Mau Pasang Kaca Film Mobil, Berikut Cara yang Benar

Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan roda  adalah penggunaan kaca film pada mobil. Jika Anda menginginkan kesan estetik, pasang kaca film mobil.

Kaca film dipasang dengan tujuan untuk mengurangi intensitas cahaya, dan penggunaan kaca film yang lebih terang dipercaya akan lebih aman dari tindakan kriminal.

Kegelapan Ideal Kaca Film

Jangan asal pasang kaca film mobil, ketahui dulu berapa persen ideal kegelapan kaca. Mengenai kegelapan kaca yang tepat dari kaca depan, samping dan belakang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ulasan mengenai besaran kegelapan untuk pemasang kaca film pada mobil.

  1. Kaca Depan

Untuk alasan keselamatan, kegelapan ideal kaca film untuk kaca bagian depan hanya dianjurkan 20 persen saja. Namun, jika 20 persen dirasa masih terlalu terang, usahakan kegelapan tidak lebih dari 40 persen.

Kelebihan memakai kegelapan 40 persen tidak akan terlalu silau pada malam hari dan dapat mengurangi silau lampu kendaraan dari arah berlawanan.

  1. Kaca Samping Kanan Kiri

Pasang kaca film mobil di kaca kanan kiri pengemudi harus disesuaikan dengan kegelapan di kaca depan. Jangan memasang kaca film terlalu gelap di sisi kanan dan kiri. Alasannya adalah jika kaca depan lebih terang sedangkan kaca samping lebih gelap, mata akan butuh waktu lama untuk menangkap bayangan di spion.

Viral :   Tips Sederhana Membuat Miniatur Bus yang Mudah

Aturannya begini, jika kegelapan kaca depan 20 persen maka samping kanan dan kiri cukup 40 persen. Sedangkan apabila kaca depan menggunakan 40 persen maka sisi kanan dan kiri cukup 60 persen saja.

  1. Kaca Belakang

Apabila spion tengah kabin dilengkapi dengan rayben mode, maka bisa menggunakan kegelapan 20 atau 40 persen untuk kaca belakang.

Akan tetapi jika tidak terdapat rayben mode, lebih baik pakai 60 persen untuk menghindari silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita lewat spion tengah. Jangan menggunakan 80 persen karena akan menyulitkan berjalan mundur apalagi di malam hari.

4 Cara Pasang  Kaca Film Mobil yang Benar

Sebelum membeli kaca film mobil, ketahui dulu jenis-jenisnya dan kegelapan yang pas untuk kaca mobil Anda agar nyaman dan aman saat berkendara. Lalu, bagaimana cara memasang kaca film mobil? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Bersihkan Kaca dan Sekat Pegangan

Pertama-tama bersihkan seluruh bagian kaca yang akan dipasangi film menggunakan cairan pembersih dan kain lembut agar semua kotoran terangkat. Bersihkan juga bagian pinggiran, sekat kaca dan di sela wiper untuk kaca belakang.

  1. Ukur dan Potong Sesuai Kebutuhan

Lakukan pengukuran yang tepat dengan cara membentangkan film tepat di atas kaca dengan posisi permukaan berperekat pada bagian atas. Setelah diletakkan pada posisi yang pas, lalu potong dengan cutter atau pisau tajam.

Viral :   Tips Memilih Toko Aksesoris Mobil Berkualitas Terpercaya

Ada baiknya lebihkan 2-3 cm pada setiap sisi atau sudut untung menghindari salah ukur akibat adanya lekukan yang tak disangka.

  1. Semprot dengan Cairan Khusus

Semprotkan cairan (air sabun) secara berkala dan terus menerus. Pastikan bagian dalam kaca basah kemudian buka perekat dan tempelkan kaca film perlahan. Anda harus terus menyemprotnya sembari menempel.

Lakukan pemasangan dari bagian bawah ke atas lalu diikuti gerakan menyamping sehingga perekat akan tertempel merata. Berikan sedikit tekanan pada kaca agar seluruh permukaan tertempel dan tidak ada gelembung udara.

  1. Membersihkan Cairan dan Merapikan Bagian Tepi

Cara yang terakhir adalah membersihkan seluruh cairan yang digunakan saat pemasangan menggunakan kain lembut. Kemudian rapikan bagian tepi yang disisakan 2cm tadi.

Itulah cara memasang kaca film mobil yang benar. Apabila Anda kesulitan untuk memasangnya, sebaiknya dibawa ke bengkel atau profesional. Pastikan untuk pasang kaca film mobil sesuai dengan kegelapan yang telah disarankan.