Cara bersihkan mesin mobil

Aman Dan Sederhana. Inilah Cara Bersihkan Mesin Mobil Sendiri

Banyak orang yang memiliki mobil jarang membersihkan ruang mesinnya. Faktanya, ruang mesin adalah tempat yang mudah berdebu. Cara bersihkan mesin mobil pun tidak boleh dilakukan serampangan.

Sebab, bagian ruang mesin ini terdapat berbagai komponen mesin dan kelistrikan. Jika dibersihkan seperti halnya membersihkan bodi mobil yakni dengan cara disemprot air maka akan memungkinkan terjadi korsleting.

Komponen listrik pada mesin ini memang cukup berbahaya dan sensitif maka dari itu untuk membersihkannya pun ada teknik khusus. Bagi Anda yang memiliki dana lebih dapat langsung membawa mobil Anda ke detailing. Namun bagaimana jika ingin menghemat pengeluaran? Tentu saja harus dilakukan sendiri di rumah.

Cara Bersihkan Mesin Mobil yang Benar

Seperti yang disinggung diatas bahwa ruang mesin adalah bagian yang sensitif karena terdapat berbagai komponen listrik mesin di dalamnya. Untuk membersihkannya pun harus hati-hati dan perlu mengetahui fungsi kabel dan mesin tersebut.

Bagi Anda yang ingin menghemat biaya pengeluaran, bisa mengikuti cara bersihkan mesin mobil dibawah ini.

  1. Perhatikan Bagian Kelistrikan Mesin

Bagian listrik mesin adalah paling penting dan berbahaya ketika membersihkan ruangan mesin tersebut. Sebaiknya, untuk membersihkan ruang mesin perlu Anda nyalakan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan, apabila terdapat kerak maka kerak tersebut akan lebih mudah lepas.

Viral :   Tips Touring Motor dengan Baik untuk Pemula

Untuk akan membersihkan mesin memang seharusnya dilakukan di saat kondisi masih hangat. Jika kondisi mesin dingin sebaiknya panaskan mobil terlebih dahulu setidaknya selama satu menit.

Dengan memanaskan mobil ini, Anda juga akan mengetahui bagian listrik yang mengelupas. Sehingga lindungi terlebih dahulu melilitkan plester khusus listrik bertujuan untuk mencegah korsleting

  1. Matikan Aliran Listrik

Untuk membersihkan ruang mesin maka matikan terlebih dahulu sistem kelistrikan pada mesin tersebut. Caranya, copot kabel aki sehingga memutus semua aliran listrik pada mobil tersebut.

  1. Lepas Aki Atau Baterai Mobil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan ruang mesin adalah mengangkat baterai atau aki mobil.

  1. Gunakan Engine Degreaser

Bersihkan kotoran yang menempel menggunakan sikat dan sedangkan untuk membersihkan celah-celah mesin maka gunakan engine degreaser. Untuk membersihkan bagian celah maka gunakan kuas atau sikat kecil

  1. Gunakan Campuran Air dan Detergen

Perlu diwaspadai ketika Anda menggunakan campuran air dan detergen adalah alangkah baiknya untuk mengoleskannya per bagian. Setelah dioleskan maka segera bilas per bagian kemudian lakukan di tempat yang lain. Hal ini bertujuan agar detergen tidak mengering yang justru dapat meninggalkan kerak pada mesin.

  1. Bilas Dengan Air Bersih

Untuk membilas bagian yang dibersihkan tersebut sebaiknya semprot dengan tekanan kecil. Dilarang untuk menggunakan tekanan keras yang justru menimbulkan genangan  atau bahkan bisa menyebabkan komponen mesin terkena air yang nantinya dapat menimbulkan korsleting.

  1. Keringkan

Gunakan lap khusus untuk mengeringkan bagian ruang mesin tersebut sehingga bagian ruang mesin tidak kembali kotor. Sebaiknya gunakan lap microfiber yang memiliki permukaan yang halus.

Viral :   Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Cara Merawat Mesin agar Tetap Awet

Selain cara bersihkan mesin mobil, tidak ada salahnya untuk menjaga mobil tersebut dapat awet digunakan.

Yang pertama adalah mengganti oli sesuai dengan waktunya. Apabila terlambat mengganti oli dapat menyebabkan masalah lain pada mesin mobil seperti mobil panas.

Kedua, isi air radiator dengan coolant liquid agar kondisi mesin tetap stabil ketika perjalanan jauh. Dengan mengisi rutin maka Anda tahu kondisi radiator mesin mobil Anda bocor atau tidak.

Cara ketiga adalah dengan rutin memanaskan mobil. Perawatan ini adalah yang paling dasar untuk menjaga performa mobil tetap stabil. Terakhir, bersihkan mobil secara rutin. Untuk menjaga tampilan mobil maka cuci mobil secara rutin. Perlu diketahui, cara bersihkan mesin mobil ini juga dapat mencegah karat pada mobil tersebut.