Lakukan Tips Ini ! Agar Velg Motor Anda Awet

Tips merawat velg motor – Saat ini sudah hampir semua kalangan masyarakat Indonesia memiliki kendaraan roda dua atau sepeda motor. Hal ini dikarenakan selain harganya lebih murah dibandingkan mobil, sepeda motor juga memungkinkan penggunanya bisa menghindar dari macet. Selain itu dengan menggunakan motor, orang orang bisa berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan waktu yng singkat. Namun perlu diperhatikan oleh pengguna motor,hendaknya memperhatikan dan merawat motor dengan baik. Salah satunya yaitu memperhatikan dan merawat velg motor. Velg motor adalah salah satu komponen yang penting dikarenakan velg merupakan tempat untuk memasang ban dan yang mampu membuat motor anda berjalan dengan baik. Maka dari itu demi menjaga kenyamanan dan keselamatan saat berkendara anda diwajibkan untuk merawatnya. Berikut tips merawat velg motor anda agar menjadi lebih awet.

Tips merawat velg motor

1. Mengelap Velg Motor Anda

Tips merawat velg motor yang pertama yaitu dengan mengelap velg motor anda secara rutin, hal ini dikarenakan saat anda menggunakan motor dalam kehidupan sehari hari, pastinya velg motor akan lebih cepat kotor dan ternoda, baik karena debu ataupun lumpur. Dengan begitu selain tampilan motor anda akan terlihat bersih , velg motor juga bisa terhindar dari korosi dan menjadi lebih awet.

Viral :   Cara Cek Pajak Jatim Kendaraan Termudah dan Manfaatnya

2. Mencuci Velg Motor Anda

Hampir kebanyakan pemilik motor hanya mencuci velg motornya sekaligus ketika mencuci motor secara keseluruhan. Sebaiknya anda mulailah mengubah kebiasaan tersebut demi menjaga penampilan serta merawat velg motor. Anda disarankan agar mencuci velg motor setelah berkendara melewati jalan yang kotor dan berlumpur.

3. Hindari Jalan Berlubang

Salah satu penyebab yang sering terjadi yang bisa menyebabkan velg motor cepet rusak adalah jalan berlubang. Maka dari itu mulai dari sekarang cobalah mencari rute alternatif jika dirasa jalan yang akan dilewati kurang bagus atau berlubang. Jika sekiranya rute alternatif tidak ada , sebisa mungkin untuk mengurangi kecepatan motor ketika melewati jalan berlubang. Dengan begitu kondisi velg motor akan tetap aman dan pastinya akan awet dalam pemakaian jangka lama.

Viral :   Cara Melihat Tahun Pembuatan Ban Mobil Dunlop

4. Selalu Cek kondisi Tekanan Udara Pada Ban Motor Anda

Tips merawat velg motor selanjutnya yaitu selalu cek tekanan udara pada ban motor. Ini dikarenkan tekanan udara yang ada pada ban motor anda juga berpengaruh pada velg motor anda. Hal ini dikarenakan jika roda motor membentur saat melewati jalan berlubang dalam kondisi tekanan udara ban motor kurang, maka akan berdampak tidak baik pada velg motor anda. Jadi selalu cek dan pastikan bahwa tekanan udara pada ban motor anda pas sesuai dengan prosedur yang sudah tertulis di buku panduan motor.

5. Memilih Bengkel yang Terpercaya disaat menambal dan mengganti ban 

Yang terakhir untuk tips merawat velg motor anda adalah memilih bengkel yang terpercaya. Terkadang ketika kita mau sekedar menambal ban atau bahkan mengganti ban, kita slalu salah dalam memilih bengkel motor yang terpercaya. Keunggulan dari bengkel motor yang terpercaya selain dari sisi kemampuan yang mumpuni juga untuk tools atau perlengkapan kunci saat melepas ban dari velg nya kumplit dan terjamin kwalitasnya. Jadi disarankan agar memilih bengkel terpercaya untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya goresan atau dent pada velg motor kesayangan anda.