Tips membeli mobil matic bekas

Tips Membeli Mobil Matic Bekas yang Bagus

Tips membeli mobil matic bekas – Memiliki sebuah kendaraan pribadi merupakan impian yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Apalagi jika dilihat dengan kondisi perkotaan besar saat ini yang setiap harinya selalu tak lepas dari kemacetan yang semakin parah, sehingga bnyak orang membeli mobil pribadi untuk sarana transportasi mereka. Dengan seiringnya perkembangan waktu, maka pilihan mobil matic sebagai kendaraan pribadi makin hari semakin meningkat saja untuk peminatnya. Hal ini dikarenakan mobil matic selain mudah dikendarai, faktorkenyamanan dalam berkendara menjadikan salah satu alasan kenapa banyak orang memilih mobil dengan jenis matic ini.

Meski harga yang dimilikinya terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil manual, solusi untuk bisa memiliki mobil matic sebagai kendaraan pribadi dengan cara membeli mobil matic bekas. Meskipun mobil bekas, tak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan mobil matic yang masih bagus dan berkualitas. Pada umumnya membeli mobil matic bekas memang sedikit susah apalagi jika anda tidak mengetahuin tentang dunia otomotif.

Nah, ada baiknya sebelum anda membeli mobil matic bekas. Ada baiknya untuk memahami dulu beberapa tips membeli mobil matic bekas ini

Daftar Isi

Tips Membeli Mobil Matic Bekas yang Bagus

  • Mengecek Oli Matic

Tips membeli mobil matic bekas yang pertama dengan mengecek oli matic. Pastikan saat anda mau membeli mobil matic bekas, terlebih dulu anda mengecek kondisi oli maticnya. Cara mengecek kualiatas oli matic yakni coba nyalakan mobil terlebih dahulu, kemudian posisikan tuas transmisi pada posisi netral. Biarkan dulu mesin bekerja hingga mencapai suhu kerja dan mesin dlam kondisi panas.

Setelah itu cobalah untuk memperhatikan ketinggian dan warna oli maticnya. Jika anda menemukan kondisi warna oli matic yang sudah menghitam, berarti terdapat indikasi kalau oli matic sudah lama tidak diganti atau ada masalah internal didalam transmisinya.

  • Memeriksa Body Transmisi

Tips membeli mobil matic bekas selanjutnya dengan memeriksa kondisi body transmisi apakah terjadi kebocoran atau tidak. Cara mengeceknya dengan meihat apakah terdapat oli atau debu yang bercampur oli atau tidak di bodi transmisi. Jika ada, cobalah periksa dari mana asal rembesan itu, jika rembesannya berasal dari celah blok maka sebaiknya anda menghindari untuk membeli mobil tersebut.

  • Mendengarkan Suara Mesin

Coba dengarkan suara yang dihasilkan mesin mobil matic bekas saat dalam kondisi hidup dan tuas transmisi digeser ke posisi R, D adan lainnya. Pastikanlah agar tidak ada suara suara aneh yangmuncul saat proses perpindahan transmisi.

  • Memeriksa Lampu Indikator

Tips membeli mobil matic bekas selanjutnya dengan memeriksa bagian lampu indikator. Pastikan nyala indikator sama dengan posisi tuas transmisi, dan jangan lupa pastikan juga lampu overdrive menyala saat tombol OD dinyalakan. Intinya pastikan semua lampu lampu indikator didalam mobil menyela dengan baik.

  • Mengecek Kondisi Mesin

Cobalah untuk menyalakan mesin mobil dan pastikan suaranya masih halus dan tidak ada kebocoran apapun. Disarankan untuk tidak membeli mobil matic bekas dengan kondisi masih menggunakan teknologi lama, hal ini karena nantinya anda akan kesusahan saat terjadi kerusakan atau ingin mengganti spare partnya.

  • Test Drive

Setelah anda mengecek semuanya, tips membeli mobil matic bekas yang terakhir yakni dengan melakukan test drive. Dengan menguji kelayakan jalan, anda bisa merasakan apabila terjadi sesuatu keanehan pada mobil matic bekas tersebut.

Viral :   Cara Balik Nama Mobil Dan Mutasi, Syarat dan Biayanya.