Tips Menjaga dan Merawat Motor Trail

Bagi anda pecinta motor trail yang suka berpetualang atau beraktivitas di medan berat dengan mengendarai motor trail, jangan lupa untuk menjaga dan merawat motor trail anda dan pastikan kesiapan kendaraan menjadi hal mutlak untuk selalu diperhatikan agar tidak mengalami masalah saat anda mengendarainya.

Jenis motor trail disebut sebagai motor yang tangguh dan kuat saat melintasi medan yang berat dibandingkan jenis motor lainnya. Hal inilah yang terjadi pada kebanyakan pemilik motor trail terkadang membiarkan motor kesayangannya tanpa diservice, padahal walaupun tangguh dan kuat motor trail membutuhkan perawatan yang memadai agar tidak cepat rusak. Motor yang kuat bukan berarti tidak akan rusak bukan? Maka dari itu apapun jenis motornya tetap membutuhkan perawatan.

Berikut Tips menjaga dan merawat Motor Jenis Trail, supaya selalu terlihat tangguh dan tidak cepat rusak

Kebersihan Motor

Bagi pecinta motor trail disarankan untuk menjaga kebersihan motor anda, apalagi setelah digunakan di medan yang berlumpur. Hal ini wajib dilakukan agar menghindarkan motor anda dari karat akibat kotoran lumpur maupun air hujan.

Perhatikan dan Cek Onderdil

Jangan lupa selalu mengecheck motor anda setelah atau sebelum digunakan untuk menaklukan medan medan dijalan, terutama pada bagian kabel kopling, seher atau piston, silinder head, upside down , karburator dll. Hal ini bertujuan agar tenaga pada motor anda tidak berkurang saat digunakan.

Baca Juga  Pilih Motor KTM Trail Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan

Cek Rantai Motor Trail

Sehabis menggunakan motor trail, jangan lupa untuk cek kondisi rantai motor anda dan memberikan pelumas atau oli agar rantai tidak aus. Hal ini jangan sampai terlewatkan karena bisa berimbas atau berdampak pada kelancaran saat menggunakan motor tersebut. Selain itu ketegangan rantai juga patut di cek, jika kendor langsung saja dikencangkan. Selain demi menjaga kenyamanan saat mengendarainya, harga rantai juga terbilang lumayan mahal, jadi pastikan anda merawatnya dengan benar agar awet.

Periksa Kampas Rem dan Kopling

Kedua bagian ini sangat penting dikarenakan kampas rem dan kampas kopling terkadang bisa habis setelah digunakan dalam satu kali race saja.

Periksa Bagian Kabel

Hal yang paling utama yang harus diperiksa adalah kabel yang terdapat pada bagian CDI maupun kabel gas

Periksa Air Radiator dan Oli

Selalu cek ketinggian air radiator pada motor trail anda dengan cara membuka tutup radiator, jika airnya kurang langsung saja ditambahkan dengan air radiator. Kemudia cek juga level oli mesinnya. Terkadang setelah dipakai offroad dalam jangka yang cukup lama , bisa saja oli mesin mengalami pengurangan dikarenakan pemuaian atau kebocoran yang halus.

Cek Kesesuaian Mur dan Baut

Ada kalanya mur dan baut motor setelah digeber di jalur offroad seringkali mengalami kendor. Hal kecil ini jangan sampai terlewatkan dikarenakan akan jadi masalah besar ketika ada masalah pada motor dijalur offroad, bisa saja seperti kehilangan baut atau mur yang kendor. Maka dari itu selalu pastikan kondisi mur dan baut terpasangan sesuai torque nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *