Ampuh !!! Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Dengan Mudah

Cara membersihkan blok mesin – Bagi pecinta otomotif pastinya akan selalu menjaga kebersihan bodi motornya. Salah satu yang wajib dibersihkan ialah komponen blok mesin, yang mana blok mesin ini termasuk komponen motor yang paling vital dan terpasang dibagian bawah. Karena terpasangan dibagian bawah dan area mesin nya langsung terekspos tanpa penutup membuat blok mesin akan mudah kotor. Selain mengganggu pandangan, blok mesin yang kotor juga bisa berpotensi karat bila dibiarkan kotor terus.

Nantinya, hal ini justru akan membuat anda lebih susah atau sulit untuk membedakan antara kotoran dan rembesan oli diblok mesin. Selain itu jika ada keretakan pada blok mesin motor, tentu akan tidak terlihat dikarenakan tertutup oleh kotoran yang menempel pada blok mesin. Maka dari itu, ada baiknya mulai dari sekarang anda harus rutin cek dan menjaga blok mesin agar tetap bersih. Cara membersihkan blok mesin juga cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke ketempat pencucian motor.

Viral :   Cara Melepas Aki Mobil Injeksi Yang Benar

Cara Membersihkan Blok Mesin

  • Siapkan peralatan

Cara membersihkan blok mesin yang pertama ialah menyiapkan peralatan yang nantinya akan digunakan untuk keperluan membersihkan blok mesin motor, peralatan yang disiapkan tergolong mudah dan gampang ditemukan disekitaran anda seperti sikat gigi, kuas cat, sabun cuci piring, amplas halus, mangkok plastik dan bensin .

  • Campur bensin dan sabun cuci piring

Campur bensin dengan sabun cuci piring, dan aduk dengan menggunakan kuas cat sampai menyatu. Lalu gunakan alat alat yang sudah dipersiapkan tadi untuk membersihkan blok mesin. Kerak dan noda yang dirasa susah untuk dihilangkan akan dengan mudah dibersihkan.

Selain sabun cuci piring, ada juga beberapa alternatif bahan yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan kotoran terutama kerak yang membandel pada blok mesin. Alternatif bahannya yaitu anda bisa menggunakan cuka untuk mengganti bensin atau bisa juga menggunakan pembersih lantai kamar mandi.

  • Bilas dengan air bersih

Selanjutnya adalah siramlah blok mesin motor anda dengan air bersih. Disarankan untuk menyiram blok mesin dengan kuat, hal ini karena siraman air yang kuat cukup ampuh dan bisa membantu menghanyutkan noda, kerak, dan kotoran yang menempel pada blok mesin motor. Bila masih terdapat kerak atau noda yang membandel, ulangi sekali lagi langkah sebelumnya.

  • Amplas kerak dan noda membandel

Jika anda sudah membersihkan beberapa kali tapi kerak yang ada pada blok mesin susah hilang, cara membersikan blok mesin selanjutnya yaitu anda bisa menggunakan amplas halus dengan ukuran 400 – 100. Dengan menggunakan amplas halus, anda diwajibkan untuk berhati hati dalam menggosoknya. Karena jika anda terlalu kuat saat menggosok blok mesin bisa menyebabkan goresan pada blok mesin.

  • Finishing dengan metal polish

Agar blok mesin anda semakin kinclong, blok mesin yang sudah dibersihkan dapat diolesi metal polish. Caranya juga cukup mudah, dengan menuangkan metal polish ke kain yang kering, kemudian poles seluruh blok mesin secara perlahan dan merata.

Viral :   Persiapan Sebelum Membeli Isuzu Elf Yang sesuai Budgetmu