Salah Satu Cara Kita Berhemat Bahan Bakar Adalah Berikut Ini!

Semakin meningkatnya penggunaan minyak atau bahan bakar membuat bahan bakar tersebut semakin menipis. Maka dari itu, salah satu cara kita berhemat bahan bakar adalah dengan berbagai macam seperti yang akan dibahas dibawah ini.

Bahkan untuk otomotif sendiri, penggunaan bahan bakar mulai dibatasi dan beralih pada penggunaan listrik sebagai dapur pacunya. Meskipun demikian, masih banyak kendaraan yang menggunakan bahan bakar untuk dapat melajukan kendaraannya tersebut.

Salah Satu Cara Kita Berhemat Bahan Bakar Adalah Dengan Cara Ini!

Bahan bakar adalah sumber daya alam yang memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan terlebih bagi otomotif. Semakin menipisnya bahan bakar maka dibutuhkan cara untuk menghemat penggunaannya.

Salah satu cara kita berhemat bahan bakar adalah sebagai berikut:

Baca juga : Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Baru

  1. Pertahankan Kecepatan

Untuk menghemat bahan bakar maka untuk mempertahankan kecepatan pada putaran yang ekonomis. Putaran yang ekonomis adalah putaran yang bisa terdapat pada mesin di 2.000 hingga 2.500 rpm. Sedangkan pada mesin diesel, putaran ekonomis ini biasanya terdapat pada 1.000 hingga 1.500 rpm

  1. Bawa Barang Seperlunya

Pasalnya beban bobot pada mobil juga berpengaruh pada bahan bakar yang akan dihabiskan. Hal ini dikarenakan mesin harus bekerja lebih ekstra yang mana mobil membawa beban berlebih. Sebaiknya kosongkan bagasi dan bawa barang yang Anda perlukan saja

  1. Gunakan AC Seperlunya

Faktanya, menyalakan AC juga bisa memicu bahan bakar cepat habis. Anda harus menyalakan AC ini dengan bijaksana. Anda dapat menyalakan AC apabila kondisi luar benar-benar panas sedangkan jika kondisi luar sejuk sebaiknya matikan AC.

  1. Tekanan Ban

Anda harus memperhatikan tekanan ban secara berkala. Sebab, jika tekanan udara pada ban rendah maka membuat ban terlihat lebih datar. Hal ini menyebabkan ban tersebut akan lebih mudah bergesekan dengan aspal.

Viral :   Cara Beli Mobil Kredit Tanpa Riba Lengkap Disini!

Dengan posisi ini, secara tidak langsung mesin akan bekerja lebih ekstra untuk melajukan mobil. Alhasil bahan bakar pun juga akan cepat habis karena mesin bekerja lebih keras dari sebelumnya.

  1. Gunakan Oli Yang Sesuai

Penggunaan oli juga dapat mempengaruhi performa mesin pada suatu kendaraan. Jika oli yang dipilih sesuai dengan kebutuhan mesin maka akan meminimalisir adanya gesekan.

Apabila hal tersebut terjadi maka mesin dapat bekerja dengan optimal dan stabil. Sehingga akan meminimalisir penggunaan bahar bakar yang berlebih.

  1. Hindari Pengereman dan Akselerasi Yang Tidak Penting

Akselerasi yang berlebihan dan penggunaan rem yang sering ternyata juga berpengaruh pada bahan bakar. Hal ini dikarenakan mesin akan bekerja lebih ekstra untuk menghasilkan kecepatan yang tidak stabil tersebut. Maka dari itu, sebaiknya berkendara dengan kecepatan stabil dan pengeraman seperlunya jika dibutuhkan.

  1. Merawat Mesin

Kadangkala komponen mesin yang sudah aus juga menjadi masalah alasan bahan bakar cepat habis. Maka dari itu, rawat komponen mesin Anda secara berkala untuk menghindari kerusakan serta boros bbm.

Viral :   Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit Mudah & Cepat

Baca juga : Tips Memilih Produk Asuransi Motor Syariah Terbaik 2021

Salah Satu Cara Kita Hemat Bahan Bakar Adalah Penting Untuk Motor Injeksi

Bagi Anda yang menggunakan motor injeksi maka penting sekali memperhatikan masalah bahan bakar. Meskipun motor injeksi dikenal sebagai motor yang hemat bahan bakar namun dapat mengalami masalah yang cukup fatal.

Bahan bakar habis memang tidak berdampak langsung pada mesin namun jika hal ini sering terjadi maka juga akan menimbulkan masalah lain. Pasalnya, motor injeksi menggunakan bahan bakar dengan memompa dinamo sehingga bahan bakar tersebut dijadikan pula sebagai pendingin.

Apabila bahan bakar selalu habis maka kondisi dan performa mesin pun akan berkurang. Dan apabila hal tersebut sering terjadi maka mau tidak mau fuel pump harus diganti dengan yang baru.

Maka dari itu, salah satu cara kita berhemat bahan bakar adalah selalu memperhatikan kondisi dan performa mesin.