velg racing mobil

Tips Memilih Velg Racing Mobil yang Tepat

Memilih velg racing mobil tidak boleh asal comot. Alasannya karena harus disesuaikan dengan kapasitas mobil dan juga ukuran roda. Kegiatan modifikasi tidak hanya dapat dilakukan pada sepeda motor saja, namun juga banyak dilakukan pada mobil kesayangan mereka.

Tampilan yang akan kelihatan dengan jelas saat mobil dimodifikasi yaitu pada velg. Velg mobil merupakan komponen yang penting dan berhubungan langsung dengan kinerjanya. Oleh karena itu, saat akan dilakukan modifikasi pada bagian ini, maka harus dipikirkan dampaknya ketika memilih.

Memodifikasi kendaraan tidak melulu soal keindahan dan penampilan yang lebih keren saja, namun kinerja dan keselamatan mobil juga perlu dipikirkan.

Tips Memilih Velg Racing Mobil

Memilih velg jenis racing untuk mobil pada dasarnya tidaklah terlalu rumit. Asalkan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda, maka sudah dapat dipilih. Untuk memudahkan saat memilih velg, maka kenalilah terlebih dahulu kebutuhan Anda melakukan modifikasi mobil ini.

  1. Perhatikan Berat Beban

Setiap mobil memiliki berat yang berbeda-beda. Karena hal inilah, maka jenis dan ukuran velg mobil pun juga menyesuaikan keadaan tersebut. Meskipun yang Anda lihat kelihatan sama, namun pada dasarnya setiap mobil ini berbeda.

Untuk itu, saat memilih velg racing untuk kebutuhan modifikasi mobil Anda, maka ketahui terlebih dahulu berapa beban maksimal yang dapat ditahan.

Viral :   Samsat Online Jakarta Berikan Fasilitas Kemudahan Akses

Tidak hanya mempertimbangkan bobot mobil saja, namun juga estimasi beban penumpang dan barang bawaan. Hal ini juga berpengaruh pada kekuatan menahan beban pada velg.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan untuk memprediksi beban berat ini, minta tolonglah keluarga atau teman. Selain itu, juga bisa langsung berkonsultasi pada toko yang Anda datangi.

  1. Ukuran Velg

Ukuran velg racing mobil juga hal penting yang perlu dipertimbangkan saat Anda akan melakukan modifikasi mobil pada bagian ini.

Sebaiknya tidak memilih velg dengan ukuran yang dengan diameter yang terlalu besar. Alasannya karena jika velg terlalu besar akibatnya akan membuat ban berhimpitan dengan fender. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kinerja mobil itu sendiri saat dikendarai.

Jika Anda menginginkan ukuran yang lebih besar, maka pilihlah dengan maksimal 2 inci lebih besar dari velg standar bawaan mobil Anda. Jika lebih besar dari ini, maka akan berisiko. Selain diameter, jarak antara lubang baut juga perlu diperhatikan. Ada mobil yang menggunakan baut velg berjumlah empat, namun ada juga yang berjumlah lima.

  1. Kualitas

Melakukan modifikasi pada bagian velg, bukan berarti Anda menurunkan kualitasnya bukan? Karena harga velg ini beraneka ragam, maka untuk menentukannya Anda dapat mempertimbangkan bagaimana kualitas material dan cara pemrosesannya.

Viral :   Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil Cepat & Mudah

Untuk mengetahui apakah velg racing mobil yang dipilih berkualitas Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu. Cara mengeceknya yaitu dengan menggantungkannya di udara menggunakan karet, kemudian memukulnya secara halus dengan menggunakan obeng.

Bunyi yang keluar setelah dipukul ini dapat sebagai penanda kualitas. Jika bunyi atau dengung yang keluar halus dan bertahan lama, maka dapat dipastikan kualitasnya bagus. Sebaliknya, jika bunyi yang dihasilkan keras dengan degung singkat, maka kualitasnya bisa jadi buruk.

  1. Desain

Desain adalah hal penting saat melakukan modifikasi pada mobil. Seseorang yang menginginkan perubahan pada mobilnya, tentu saja agar terlihat lebih keren dan indah. Oleh karena itu, pastikan saat memilih velg memiliki desain yang unik dan mewakili karakter Anda.

Biasanya penjual juga dapat membantu Anda melakukan pemesanan secara langsung pada pabriknya jika tidak menemukan kesesuaian.

Tidak hanya model, warna velg pun juga dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Untuk urusan warna ini sendiri sebenarnya pihak bengkel dapat melakukan pewarnaan sendiri.

Namun, agar kualitasnya terjaga, maka Anda dapat meminta tolong untuk memesankannya langsung pada pabriknya. Terpenting saat memodifikasi velg racing mobil adalah tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.