Cara Mudah Merawat Interior Mobil Mewah

5 Cara Merawat Interior Mobil Mewah

Bagi sebuah mobil, interior menjadi bagian yang sangat penting karena nyaman atau tidaknya yang dirasakan oleh penumpang ditentukan saat berada di dalam mobil. Interior mobil mewah memiliki pencahayaan ambient yang hangat, kabin mewah, menggunakan material berkualitas, serta konektivitas dan fitur keamanan yang baik.

Karena itulah, para produsen mobil mewah terus berinovasi untuk menghadirkan interior yang nyaman dan menawan.

Bagian Interior Mobil yang Harus Dirawat

Tidak hanya penampilan luar dan mesinnya saja  yang harus dirawat, bagian lainnya yang perlu dirawat adalah interior mobil. Kondisi interior yang baik akan membuat kendaraan nyaman selama perjalanan. Untuk menjaga kenyamanan berkendara, berikut beberapa bagian interior mobil mewah yang harus dirawat.

  1. Karpet

Pada umumnya, jenis kotoran seperti debu, tanah, pasir dan sebagainya yang terbawa oleh alas kaki akan tersimpan di karpet.

Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu melepaskan dan mencuci lapisan alas kaki yang terbuat dari karet dengan sabun, disikat lalu dikeringkan. Sementara untuk karpet, Anda bisa membersihkannya dengan penyedot debu.

  1. Dashboard

Salah satu interior mobil mewah yang mudah terlihat kusam dan kotor adalah dashboard. Oleh karena itu, bagian ini perlu dibersihkan secara rutin. Pastikan untuk membuat dashboard selalu bersih agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

  1. Jok

Jok juga salah satu bagian interior yang mudah kotor dan kusam. Kotoran akan mudah menempel dan tak jarang akan meninggalkan noda yang membandel. Cara mudah untuk menjaga kebersihan jok adalah melapisinya dengan seat cover.

  1. Plafon

Plafon atau atap termasuk salah satu bagian dalam mobil yang jarang diperhatikan dari segi kebersihannya. Meskipun begitu, plafon sangat perlu dibersihkan supaya tidak terlihat kusam.

Viral :   Cara Tune up Pada Motor dan Biaya Keseluruhannya

Cara Mudah Merawat Interior Mobil Mewah

Mengingat harganya yang jauh di atas mobil-mobil pada umumnya, membuat mobil mewah harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya agar tidak kehilangan kesan mewahnya.

Mungkin Anda akan berfikir bahwa merawat mobil mewah susah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Well, ada benarnya juga, tetapi ada beberapa bagian interior yang dapat dirawat dengan mudah. Simak ulasannya dibawah ini.

  1. Jok Mobil Harus Dirawat Sesuai Materialnya

Jenis jok di setiap mobil pasti berbeda-beda. Dan dari situ biasanya banyak melakukan kesalahan dalam membersihkannya. Sebelum membersihkan jok, ada baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu jok mobil Anda terbuat dari material apa.

Misalnya, Anda bisa membersihkan dengan cairan pembersih khusus fabric apabila jok terbuat dari fabric atau kain. Jika terbuat dari kulit, dapat dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

  1. Lapisi Lantai Mobil dengan Alas yang Mudah Dibersihkan

Alas mobil, selain untuk mempercantik tampilan, juga untuk mempermudah membersihkan bagian bawah kabin. Disarankan untuk menggunakan alas mobil yang terbuat dari karet sintetis agar lebih efisien. Membersihkannya cukup menggunakan alat penyedot debu.

  1. Bersihkan Plafon dan Dasbor Mobil

Bagian atap mobil seringkali terlewatkan, padahal bagian ini mudah sekali menjamur. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sampo khusus pembersih interior mobil. Caranya adalah, semprotkan cairan pembersih ke seluruh permukaan plafon kemudian seka secara perlahan menggunakan lap microfiber.

Viral :   Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Untuk dashboard, Anda bisa membersihkannya dengan kemoceng atau kain lap. Tidak perlu keras-keras saat menggosok agar dashboard tidak baret.

  1. Bersihkan Kaca Jendela Bagian Dalam

Kaca jendela bagian dalam juga perlu dibersihkan. Untuk membersihkannya, gunakan cairan pembersih kaca dan lap yang lembut. Disarankan untuk menggunakan pembersih kaca yang sesuai dengan jenis kaca mobil Anda.

  1. Pasang Penyegar Udara

Setelah semua bagian dibersihkan, langkah terakhir adalah menyemprotkan penyegar udara atau memasang car air fresher pada dashboard mobil.

Itulah bagian interior mobil mewah yang harus dibersihkan dan cara membersihkannya. Rajinlah membersihkan bagian dalam mobil, karena kabin yang bersih akan membuat pengendara nyaman dan betah.