Cara Menghilangkan Karat pada Besi
pexels.com

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Karat yang terjadi pada sejumlah jenis logam terutama besi merupakan hal yang kerap terjadi. Memang dampak dari adanya korosi ini sangat mengganggu. Walaupun demikian, ada sejumlah cara menghilangkan karat pada besi dengan mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami.

Tentunya, sebelum membahas apa saja cara untuk mengatasi masalah korosi pada logam ini, perlu sekali mengetahui apa itu karat, penyebab, hingga upaya pencegahannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan cara menghilangkan karat pada besi berikut ini.

Apa Itu Karat pada Besi?

Karat pada besi berbeda pengertiannya dengan yang ada pada emas. Jika untuk emas karat berarti satuan untuk mengukur kadar pada logam tersebut, maka pada besi berbeda lagi. Karat pada besi berarti hasil korosi yang berasal dari proses elektro kimia.

Pada proses pengaratan pada logam satu ini, besi berperan sebagai pereduksi. Sementara oksigen yang sifatnya terlarut dalam air merupakan pengoksidasi. Karat pada besi membentuk reaksi kimia sebagai berikut:

Anoda: Fe(s) menjadi Fe2+(aq)+2e

Katoda: O2(g)+4H+(aq)+4e menjadi 2H2O(I)

Mengingat sifat karat yang membentuk di logam akan mempercepat proses pengaratan selanjutnya, sifat dari karat juga bisa disebut autokatalis. Mekanisme yang membuat suatu logam mengalami korosi adalah letak benda logam yang jauh dari permukaan kontak udara. Kemudian, kondisi tersebut diperkuat dengan adanya oksidasi ion Fe2+.

Ion penguat tersebut sifatnya larut dalam tetesan air. Tempat terjadinya reaksi oksidasi disebut anoda. Sementara elektron yang terbentuk bergerak dari anoda ke katoda melalui perantara logam. Elektron tersebut mereduksi oksigen dari udara, kemudian menghasilkan air. Ujung tetesan air tersbeut dinamakan katoda.

Penyebab Karat pada Besi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, karat pada besi disebabkan oleh adanya oksidasi. Tentu saja oksidasi tersebut memiliki sejumlah faktor pendukung yang memengaruhi proses pengaratan menjadi semakin parah. Agar lebih tahu bagaimana cara menghilangkan karat pada besi, simak penyebabnya terlebih dahulu.

  1. Kosentrasi H2O dan O2

Jika besi ditempatkan di ruangan yang kelembapan udaranya tinggi, pengaratannya akan semakin cepat. Hal tersebut terjadi karena air dan oksigen yang berlimpah akan memaksimalkan proses pengaratan.

Air atau H2O berperan sebagai medium serta agen pengoksidasi besi. Begitu pula peranan oksigen atau O2 juga setara seperti air. Jika keduanya bertemu dan berada dalam kosentrasi yang tinggi, secara otomatis karat akan semakin parah.

  1. pH

Tingkat keasaman atau pH suatu materi sangat berpengaruh dengan proses pengaratan. Jika kadar pH sangat asam atau lebih dari 7 skala pH, berarti risiko terjadinya reaksi korosi akan makin cepat. Pereduksian oksigen akan jauh lebih tinggi daripada pada pH normal.

  1. Adanya Elektrolit

Selain oksigen dan air, garam atau NaCl juga bisa berperan sebagai medium korosi. Adanya elektrolit semacam garam inilah yang membuat proses korosi semakin cepat. Ion-ion elektrolit memiliki andil menghantarkan elektron yang terlepas dari anoda ke katoda.

  1. Suhu

Jika suhu di ruangan makin tinggi, korosi akan makin cepat terjadi. Hal ini dapat dianalogikan sebagaimana laju sebuah reaksi kimia. Laju reaksi kimia akan meningkat seiring suhu yang bertambah.

Viral :   Daftar Harga Mobil Toyota Tipe SUV Terbaru

Sejumlah Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Karat memang bisa memengaruhi kinerja atau tampilan estetika sebuah benda. Terlebih jika perabot tersebut berupa barang elektronik atau sesuatu yang sifatnya krusial.

Namun, jangan khawatir. Ada sejumlah cara menghilangkan karat pada besi yang dapat Anda coba. Berikut ulasannya.

  1. Menggunakan Bubuk Asam Sitrat

Bubuk asam sitrat memiliki kandungan asam yang sangat baik untuk mengikis efek korosi. Bahan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada besi. Berikut cara pengaplikasiannya:

  • Campurkan bubuk asam sitrat secukupnya dengan air hangat.
  • Rendamlah perabot yang berkarat ke dalam larutan tersebut selama 1-2 jam.
  • Jika karat cukup parah, lakukan perendaman dalam waktu yang lebih lama.
  • Gosok dan bilas dengan air.
  1. Menggunakan Minuman Bersoda

Selain bubuk asam sitrat, Anda juga bisa memanfaatkan minuman bersoda. Larutan soda yang cukup keras bisa dengan mudah melunturkan efek korosi. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Tuangkan minuman bersoda ke dalam wadah.
  • Rendam benda yang berkarat sampai terendam sempurna.
  • Diamkan sampai karatnya hilang, kemudian bersihkan.
  1. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Kentang

Cara menghilangkan karat dengan bahan satu ini memang masih tergolong asing. Sabun cuci piring mengandung bahan pembersih layaknya yang terdapat pada kentang. Kombinasi keduanya tentu bisa Anda manfaatkan secara maksimal. Berikut cara menggunakannya:

  • Potong kentang menjadi beberapa bagian, kemudian haluskan dengan blender. Anda juga bisa menumbuknya secara halus.
  • Campurkan kentang yang telah dihaluskan tadi dengan sabun pembersih piring. Aduk sampai merata.
  • Oleskan campuran kentang ke perabot yang berkarat. Diamkan sampai beberapa saat.
  • Gosok dengan spons sampai karat terkikis.
  1. Menggunakan Solar

Cara menghilangkan karat pada besi selanjutnya adalah dengan bahan bakar solar. Solar memiliki reaksi kimia yang baik untuk mengikis karat pada perabot besi, misalnya saja obeng, tang, dan sebagainya. Untuk menghilangkan karat dengan solar, berikut beberapa caranya:

  • Siapkan solar, pastikan jauhkan dari benda yang mudah terbakar. Tuang ke dalam wadah.
  • Rendam perabot yan berkarat dan diamkan semalaman. Tujuannya agar terjadi reaksi kimia terlebih dahulu.
  • Setelah itu, bersihkan dan cuci hingga bersih.
  1. Ampelas

Siapa sangka ampelas bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi. Selain sebagai alat finishing, permukaan ampelas yang kasar juga bisa berguna untuk mengikis lapisan karat. Cara menggunakan ampelas untuk mengatasi karat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan ampelas yang masih baru.
  • Gosok perabot atau benda yang berkarat dengan ampelas.
  • Jangan tekan terlalu keras ketika proses penggosokkan.
  • Lakukan secara telaten sampai permukaan kembali seperti baru.
Viral :   Cara Memilih Ban Mobil Terbaik Serta Awet Digunakan

Tips Mencegah Besi Tidak Mudah Berkarat

Proses pengaratan memang menyebabkan kerugian yang cukup besar. Tentu saja diperlukan upaya-upaya untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Sebenarnya, prinsip pencegahannya berkaitan erat dengan proteksi dari besi itu sendiri. Selain itu, modifikasi lingkungan, proteksi katodik juga bisa Anda lakukan. Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Modifikasi Lingkungan

Walaupun cara menghilangkan karat pada besi bisa Anda lakukan dengan mudah, upaya pencegahan tentu lebih baik dilakukan. Salah satu yang termudah adalah dengan modifikasi lingkungan.

Oksigen sangat kuat peranannya dalam proses pengaratan. Mengurangi kadar oksigen serta menurunkan kelembapan udara bisa menjadi solusi menghambat proses pengaratan. Anda bisa mengurangi kelembapan tempat penyimpanan perabot besi dengan mendinginkan gudang menggunakan AC.

  1. Modifikasi Besi

Besi murni lebih mudah berkarat daripada besi campuran. Sebaliknya, besi yang memiliki campuran unsur-unsur tertentu lebih tahan terhadap pengaratan. Anda dapat memodifikasi logam, misalnya dengan cara mencampurkan besi dan aloi. Campuran tersebut mengandung sedikit unsur karbon sehingga lebih tahan terhadap karat.

  1. Proteksi Katodik

Besi yang dihubungkan dengan seng akan sukar mengalami korosi. Mengapa demikian? Karena seng mudah teroksidasi dibandingkan dengan besi. Seng akan bereaksi dengan oksigen dan air. Seng karbonat sendiri bermanfaat untuk melindungi logam dari korosi. Percampuran seperti inilah yang disebut dengan proteksi katodik.

  1. Pelapisan

Pelapisan bisa menjadi langkah selanjutnya untuk mengurangi risiko karat. Logam besi yang dilapisi tembaga atau timah lebih terlindung dari korosi. Potensi reduksinya lebih positif dibandingkan besi.

Walaupun demikian, jika lapisannya bocor atau terbuka, besi akan lebih mudah berkarat. Selain menggunakan tembaga atau timah, Anda dapat memilih logam lainnya, misalnyanikel, platina, hingga emas.

Semoga cara menghilangkan karat pada besi yang dibahas di atas bermanfaat dan membuat risiko korosi pada perabot besi Anda bisa dicegah semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk mengecek suhu ruangan dan kebersihan tempat penyimpanan agar potensi karat tidak makin besar.

Kata PencarianCara Membersihkan Karat Pada Besi ,Cara Menghilangkan Karat pada Besi,Membersihkan Karat Pada Besi ,Menghilangkan Karat Besi ,Menghilangkan Karat Di Besi,Menghilangkan Karat Pada Besi