nyetir mobil malam hari

5 Tips Aman Nyetir Mobil Malam Hari

Mengemudi merupakan sebuah aktivitas yang dapat dilakukan kapan saja selama 24 jam. Bagi sebagian orang, nyetir mobil malam hari terasa nyaman dan menguntungkan lantaran jalanan yang cenderung lenggang.

Namun, tak sedikit juga yang mengaku malas mengemudi di malam hari lantaran capek karena telah beraktivitas seharian. Masalahnya adalah pada jarak pandang dan fokus mata.

Bahaya Nyetir Mobil Malam Hari

Nyatanya menyetir mobil pada malam hari jauh berisiko daripada menyetir pada pagi atau siang hari. Jarak pandang akan terbatasi karena keadaan yang gelap dan minim penerangan. Belum lagi kondisi tubuh yang mungkin lelah karena telah bekerja seharian. Berikut ini beberapa risiko mengemudi pada malam hari.

  1. Rawan Tindak Kejahatan

Sebenarnya tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja. Namun yang paling sering adalah pada malam hari. Mereka, para penjahat menilai bahwa malam hari merupakan waktu yang pas untuk melancarkan aksinya. Jadi, berhati-hatilah ketika mengemudi pada malam hari.

  1. Ketika Kendaraan Mengalami Masalah Akan Lebih Sulit

Mengemudi pada malam hari berbahaya karena apabila kendaraan mengalami masalah, maka akan lebih sulit dalam mengatasinya. Pasalnya pada malam hari, akan sulit menemukan bengkel yang buka.

  1. Mudah Mengantuk

Bahaya selanjutnya adalah mudah mengantuk. Malam hari merupakan waktu yang ideal untuk seseorang mengistirahatkan tubuhnya. Maka tidak heran jika rasa kantuk menyerang pada malam hari.

  1. Rawan Kecelakaan

Keadaan yang gelap dan minimya pencahayaan akan mempersulit kemampuan mengenali medan. Fokus mata dan jarak pandang yang berkurang menyebabkan nyetir mobil malam hari lebih rawan mengalami kecelakaan.

  1. Mudah Merasa Lelah dan Butuh Konsentrasi Tinggi

Pada malam hari, kondisi jalanan cenderung lenggang dan menyebabkan perasaan monoton pada pengemudi. Hal ini akan membuat kerja otak menurun yang mengakibatkan mudah lelah. Mengemudi pada malam hari juga memerlukan konsentrasi tinggi karena visibilitas mengenali medan menjadi terbatas.

Viral :   Tips Memilih Merk Dempul Mobil yang Bagus

Tips Mengemudi Pada Malam Hari Agar Tetap Aman

Nyetir mobil malam hari nyatanya tidak dapat dihindari, apalagi jika itu memang suatu keharusan atau tuntutan pekerjaan. Anda harus lebih berhati-hati saat mengemudi pada malam hari karena lebih berisiko. Berikut ini tips mengemudi pada malam hari.

  1. Gunakan Headlight dengan Bijak

Headlight merupakan lampu utama yang terpasang pada setiap kendaraan, dimana terdiri dari dua yakni sorot jauh dan sorot rendah yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Sorot jauh bisa digunakan ketika kondisi penerangan minim. Sedangkan sorot rendah dinyalakan apabila ada kendaraan yang mendekat atau sedang mengikuti mobil lain.

  1. Sesuaikan Headlight dan Kaca Spion

Pastikan letak headlight pada mobil sudah tepat. Jangan sampai lampu utama yang menerangi jalan menyilaukan pengemudi lain dari arah berlawanan. Lalu, posisikan spion agak ke bawah untuk menghindari silau dari mobil belakang.

  1. Jaga Kecepatan dan Jarak Ketika Berhenti

Tingkatkan keselamatan Anda dengan menjaga kecepatan dan memberi jarak berhenti yang lumayan aman saat mengemudi pada malam hari.

Viral :   Penyebab Aki Baterai Mobil Cepat Rusak dan Cara Mengatasinya

Saat kondisi sudah gelap, kemampuan mata untuk mengenali suatu benda, penilaian jarak objek, pengenalan warna, dan kemampuan mengawasi sekeliling akan terganggu, maka dari itu buatlan jarak aman dengan mobil di depan Anda.

  1. Waspada dengan Kondisi Sekitar

Ketika mengemudi pada malam hari, Anda harus lebih waspada terhadap objek yang tidak bercahaya seperti hewan dan orang berjalan. Jika Anda lalai, maka risiko kecelakaan akan lebih tinggi.

  1. Pakai Kacamata Anti Reflektif

Masalah yang kerap menyerang pengemudi pada malam hari adalah silau akibat lambu mobil dibelakang apalagi jika lampu mobil tersebut berwarna putih. Untuk mengatasinya, gunakan kacamata anti reflektif yang dapat meredam cahaya agar tidak terlalu silau.

Itulah bahaya yang akan mengintai ketika nyetir mobil malam hari. Untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, Anda dapat mengikuti tips diatas. Jangan lupa untuk selalu hati-hati dan tetap awas saat mengemudi.