Cara Menambal Knalpot Bocor

Tanpa Las Knalpot, Begini Cara Menambal Knalpot Bocor

Mengatasi knalpot yang bocor bisa dilakukan dengan cara menambalnya, salah satunya dengan las knalpot. Hal ini dilakukan untuk menjaga atau mengoptimalkan kinerja mesin motor. Jika kebocoran ini dibiarkan terlalu lama, tenaga mesin kendaraan akan menjadi loyo, meskipun komponen motor lainnya dalam keadaan baik.

Cara menambal kebocoran pada knalpot adalah dengan mengelasnya lebih simpel dan efisien untuk memperbaiki knalpot yang bocor. Tempat las yang harus Anda datangi adalah las karbit, bukan las listrik. Lalu, untuk hasil yang rapi dan optimal, sebaiknya pilih bengkel yang memiliki spesialis untuk mengelas knalpot.

Teknik Las Knalpot

Pengelasan atau welding memiliki bermacam-macam teknik. Teknik tersebut antara lain, las listrik, las argon, MIG welding dan TIG welding. Las knalpot yang paling umum dilakukan adalah teknik pengelasan listrik dan argon.

Las listrik dapat menyatukan pelat tipis seperti bracket tipis dan lainnya. Sedangkan las argon biasa digunakan untuk bracket tebal dan pipa knalpot, di mana hasil dari pengelasan memang akan tebal.

Meskipun hasil las tidak akan terlihat mencolok, pengelasan harus dilakukan dengan rapi agar tidak kehilangan estetika barang terlebih pada knalpot yang bermerek dan berkualitas. Pada kasus ini dilakukan teknik TIG dan MIG welding. Perlu diingat bahwa, pengelasan harus berada di tangan para profesional ya.

MIG atau Metal Inert Gas dilakukan dengan memakai spool kawat pengamanan lalu dibakar sampai leleh dan menempel antara logam dasar dan logam induk. Teknik ini dapat dilakukan di knalpot baja ringan, stainless steel dan aluminum.

Teknik pengelasan lain yakni TIG atau Tungsten Inert Gas. Teknik pengelasan ini lazim digunakan untuk material yang tipis. Kelebihan teknik pengelasan ini adalah mesin dapat diatur kekuatannya agar didapatkan hasil yang diinginkan serta tidak merusak atau membekas pada knalpot.

Cara Menambal Knalpot tanpa Dilas

Ketika knalpot mengalami kebocoran tetapi Anda diamkan berlarut-larut, mesin motor bisa saja mengalami overheat atau panas yang berlebih.

Hal ini terjadi karena mesin tidak bekerja stabil, yang berakibat proses pendinginan pada mesin tidak optimal dan mesin menjadi cepat panas. Jika tidak segera diperbaiki, akn timbul masalah baru pada motor Anda. Berikut ini cara menambal knalpot bocor hanya dengan menggunakan lem.

  1. Lem Dexton Plastik Steel

Cara menambal bocor tanpa las knalpot adalah dengan mengaplikasikan lem merek Dextone Plastik Steel. Lem ini merupakan lem serbaguna yang bisa digunakan untuk kaca, keramik, plastik dan knalpot. Lem ini juga mudah didapatkan.

Untuk menambal knalpot yang bocor, pertama-tama Anda harus menggabungkan kedua pastanya yang berwarna hitam dan putih. Campurkan keduanya dengan perbandingan 1:1. Setelah tercampur merata, oleskan pada knalpot yang bocor. Perlu diingat, jangan terlalu lama dalam pengerjaannya karena lem ini cepat mengeras.

  1. Lem Besi

Lem besi yang dipilih harus yang tahan terhadap suhu tinggi. Cara mengaplikasikan lem besi cukup mudah. Oleskan pada knalpot yang bocor dan ulangi hingga tiga kali agar hasil yang didapat maksimal.

  1. Lem Sealer

Jenis lem ini cukup mudah digunakan karena tidak perlu mencampurkan dua komponen terlebih dahulu. Oleskan lem pada bagian knalpot yang bocor dan pastikan lem merekat secara merata dan diamkan hingga mengering.

  1. Lem Cement Visbella

Satu lagi lem yang dapat digunakan untuk menambal knalpot bocor yakni lem cement visbella. Cara pengaplikasiannya sama seperti lem-lem yang lain. Daya tahan lem ini terhadap panas diklaim hingga mencapai 1.100 derajat celcius. Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menambal knalpot bocor tanpa las knalpot. Jika knalpot Anda menunjukkan tanda-tanda kebocoran segeralah ditambal menggunakan cara yang telah disebutkan diatas.

Viral :   Cara Memperbaiki Cat Mobil Yang Tergores Dalam

 Seal tape aluminum

Untuk menambal knalpot yang bocor tanpa dilas anda bisa memanfaatkan seal tapr alumnium. Bagi anda yang sudah pernah menambal paralatan dapur seperti wajan dan oanji pasti sudah tidak asing lagi dengan perakat yang satu ini. Dengan menggunakan seal tape aluminum yang biasa dipakai di dapur ini juga ampuh menambal knalpot yang bocor.

Aluminium muffler tape

Aluminium muffler tape dari segi bentuknya yang mirip dengan Seal tape aluminum. Namun perkeat ini memang khusus digunakan untuk knalpot. Adapun cara menambalnya juga sama. Anda cukup rekatkan ke bagian yang berlubang saja. Setelah itu, nyalakan kendaraan anda selama kurang lebih 5 hingga 10 menit dan putar gas untuk memastikan apakah kebocorannya sudah tidak terjadi lagi. Jika sudah berhasil, maka suara desis akan hilang dengan sendirinya dan kendaraana anda akan kembali bertenaga seperti semula. Aluminium muffler tape Ini dapat dipakai untuk berbagai macam sepeda motor misanya seperti Yamaha Nmax 155, Honda PCX 150, sepeda motor tua dan bahkan untuk mobil sekalipun.

Perawatan Knalpot Motor Supaya Awet

Setelah mengerti dan mengetahui bagaimana cara menambal knalpot yang bocor tanpa dilas. Ada baiknya anda juga harus memahami bagaimana cperawtan knalpot motor supaya lebih awet. Mengingat knalpot sendiri merupakan komponen yang penting dalam sebuah kendaraan bermotor sehingga perawatannya juga harus dilakukan dengan benar. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa knalpot termasuk bagian yang rawan terkena karat dan keroopos, maka dari itu cara perawatannya wajib betul-betul diperhatikan.

Perlu diingat knalpot yang tidak dirawat dapat menimbulkan masaah pasa pembakaran. Sehingga pembakaran menjadi tidak maksimal. Dibawah ini beberapa perawatan knalpot yang perlu diperhatikan.

  • Bersihkan knalpot setelah terkena hujan

Air hujan yang mengering pada sepeda motor dapat menyebabkan kerak. Ini karena kandungan asam pada air hujan yang cukup tinggi sebab poplusi udara sehingga anda harus membersihkan knalpot motor setelah terkena hujan. Kerak yang timbul karena jarang dibersihkan ini jika dibiarkan terlalu lama akan berkarat. Maka perawatan yang tepat adalah menyiramnya dengan air bersih lalu mengeringkannya. Anda juga bisa menambahkan dengan menyemprotkan cairan anti karat pada knalpot. Jika pada knalpot anda ternyata ada kerak yang membandel, maka gunakan sikat untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Panaskan mesin secukupnya

Dengan memansakanmesin sepeda motor dapat membuat performas kendaraan anda tetap terjaga dalam kondisi yang optimal. Cara ini cukup sangat efektif untuk  motor 4 tak sehingga knalpot tidak mudah menguning atauoun berkarat karena terpapa panas dari mesin. Karena pemanasan motor yang terlalu lama bisa berpengaruh buruk pada motor, maka panaskan mesin seperlunya saja.

  • Periksa bahan pembuatan knalpot

Knalpot dibuat menggunakana bahan-bahan yang berbeda pula. Ada yang terbuat dari bahan chrome yang mudah tergores. Sehingga cara membersihkannya juga harus lembut supaya menghindari goresan yang t erjadi. Namun jika terdapat noda yang membandel, anda bisa gunakan oli bekas untuk membersihkannya.

  • Bersihkan lubang buang

Perawatan knalpot yang baik lainnya ialah denan membersihkan lubang buang pada silencer yaitu bisa dengan menggunakan oli serta mengoleskannya seperlunya saja. Cara ini perlu anda lakukan secara rutin setiap dua bulan sekali untuk mencegah knalpot mengalami kebocran ataupun menjadi keropos di bagian silencer (leher kanlpot). Kebocoran knalpot dapat menyebabkan timbulnya suara buruk, kendaraan menjadi kurang bertenaga dan dampak lainnya. Tentu ini sangat merugikan bukan?

  • Mengoleskan oli di leher knalpot

MEngoleskan oli adalah salah satu perawatan yang paling efektif. Caranya tinggal oleskan oli di bagian leher knalpot jika bagian pipa sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika sudah, selanjutnya nyalakan mesin selama kurang lebih dua menit. Maka oli tersebut akan terserap dan leher knalpot pun akan menajdi lebih bersih dengan mengelupasnya oli yang dipanaskan tersebut.

  • Bersihkan korosi

Korosi dapat terjadi pada knalpot maka dari itu knalpot harus rutin dibersihkan. Cara memberbsihkannya mudah, masukkan sikay yang masih bagus dan kuat dan oleskan detergen pada bagian knalpot yang berkarat atau yang kotor. Sikat dengan perlahan hingga bersih lalu bilas menggunakan air bersih. Jika noda cukup membandel, anda bisa memakai sikat kawat.

  • Gunakan cairan pembersih

Membersihkan knalpot dengan sikat dan detergen tidak selamanya efektif. Untuk itu anda juga bisa mengguanakan cairan portex untuk membasmi korosi maupun karat dengan lebih mudah. Meskipun menggunakan cairan ini sangat mudah efektif, anda tetap harus berhati-hati karena cairan ini dapat membuat warna blok mesin luntur.

  • Periksa adanya kebocoran

Anda dapt memeriksa apakah knalpot anda bocor ataukah tidak dengan memeriksa baut disekeliling knalpot yaitu pastikan knalpot terpasang dengan kencang. Pengecekan ini harus dilakukan secara rutin karena baut yang kendur bisa menimbulkan barbagai masalah, misalnnya seperti suara kenalpot yang lebih bising sehingga membuat bahan bakar jauh lebih boros sebab proses pembakarannya yang tisak sempurna.

  • Bersihkan percikan aspal

Pengunaan kendaraan di jaan raya dapat menimbulkan percikan aspal yang diatandai dengan bercak hitam pada knalpot. Bercak hitam yang baru menempel dapat dengan mudah dibersihkan dengan cairan bensin berkualitas. Caranya adalah dengan mancampurkan bensin tadi dengan minyak tanha dalam perbandingan 1-2. Kemudian oleskan pada bercak hitam di knalpot. Jika sudag, bercak hitam tadi akan hilang secara otomatis. Untuk hasil yang maksmial anda harus melakukannya dengan rutin beberapa kali karena cara yang satu ini ihanya berlaku untuk bercak yang baru saja menempel pada knalpot motor anda.

  • Periksa lubang pembuangan air

Lubang pembuangan air terletak pada bagain bawah silencer dan ada di setiao knalpot sepeda motor. Maka anda perlu memeriksa lubang ini untuk memastikan apakah lubang tersbut tersumbat kotoran ataukah baik-baik saja. Jiks ternyata tersumbat maka segera atasi dengan alat tusuk mungkin seperti kawat, paku atau sebagainya. Perlu diketahui bahwa lubang pembuanagn air yang tersumbat ini maka akses pembuangan air menjadi terhambat sehingga bisa menimbulkan korosi ataupunp karat pada knalpot.

Viral :   Cara Mudah Membuat Knalpot Srigala di Rumah

Cara menambal knalpot bocor tanpa dilas beserta perawtan knalpot suapya lebih awet ini merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan dengan baik oleh pengguna motr sebab bagian ini serniig kali terlupakan. Hal ini tentu semata-mata supaya kondisi kendaraan anda tetap dalam keadaan prima demi menunjang mobilitas anda sehari-hari. Apalagi beberapa langkah diatas dapat anda lakukan sendiri di rumah secara mandiri dan rutin setiiap waktunya. Demikianlah informasi dan penjelasan dari warta oto. com , selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya 🙂