Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil yang Baik dan Benar

Tidak perlu lagi pusing mencari contoh kwitansi jual beli mobil yang baik dan benar. Karena sekarang semua informasi bisa didapatkan dengan mudah di internet. Tapi bukan berarti semua yang didapat di internet adalah benar. Semuanya harus disaring terlebih dahulu supaya menghindari informasi yang salah.

Hal tersebut sangat penting karena kwitansi merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan sewaktu transaksi.

Dokumen ini dibutuhkan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan, pemalsuan dan sebagainya. Sebab kwitansi terutama yang bermaterai memiliki nilai hukum sehingga bisa dipertanggung jawabkan kedua belah pihak yang bertransaksi.

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Yang Baik Dan Benar

Banyak orang yang masih melakukan kesalahan dalam hal membuat kwitansi jual beli. Padahal dengan adanya kesalahan pada kwitansi tersebut, nilai hukum dari kwitansi menjadi tidak berlaku.

Dengan begitu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka kwitansi tersebut tidak bisa dijadikan bukti yang sah di mata hukum. Untuk menghindarinya, maka perlu memperhatikan hal berikut.

  • Menyiapkan Bahan Untuk Membuat Kwitansi

Sebelum membuat kwitansi, maka yang perlu dilakukan terlebuh dahulu adalah bahan untuk membuat kwitansi tersebut. Perlu diperhatikan untuk untuk memilih bahan yang tepat supaya kwitansi tersebut valid.

Viral :   Ini Dia Tips Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan

Namun, tidak perlu khawatir, sudah banyak toko yang menjual kwitansi dengan merk kiky dan sebagainya. Selain itu, yang perlu disiapkan adalah materai 6000 dan bolpoin berwarna hitam.

  • Penulisan Kwitansi

Jika semua bahan sudah siap, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menulis kwitansi. Tahap yang satu ini perlu diperhatikan karena merupakan tahap yang sangat penting.

Perhatikan format penulisan kwitansi dan sebisa mungkin hindari koreksi. Ada beberapa kolom pengisian dalam kwitansi yang berisikan nomor, telah diterima dari, uang sebanyak, guna membayar, terbilang dan kolom tanda tangan.

Baca Juga : Beginilah Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas yang Paling Benar

Kolom pertama yang diisi adalah pada baris “telah diterima dari”. Kolom ini diisi dengan nama pembeli yang sesuai dengan nama yang tertera di KTP, SIM atau paspor.

Pastikan juga tidak ada kesalahan pada penulisan gelar yang dimiliki oleh pembeli. Jangan sampai tercoret atau menggunakan corrector karena kesalahan dalam penulisan.

Yang kedua, contoh kwitansi jual beli mobil yang benar adalah dengan mengisi kolom “uang sejumlah”. Dalam mengisi kolom ini, pastikan menulinya dengan menggunakan huruf kapital dan bukannya menggunakan angka. Seperti menuliskan Rp150.000.000 dengan tulisan “SERATUS LIMA PULUH JUTA”.

Kolom selanjutnya yang perlu diisi adalah kolom “untuk pembayaran”. Kolom yang satu ini harus diperhatikan benar karena diisi dengan objek penjualan secara detail. Isi dari kolom ini termasuk merk, warna, tahun, nomor polisi, nomor rangka dan juga nomor mesin.

Viral :   Tips Mudah Cara Merawat Karet Pintu Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Selanjutnya adalah dengan membubuhkan lokasi dan tanggal transaksi. Contoh kwitansi jual beli mobil yang benar adalah dengan membubuhkan lokasi dan tanggal di sebelah kanan bawah tepat di atas tanda tangan.

Kemudian, isilah kolom “uang sejumlah” di pojok kiri bawah dengan nominal angka dan bukannya huruf seperti Rp150.000.000.

Yang terakhir adalah dengan membubuhkan tanda tangan. Letak kolom tanda tangan berada di bawah kolom lokasi dan tanggal. Tapi sebelum itu, yang perlu dilakukan adalah menempelkan materai 6000 untuk nantinya sebagian ditutupi dengan tangan.

Jika materai sudah tertempel, hal selanjutnya yang dilakukan adalah membubuhkan tanda tangan dengan sedikit bagian mengenai materai.

Masih pada kolom tanda tangan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menuliskan nama penjual di bawah tanda tangan. Pastikan nama tersebut sesuai dengan nama yang tertera di KTP, SIM ataupun paspor. Jika sudah, berati langkah-langkah contoh kwitansi jual beli mobil yang baik dan benar sudah selesai dilakukan.

Kata PencarianContoh Kwitansi Jual Beli Mobil ,Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas ,Contoh Kwitansi Pembelian Mobil ,Kwitansi Jual Beli Mobil ,Kwitansi Jual Beli Mobil Untuk Balik Nama ,Kwitansi Pembelian Mobil ,Kwitansi Penjualan Mobil