Tips Merawat Kopling Mobil

5 Tips Merawat Kopling Mobil yang Benar

Tips Merawat Kopling Mobil – Kopling mobil merupakan salah satu bagian utama mobil manual dan merupakan komponen sangat vital yang berkaitan dengan performa kendaraan mobil anda. Dikarenakan fungsinya yang penting maka membutuhkan perawatan yang signifikan agar performa mobil anda akan tetap berjalan dengan optimal. Apalagi jika mobil anda masih terbilang baru dan jarak tempuhnya masih dibawah 100.00 km. Sekedar untuk diketahui angka tersebut merupakan batasan jarak tempuh yang menandakan jika sistem kopling masih berfungsi normal dan optimal pda jarak tersebut.

hal tersebut tidak akan berlaku jika anda mengendarai mobil dengan cara yang kurang tepat dan medan yang dilalui kendaraan agak berat. Kopling yang ada pada mobil manual terletak antara transmisi dan mesin dan memiliki fungsi untuk memutuskan dan menyambungkan tenaga yang dikeluarkan mesin mobil kebagian rodoa melalu transmisi. Kopling mobil juga memiliki beberapa jenis yang digunakan di kendaraan, diantaranya kopling fluida, kopling gesek dan kopling magnet.

Viral :   Ingin Modifikasi Sigra? Yuk, Cek Beberapa Tips Berikut

Dikarenakan peranan kopling mobil yang sangat penting untuk mobil manual anda, maka sebaiknya anda selalu memperhatikan dan merawat kopling mobil anda dengan benar agar mobil anda akan tetap nyaman digunakan serta keamanan berkendara anda menjadi terjamin.

Tips merawat kopling mobil yang benar 

1. Tips merawat kopling mobil yang pertama yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan pada sistem kopling mobil anda apakah ada kebocoran pada minyak kopling, terutama dibagian bawah kopling. Biasanya bagian ini sering terjadi kebocoran jika anda menginjak pedal kopling terlalu berat.

2. Jangan lupa untuk melalukan pemeriksaan dibagian setelan pedal kopling apakah sudah pas atau belum, terutama mobil yang menggunakan sistem tali kopling. Serta periksa juga setelan tekanan kopling, biasanya kopling yang sudah rusak akan menjadi lebih berat saat ditekan.

3. Tips merawat kopling mobil selanjutnya yakni dengan mengganti seal crankshaft. Jika saat anda melakukan pemeriksaan rutin dan menemukan kebocoran pada oli sambungan transmisi dan mesin, sebaiknya segera lakukakn pergantian seal crankshaft belakang , Jika hal ini anda biarkan terus menurus makan bisa menyebabkan selip pada bagian kopling mobil anda.

Viral :   Rekomendasi Oli Mobil Terbaik untuk Semua Mobil

4. Tips merawat kopling mobil selanjutnya dengan selalu melakukan pemeriksaan rutin pada pedal kopling saat anda melakukan service mobil. Tekanan pada pedal kopling yang berubah menjadi berat pastinya akan sangat mengganggu anda saat mengemudi mobil.

5. Tips merawat kopling mobil yang terakhir yakni dengan menggunakan kopling secara benar sehingga kopling mobil bisa bekerja secara maksimal dan tidak mudah mengalami kerusakan. Cara menggunakan kopling yang benar yakni dengan cara :

  • Selalu menggunakan gigi satu untuk awal menjalankan mobil anda
  • Pada saat menginjak pedal kopling mobil, tekanlah pedal kopling dengan sepenuhnya.
  • Hindari untuk meletakan kaki anda di pedal kopling secara terus menerus.
  • Gunakan handrem atau rem tangan saat mobil anda melaju lambat di jalan tanjakan.
  • Selalu netralkan posisi tuas transmisi mobil saat mobil dalam keadaan berhenti.