Gunakan 6 Aplikasi Ini ! Agar Terbebas Dari Kemacetan

Aplikasi pemantau kemacetan – Salah satu hal yang paling membuat jengkel dan sebal pengendara adalah saat menghadapi situasi kemacetan. Hal ini dikarenakan tersendatnya kendaraan akibat sudah banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang semakin hari semakin membuat jalanan terasa begitu padat.

Terkadang macet juga bisa membuat seseorang pengendara menjadi mudah emosi saat dijalan. Kejadian ini bisa membuat waktu seseorang menjadi sia sia. Ditambah lagi jika sudah menghadapi libur akhir pekan, tentunya akan membuat sangat tidak nyaman jika sudah terjebak didalam kemacetan libur akhir pekan. Kendati demikian, anda tak perlu kawatir karena sebenernya kondisi jalan yang macet bisa anda antisipasi sebelumnya. Caranya dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pemantau kemacetan yang canggih yang sudah tersedia di perangkat smartphone anda untuk melihat kondisi jalanan yang akan anda lalui. Selain itu di aplikasi, anda juga bisa memilih jalan alternatif yang mana bisa menghindarkan anda dari kemacetan yang panjang.

Berikut ini beberapa aplikasi pemantau kemacetan yang bisa anda install di smartphone, tentunya bisa diandalkan untuk membantu anda terhindar dari kemacetan :

6 Aplikasi Pemantau Kemacetan

1. Google Maps

Berbicara google maps, tentunya anda sudah tak asing lagi dengan nama ini. Salah satu aplikasi pemantau kemacetan yang sudah sering digunakan oleh banyak orang saat berkendara ini memiliki fungsi utama sebagai penunjuk jalan dan kemacetan. Hebatnya lagi saat ini google maps hadir dengan fitur tambahan yakni laporan jalan macet karena kecelakaan.

Viral :   Melihat Harga Mobil Honda Mobilio dengan Fasilitas Terbaik

2. Waze

Aplikasi pemantau kemacetan yang satu ini tentunya sudah sangat familiar dikalangan pengendara. Aplikasi dengan tampilan peta digital ini bisa memberikan anda informasi mengenai situasi jalan seperti kemacetan, keberadaan pos polisi, adanya kecelakaan lalu lintas dan alternatif jalan lainnya.

Keunggulan dari aplikasi waze ialah Informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk grafik pada peta digital yang juga bisa digunakan sebagai navigasi petunjuk arah anda dalam perjalanan.

3. Smart Traffic Controller

Aplikasi pemantau kemacetan selanjutnya yaitu aplikasi Smart Traffic Controller yang mana aplikasi ini berguna untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Indonesia. Fungsi utama dari aplikasi ini untuk mencegah penumpukan kendaraan yang berlebih dijalur yang sama. Menariknya lagi, anda dapat berbagi informasi terkait situasi yang terjadi dijalan.

Setiap laporan atau informasi yang diberikan tersebut akan dievaluasi langsung secara otomatis oleh sistem dan dijadikan bahan untuk proses learning sistem. Selain itu, sistem ini juga akan mempelajari pola-pola kemacetan yang ada dengan memantau pergerakan penggunanya secara real time. Fitur statistik kemacetan yang ada pada sistem aplikasi ini bisa membuat anda mengamati kemacetan yang terjadi disekitar anda.

Viral :   Ampuh !!! Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Dengan Mudah

4. JasaMargaLive

Aplikasi yang dibuat oleh jasa marga ini sangat cocok buat anda yang memang sering melewati jalan tol. Pengendara bisa langsung mengetahui kondisi jalan tol secara real time. Informasi yang disajikan oleh aplikasi ini dalam bentuk teks dan juga tampilan video CCTV. Dengan begitu anda bisa langsung mengetahui titik mana saja yang terjadi kemacetan dijalan tol, sehingga anda bisa mencari dan memilih jalur alternatif lainnya.

5. TMC Polda Metro

Aplikasi pemantau kemacetan yang disediakan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya ini bernama TMC Polda Metro. Aplikasi ini dapat memberikan anda informasi seputar kondisi jalan secara real time. Aplikasi ini juga bisa membuat anda seakan memantau jalan melalui kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga. Informasi yang diberikan oleh aplikasi TMC Polda Metro ini terbilang cukup lengkap, anda bisa mengetahui kondisi lalu lintas, demontrasi, kebarakan , kecelakaan dan lainnya.

6. GIS Hubdat

GIS Hubdat merupakan aplikasi pemantau kemacetan yang dibuat oleh Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. GIS Hubdat bisa membantu anda untuk mengetahui posisi kemacetan dijalan dalam bentuk video CCTV. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi lokasi penting yang banyak atau sering dibutuhkan pengguna jalan, seperti masjid, pom bensin , kantor polisi dan atm