Kawasaki ZX636

Tips Memilih Motor Sport Macam Kawasaki ZX636

Kawasaki Ninja ZX636 merupakan motor sport buatan pabrik asal Jepang yang tergolong mewah. Kemewahan motor Kawasaki ZX636 ini tercermin dari tampilan fisik, teknologi yang digunakan, serta fitur canggih yang berbeda dari motor sport lainnya.

Dengan kemewahan tersebut, tak heran jika motor sport satu ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, yakni Rp292.000.000.

Spesifikasi Kawasaki ZX636

Sebagai motor sport yang dihargai mencapai ratusan juta rupiah, motor Kawasaki Ninja ZX636 memiliki spesifikasi bagus. Tak hanya tampilan fisik, urusan kecepatan dan keunggulan lainnya membuat motor ini layak dipertimbangkan untuk para pecinta otomotif yang ingin memiliki motor sport. Berikut keunggulan Kawasaki Ninja ZX636.

  1. Desain dan Dimensi

Motor sport ini memiliki desain yang sporty di lengkapi dengan body full fairing layaknya Motor GP. Memiliki bobot lebih berat dan lebih tinggi dari Kawasaki Ninja generasi sebelumnya, tidak mengurangi agresivitas dari Kawasaki Ninja ZX636 dalam bermanuver pada kecepatan tinggi.

Motor ini memiliki panjang 2.085 mm dan lebar 705 mm serta tinggi 1.115 mm. Tangki motor ini memiliki daya tampung 17 liter. Desain meruncing di bagian belakang lampunya, menjadi ciri khas dari Kawasaki ZX636 ini .

  1. Performa Mesin

Hadir dengan kapasitas mesin 636 cc , 4 tak silinder bergaris, DOCH 16 klep serta teknologi full injection yang membuat motor ini tetap irit terhadap bahan bakar

Mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 131 PS pada putaran 13500 rpm dan torsi maksimum sebesar 71 Nm pada putaran 11500 rpm menjadikan motor ini banyak digemari. Kecepatan maksimum motor ini mencapai 246 km/jam.

  1. Rangka dan Suspensi

Motor yang memiliki berat 192 kg ini memakai rangka berjenis alumunium backbone. Pada bagian suspensi tersedia 25 pengaturan rebound damping dan fully adjustable spring preload, dan juga sistem pengereman ABS, yang bisa meredam kecepatan motor.

  1. Fitur

Fitur yang paling menonjol adalah fitur Traction Control ( KTRC). Pada fitur ini terdapat 3 tombol traksi pilihan mode. Masing-masing mode menawarkan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kecepatan pengendara.

Tips Memilih Motor Sport

Memilih motor sport tentu saja tidak bisa sembarangan, berikut tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih motor sport.

  1. Nyaman Saat Dikendarai

Kenyamanan adalah kunci utama. Perhatikan ketinggian jok, jarak antara stang ke bodi, dan jarak lipatan kaki ke belakang, pastikan semuanya pas ya. Pilihlah motor yang sesuai postur tubuh, karena jika tidak Anda akan mudah pegal saat berkendara.

  1. Desain yang Pas dengan Kepribadian

Pilih desain modern dan stylish agar Anda lebih terlihat maskulin dan macho. Tapi tidak ada salahnya jika Anda memilih body yang ramping agar bisa nyelip saat macet. Punya motor dengan desain yang oke dan sporty macam Kawasaki ZX636, Anda akan mendapatkan bonus digandrungi para wanita.

  1. Pilih Teknologi dengan Performa Terbaik

Sebelum membeli motor sport Anda harus mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih motor dengan fitur canggih, teknologi terbaru terutama pada bagian mesin. Mesin yang tangguh pastinya akan memiliki performa yang tangguh di segala medan.

  1. Stabil Saat Dipakai Berkendara

Tips terakhir saat memilih motor sport adalah tentang kestabilan. Kestabilan motor saat dipakai berkendara sangat penting, apalagi buat Anda yang suka mengemudi dengan kecepatan tinggi. Jika tidak stabil, akan sangat berisiko tinggi mengalami kecelakaan saat berkendara. Ada baiknya sebelum membeli untuk test drive terlebih dahulu.

Viral :   Jual Ban Mobil Bekas, Berikut Tanda Kelayakannya

Setelah membaca tips ini, semoga Anda tidak bingung dan salah memilih ketika akan membeli motor sport. Motor sport dengan spesifikasi tinggi macam Kawasaki ZX636 memang berharga mahal. Hal tersebut sangat sebanding dengan performa serta fitur canggih yang akan Anda dapatkan.

Mengapa Perawatan Motor Penting?

Sebelum kita masuk ke detail perawatan Kawasaki ZX636, mari kita pahami mengapa perawatan motor secara rutin begitu penting. Seperti halnya tubuh manusia, motor juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap berfungsi dengan baik. Perawatan yang tepat tidak hanya memperpanjang umur motor Anda, tetapi juga memastikan keamanan Anda selama berkendara. Selain itu, motor yang terawat dengan baik cenderung memiliki performa yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Perawatan Kawasaki ZX636 untuk Performa Optimal

1. Pemeriksaan Rutin

Langkah pertama dalam merawat Kawasaki ZX636 Anda adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin secara teratur. Periksa komponen-komponen utama seperti sistem rem, suspensi, lampu, dan ban. Pastikan tidak ada komponen yang aus atau rusak. Pemeriksaan rutin dapat membantu Anda mendeteksi masalah sejak dini sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

2. Penggantian Oli

Penggantian oli secara teratur adalah salah satu langkah paling penting dalam merawat mesin motor. Oli yang kotor atau kualitasnya sudah menurun dapat merusak mesin dan mengurangi performa motor. Pastikan untuk mengganti oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi ZX636.

3. Sistem Pendingin

Kawasaki ZX636 adalah motor sport yang cenderung menghasilkan panas yang tinggi selama berkendara agresif. Oleh karena itu, pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik. Periksa level cairan pendingin dan pastikan tidak ada kebocoran. Bersihkan juga area radiator dari kotoran atau serangga yang dapat menghambat aliran udara.

4. Rantai dan Gir

Rantai yang terlalu kendur atau terlalu kencang dapat memengaruhi kinerja motor dan bahkan membahayakan. Periksa kekencangan rantai secara rutin dan pastikan sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Selain itu, jangan lupa untuk melumasi rantai secara teratur agar tetap lancar.

Viral :   Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

5. Busi dan Filter Udara

Busi yang aus atau kotor dapat mengurangi efisiensi pembakaran dan performa motor. Periksa busi secara berkala dan ganti jika diperlukan. Filter udara juga perlu diperiksa dan dibersihkan atau diganti jika sudah kotor. Udara bersih yang masuk ke mesin akan membantu menjaga performa optimal.

6. Rem dan Ban

Sistem rem yang berfungsi dengan baik adalah kunci keselamatan Anda. Pastikan kampas rem tidak aus dan cairan rem mencukupi. Selain itu, periksa keausan pada ban dan pastikan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

7. Penyimpanan yang Tepat

Jika Anda tidak akan menggunakan Kawasaki ZX636 untuk jangka waktu yang lama, pastikan Anda menyimpannya dengan benar. Isi tangki bahan bakar penuh untuk menghindari kondensasi, dan simpan motor di tempat yang kering dan terlindungi dari elemen cuaca.

8. Pelumas dan Cairan Transmisi

Penting untuk memeriksa dan mengganti pelumas serta cairan transmisi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Transmisi yang berfungsi dengan baik akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih lancar dan responsif. Pastikan Anda menggunakan pelumas dan cairan transmisi yang direkomendasikan oleh pabrikan.

9. Elektronik dan Sistem Listrik

Kawasaki ZX636 dilengkapi dengan teknologi canggih dan sistem elektronik. Pastikan semua sistem ini berfungsi dengan baik, termasuk sistem injeksi bahan bakar, sistem pengapian, dan sistem kontrol lainnya. Periksa kabel-kabel dan sambungan listrik untuk memastikan tidak ada masalah yang dapat memengaruhi kinerja motor.

10. Tampilan dan Estetika

Selain performa, tampilan juga penting bagi banyak pemilik motor. Jaga penampilan Kawasaki ZX636 Anda dengan membersihkan permukaan cat secara rutin dan melindunginya dari sinar matahari langsung atau cuaca ekstrem. Penggunaan pelindung cat atau pernis juga dapat membantu menjaga tampilan motor tetap prima.

11. Perawatan Berkala oleh Ahli

Sementara Anda dapat melakukan banyak perawatan sendiri, tidak ada yang bisa menggantikan perawatan yang dilakukan oleh ahli. Melakukan servis berkala di bengkel resmi atau bengkel otomotif yang terpercaya adalah langkah yang bijak. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk memeriksa dan memperbaiki komponen yang lebih rumit.

12. Berkendara dengan Bijak

Selain perawatan fisik, cara Anda berkendara juga berdampak pada umur dan performa Kawasaki ZX636. Hindari akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba serta perhatikan batasan kecepatan. Berkendara dengan bijak tidak hanya menjaga keselamatan Anda, tetapi juga mengurangi tekanan pada komponen motor.