7 Tips Jitu Menghemat BBM Mobil Anda Agar Tidak Boros

Tips menghemat BBM mobil – Seperti yang kita tahu saat ini harga BBM tidaklah murah, bahkan lama kelamaan cendrung akan semakin mahal saja. Terlebih, BBM dengan jenis non subsidi seperti Pertamax. Banyak faktor yang menyebabkan pemakaian BBM pada mobil menjadi boros, salah satunya penggunaan kendaraan yang tidak apik.

Ada baiknya jika berpergian dengan jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, lebih baik berjalan kaki saja. Namun jika memang harus menggunakan mobil, pastikan dalam mengendarainya dengan cara yang tepat agar bisa menghemat BBM agar tidak boros. Lantas, bagaimana cara menghemat BBM mobil agar tidak boros ? Tips berikut bisa menjadi acuan agar kita bisa menghemat BBM Mobil saat mengendarainya.

1. Selalu Cek dan Pastikan Kondisi Mesin Mobil Selalu Prima

Tips menghemat BBM mobil yang pertama yaitu Kodisi mesin mobil yang selalu prima bisa mempengaruhi konsumsi bahar bakar mobil menjadi lebih hemat. Itulah mengapa kita disarankan untuk cek secara rutin kondisi mesin mobil kita. Caranya cukup mudah, setiap kali ingin berkendara, nyalakan mesin dan dengarkan suara yang dihasilkan dari mesin mobil anda. Pada umumnya suara mesin mobil yang normal terdengar halus sesuai dengan jenis mobilnya. Selain itu jangan lupa periksa buku manual kendaraan guna mengetahui kapan mobil harus diservice.

2. Hindari Pengereman Mendadak

Pengereman yang mendadak bukan hanya akan mengikis rem dengan cepat saja, tetapi bisa juga membuat penggunaan BBM menjadi boros, Apalagi jika terlalu banyak mengerem. Hal ini dikarenakan mesin mobil anda akan memulai tarikan dari titik bawah lagi setelah mobil yang kita kendarai melakukan pengereman mendadak. Tentunya ini akan mempengaruhi jumlah pemakain BBM yang harus dibakar. Tips menghemat BBM mobil dengan cara Mengendarai mobil dengan memulai menginjak pedal gas secara perlahan dan bertahap akan menghemat penggunaan BBM Mobil anda.

3. Pilih Bahan Bakar yang Berkualitas

Tips menghemat BBM mobil selanjutnya yaitu gunakanlah BBM dengan oktan yang tinggi. Karena, dengan memilih menggunakan BBM dengan oktan yang tinggi akan memicu penggunaan bahan bakar menjadi lebih sedikit jika dibandingkan dengan BBM dengan oktan yang rendah. Manfaat yang didapat dengan menggunakan BBM dengan oktan yang tinggi yaitu dengan sedikit proses pembakaran sudah bisa menghasilkan pembakaran menjadi sempurna. Walaupun hargan BBM dengan oktan yang tinggi sedikit lebih mahal, dengan menggunakan BBM dengan oktan tinggi akan lebih menghemat pembakaran yang sempurna.

4. Jaga RPM Mesin

Suplai BBM akan semakin banyak terpakai jika putaran mesin mobil terlalu tinggi. Maka dari itu anda disarankan untuk menjaga putaran mesin. Caranya gimana ?, pada umumnya ukuran torsi maksimum mesin mobil berada diangka 2.500 – 3.500 rpm, jadi anda bisa melakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesini ini.

5. Jangan Nyalakan AC jika tidak Dibutuhkan

Penggunaan AC yang bijak juga merupakan tips menghemat BBM mobil anda. AC merupakan komponen yang dijalankan dengan menggunakan tenaga mesin 5 PK, dimana tenaga mesin berguna untuk menjalankan kompressor dan sistem terkait. Jika ac mobil terus menyala selama mobil berjalan , maka secara otomatis penggunaan BBM akan semakin banyak. Disarankan jika anda menyalakan ACmobil, aturlah pada posisi 22 – 23 derajat celcius agar beban mesin bisa sedikit berkurang.

6. Pastikan Ban Memiliki tekanan angin yang cukup

Tekanan angin yang cukup pada ban mobil anda bisa menghemat BBM loh..? Hal ini dikarenakan ban dengan tekanan angin yang cukup akan membuat beban mobil anda menjadi lebih ringan saat melaju, sedangkan jika tekanan angin pada ban mobil anda kurang atau rendah akan membuat beban mobil anda menjadi berat. Beban mobil yang berat akan mempengaruhi kinerja mesin semakin besar agar mobil bisa melaju. Hal inilah yang membuat penggunaan BBM semakin banyak dan boros. Maka dari itu, selalu perhatikan kondisikan tekanan ban sesuai dengan beban yang dibawa atau sesuai dengan kebutuhan agar bisa menghemat BBM mobil anda.

7. Kurangi Beban Berat yang Harus Ditanggung Mobil

Tips menghemat BBM mobil yang terakhir dengan mengurangi beban berat yang ditanggung mobil. Membawa beban berlebih selain bisa merusak kendaraan ternyata bisa juga membuat penggunaan BBM menjadi boros. Hal ini terjadi karena kinerja mesin akan semakin berat sehingga konsumsi BBM pun akan semakin banyak. Perlu diketahui penggunaan BBM akan menambah sekitar 1% disetiap muatan 20 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *