Jeep Willys

Tips Merawat Jeep Willys Mobil Beken

Tips Merawat Jeep Willys Mobil Beken – Bagi pecinta otomotif, pasti sangat tahu tentang kendaraan berukuran 4×4 ini. Jeep Willys merupakan sebuah mobil produksi perusahaan Amerika, yaitu Overland Motor Company yang saat ini berubah nama menjadi Overland Motors. Kendaraan dengan desain jeep militer ini memiliki sejarah yang sangat panjang.

Pada era Perang Dunia kedua, kendaraan ini sempat menjadi primadona. Jeep asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai kendaraan tangguh sejak dari Perang Dunia II. Bahkan, kendaraan yang pertama kali diciptakan pada tahun 1941 ini menjadi simbol Perang Dunia II. Jeep ini dirancang oleh Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company. Pada awalnya, kendaraan ini merupakan mobil pertama jeep yang dibuat khusus atas permintaan Pemerintah Amerika Serikat untuk digunakan sebagai kendaraan tempur di PD II.

Sebagai mobil tempur, kendaraan ini wajib memiliki daya angkut 272 kilogram, ground clearance kurang dari 914 milimeter, bobotnya 590 kilogram dengan sistem penggerak empat roda. Pada akhirnya, mobil jeep ini mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company. Yang paling banyak diproduksi oleh Willys-Overland dari Toledo, Ohio karena pihak American Bantam Company kesulitan memenuhi jumlah produksi yang diminta AS. Mulai saat itulah, jeep ini mulai diperjual belikan.

Viral :   Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

Daftar Isi

Tips Merawat Jeep Willys Mobil Beken

Meskipun tergolong mobil langka dan sangat susah untuk mencari spare part-nya, kendaraan ini masih tetap banyak peminatnya, salah satunya di Indonesia. Bahkan, terdapat komunitasnya, yakni Willys Owners Indonesia (WOI). Para pencinta jeep langka ini mengaku bangga bisa memilikinya, meskipun untuk merawatnya terbilang agak susah dan membutuhkan perjuangan. Untuk mendapatkan mobil ini sangat susah dan membutuhkan perjuangan karena harus berebut dengan para kolektor yang asalnya bukan hanya dari Indonesia, melainkan seluruh dunia.

Apalagi mobil ini limited edition karena sudah termakan usia, banyak yang hancur saat Perang Dunia II. Hal inilah yang membuat kendaraan ini menjadi rebutan para kolektor dan pencinta otomotif. Meskipun tergolong antik dan tua, mobil ini tetap tangguh saat melintasi medan-medan sulit. Digunakan untuk mobilitas sehari-hari pun, kendaraan ini masih tergolong nyaman dan memberikan kesan unik tersendiri.

Para pencinta kendaraan ini dapat bergabung di klub atau komunitas untuk mempermudah mencari spare part-nya apabila suatu ketika dibutuhkan. Berikut cara merawat Jeep Willys agar tetap awet meskipun jarang digunakan.

  • Perhatikan Kesehatan Mesin

Ketika mobil jeep ini jarang digunakan dan hanya dikendarai pada saat-saat tertentu, sangat penting untuk tetap menjaga performa mesinnya. Hal yang perlu diwaspadai pada situasi ini adalah jeep tiba-tiba bisa ngancing atau macet sendiri mesinnya ketika mulai dioperasikan. Karena itu sangat disarankan untuk memanaskan mesinnya setiap hari, meskipun tidak akan digunakan.

  • Membersihkan Bagian Mobil yang Mudah Berkarat

Hal lain yang perlu dilakukan untuk merawat kendaraan jeep ini adalah membersihkan bagian-bagian yang selama ini rentang berkarat karena kemasukan air, seperti halnya kolong mobil, knalpot, mesin, dan bumper. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi komponen-komponen tersebut tetap kering ketika tidak digunakan. Apabila dibiarkan kotor, hal itu akan berakibat pada performa mobil itu sendiri.

  • Dongkrak Badan Mobil

Perlu juga sesekali jeep didongkrak dengan tujuan untuk mengurangi beban ban agar tidak terlalu lama tertekan badan mobil. Apabila ban terlalu lama dibiarkan tertekan, walau tidak rusak, saat digunakan lagi biasanya berpengaruh pada kenyamanannya. Meskipun onderdilnya susah didapatkan, Anda dianjurkan untuk menggunakan yang orisinal. Apabila Jeep Willys Anda mengalami masalah, pastikan untuk segera membawa kendaraan ini ke bengkel mekanik yang dapat memperbaiki jeep sejenis karena jeep tua dan antik semacam ini tidak bisa sembarangan diotak-atik.

Viral :   Tips Lakukan Spooring Balancing untuk Buat Mobil Lebih Nyaman