalu gunakan spons berbeda untuk body dan bagian bawah.

Untuk hasil maksimal, gunakan kain halus atau kanebo, kemudian lakukan gerakan memutar untuk proses pengeringan. Jangan lupa gunakan minimal dua ember untuk menampung air bersih dan air dengan sabun/sampo motor.

  • Ketiga, Lebih Berhati-hati

Berhati-hati adalah sikap yang paling tepat dan harus dimiliki oleh semua pengendara motor. Bukan hanya untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, sikap hati-hati juga penting untuk menjaga body motor tetap mulus.

Berhati-hatilah saat memasukkan atau mengeluarkan motor dan juga saat memarkir motor karena biasanya area parkir motor cukup sempit.  

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, motor Anda akan aman dari goresan. Namun, jika sudah tidak bisa dihindari lagi dan terdapat goresan, cobalah cara menghilangkan goresan pada motor matic di atas.

Jika sudah pernah tergores, Anda pasti akan lebih berhati-hati untuk menjaga agar penampilan body motor tetap keren. Kondisi body motor yang mulus dan terawat juga menjadi cerminan diri dari pemilik atau pengendara motor tersebut.

Kata PencarianCara Menghilangkan Goresan pada Motor Matic