Airbag

Begini Cara Mengecek Airbag agar Berfungsi dengan Baik

Airbag atau kantong udara umumnya digunakan untuk meminimalisir cedera apabila terjadi benturan. Kantong udara ini biasanya disematkan jok mobil pada bagian depan. Fungsi kantong udara ini dapat menjamin keamanan dan keselamatan sehingga kondisi mobil pun tetap bagus.

Beberapa jenis mobil telah menyematkan kantong udara ini di bagian bodinya sehingga menjamin seluruh penumpang agar aman dari berbagai benturan seperti pada bagian kepala, leher, organ lainnya.

Cara Mengecek Fungsi Airbag Bekerja Dengan Baik

Sebagian orang bisa memastikan bahwa dengan kantong udara maka risiko cedera akan berkurang. Tahu kah Anda bahwa fitur keselamatan ini dapat tidak berfungsi? Meskipun memiliki fungsi yang sangat penting, kantong udara tidak bisa mengembang karena faktor benturan yang lain.

Kenapa bisa demikian? Kantong udara tidak mengembang ketika terjadi benturan bisa disebabkan karena mobil membentur benda bergerak. Disisi lain, kantong udara yang tidak mengembang juga menjadi salah satu keuntungan bagi mobil.

Kantong yang mengembang justru akan membuat Anda mengeluarkan dana lebih sebab harus melakukan perbaikan dengan biaya yang cukup mahal. Untuk mengetahui airbag ini berfungsi dengan baik atau tidak, maka perhatikan tips-tips dibawah ini!

  1. Pantau Indikator Pada Speedometer

Untuk mengecek kantong udara masih bekerja dengan baik adalah dengan memantau kondisi pada indikator yang terdapat pada instrumen cluster di speedometer. Ketika menyalakan mobil, umumnya indikator ini akan menyalakan lampu terlebih dahulu sekitar 10 detik lebih awal.

Viral :   Cara Balik Nama Mobil Dan Mutasi, Syarat dan Biayanya.

Apabila pada indikator tersebut tidak kunjung menyala maka Anda harus curiga. Kemungkinan terdapat masalah komponen kelistrikan maka sebaiknya untuk membawanya ke bengkel.

Apabila masalah pada indikator ini dibiarkan saja maka bisa membuat bagian lain bermasalah. Seperti halnya pada kantong udara yang dikhawatirkan tidak dapat berfungsi dengan optimal.

  1. Akibat Modifikasi

Untuk memodifikasi mobil sebaiknya juga harus berhati-hati. Tidak semua bagian mobil dapat dimodifikasi terlebih jika dilakukan dengan tangan sendiri. Seperti pada bagian dashboard atau audio pada mobil.

Apabila ingin memodifikasi pada bagian tersebut sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidang tersebut untuk meminimalisir adanya korselet atau masalah serius lainnya.

Sebab, apabila terjadi masalah pada bagian tersebut bisa memungkinkan rangkaian kabel pada kantong udara bermasalah sehingga membuat kantong udara tersebut lumpuh.

  1. Cek Kondisi Aki

Aki memiliki peran penting terhadap kelistrikan pada mobil. Apabila kondisi aki sudah usang dan tidak dapat lagi bekerja maka memungkinkan kantong udara mobil tersebut juga tidak bekerja dengan baik.

Viral :   Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

Petunjuk Penggunaan Airbag Agar Dapat Bekerja Maksimal

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa kantong udara pada mobil memiliki peran yang penting guna keselamatan bagi penumpang di dalamnya apabila terjadi benturan keras.

Tentu saja hal tersebut tidak ingin terjadi pada siapa pun namun kondisi di jalanan tidak ada seorang pun yang tahu. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk mengecek seluruh bagian mobil termasuk kantong udara agar dapat bekerja secara optimal.

Adapun cara kerja kantong udara mobil sebagai berikut:

  • Pengguna tidak boleh memukul area kantong pengaman tersebut berada. Sudah dijelaskan diatas bahwa ketika kantong udara mengembang maka untuk memperbaikinya membutuhkan dana yang cukup banyak.
  • Saat komponen kantong udara bekerja, pengendara tidak boleh menyentuh area vital. Saat kantong udara ini terisi maka akan mengeluarkan suara bising. Kondisi ini membuat beberapa komponen pada mobil mengalami peningkatan suhu.
  • Hindari kantong udara saat meletup. Umumnya, saat kantong udara meletup maka pengendara akan mengalami gangguan pernafasan. Sebagai solusinya maka segera buka kaca jendela.

Dan apabila airbag telah meletus maka segera mungkin untuk meninggalkan mobil dan membersihkan serbuk putih yang keluar saat letupan kantong udara agar tidak terjadi iritasi kulit.