5 Tips Penting Merawat Tanki Motor

5 Tips Penting Merawat Tanki Motor Agar tidak Berkarat

Merawat tanki motor – Salah satu masalah yang dihadapi pemilik sepeda motor adalah tanki motor yang berkarat. Akibat tanki motor yang berkarat bisa membuat kinerja mesin akan terganggu dikarenakan penumpukan pada filter bensin atau masuk ke sistem injeksi atau karburator.

Ada beberapa faktor penyebab yang membuat tanki motor berkarat, salah satunya yakni motor terlalu lama disimpan atau tidak dikendarai terutama saat motor disimpan diarea yang terbuka. Hal ini dikarenakan udara dan kelembapan menjadi kondisi yang penting bagi tanki motor, jika bensin yang ada di tanki terlalu lama, uap air ditangki bisa menjadi penyebab timbulnya karat. Hal ini bisa dihindari jika anda merawat tanki motor dengan cara mengkosongkan isi dari tanki motor jika motor anda tidak digunakan dalam jangka lama.

Disadari atau tidak terkadang masalah mesin muncul dikarenakan kita jarang merawat motor dengan baik. Salah satunya ialah tanki motor yang berkarat bisa menyebabkan motor tiba tiba mogok karna sistem pembakarannya tidak sempurna dikarenakan terhambat kotoran atau karat. Oleh karena itu, ada baiknya kita selalu memperhatikan dan merawat tanki motor kita agar terhindar dari karat agar meminimalisir hal hal yang mungkin akan terjadi jika kondisi tanki motor kita berkarat.

Sebelum kita mengetahui 5 Tips Penting Merawat Tanki Motor, ada baiknya kita juga harus mengetahui penyebab tanki motor bisa berkarat :

Viral :   Cara Memilih dan Harga Hidrolik Cuci Mobil untuk Usaha

Penyebab Tanki Motor Bisa Berkarat

  • Tidak Pernah isi Tangki Motor Full

Tanki motor yang tidak pernah terisi penuh bisa mengakibatkan timbulnya karat. Hal ini terjadi lantaran bensi yang ada didalam tanki memiliki sifat menguap. Uap inilah yang menyebabkan karat bisa timbul diruang kosong dalam tanki motor.

Jadi, usahakan agar tanki motor kita selalu di isi penuh. setidaknya dalam 3-4 kali pengisian ada satu pengisian yang mesti di isi penuh atau full tank

  • Tangki Motor Kemasukan Air

Permasalahan ini lebih sering menimpa tanki motor yang terpasang diluar jok motor. Hal ini bisa terjadi karena air bisa masuk ke dalam tanki motor melewati celah dari tutup tanki yang tidak tertutup rapat. Maka dari itu slalu cek dan pastikan tutup tanki motor kita tertutup rapat.

Ada istilah mencegah lebih baik dari mengobati. Sebelum tangki motor kita berkarat, ada baiknya kita lakukan pencegahan dengan rutin merawat tangki motor. Berikut tips merawat tanki motor agar terhindar dari karat :

5 Tips Penting Merawat Tanki Motor Agar tidak Berkarat

1. Selalu Isi Penuh Tangki Bahan Bakar

Tips pertama merawat tanki motor dengan sllalu mengisi penuh bensin ke dalam tanki motor anda. Hal ini bisa meminimalisiri terjadi karat dikarenakan udara merupakan salah satu komponen penyebab karat, terlebih jika bercampur dengan air. Pasalnya air bisa masuk ke dalam tanki motor saat anda mencuci motor atau saat terkena hujan.

Viral :   Perbedaan Antara Knalpot Cha Yang Asli Dan Palsu

2. Hindari meyemprotkan air terlalu kencang ke arah tutup tangki ketika menyuci motor.

Meski anda sudah mengunci rapat tutup tanki motor. Hal ini bisa menjadi sebab kecil dikarenakan walau hanya embun atau resapan kecil, air dapat masuk kedalam tanki motor anda saat mencuci motor.

3. Kuras secara rutin tangki motor

Tips merawat tanki motor selanjutnya dengan cara menguras tanki motor secara rutin. Denganm rutin menguras tanki motor bisa mencegah menumpuknya kotoran yang bisa membuat karat dan mesin tersendat.

4. Hindari membeli bensin di pedagang eceran

Tips merawat tanki motor yang ke empat yakni hindari membeli bensin di pedagang eceran. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, sebab penjual eceran biasanya membeli bensin menggunakan kendaraan bertangki besardan jerigen. Hal inilah yang mungkin anda tidak tau, bisa saja karena kondisi tangki dari penjual tesebut tercampur air saat pemindahan bensin.

5. Isi Bensin dengan Kualitas Baik

Tips merawat tanki motor yang terakhir yakni sebisa mungkin anda selalu memakai dan membeli bensin yang berkualitas baik dengan mengisinya di SPBU yang pastinya terjamin.