Cara Menambal Knalpot Bocor

Tanpa Las Knalpot, Begini Cara Menambal Knalpot Bocor

Mengatasi knalpot yang bocor bisa dilakukan dengan cara menambalnya, salah satunya dengan las knalpot. Hal ini dilakukan untuk menjaga atau mengoptimalkan kinerja mesin motor. Jika kebocoran ini dibiarkan terlalu lama, tenaga mesin kendaraan akan menjadi loyo, meskipun komponen motor lainnya dalam keadaan baik.

Cara menambal kebocoran pada knalpot adalah dengan mengelasnya lebih simpel dan efisien untuk memperbaiki knalpot yang bocor. Tempat las yang harus Anda datangi adalah las karbit, bukan las listrik. Lalu, untuk hasil yang rapi dan optimal, sebaiknya pilih bengkel yang memiliki spesialis untuk mengelas knalpot.

Teknik Las Knalpot

Pengelasan atau welding memiliki bermacam-macam teknik. Teknik tersebut antara lain, las listrik, las argon, MIG welding dan TIG welding. Las knalpot yang paling umum dilakukan adalah teknik pengelasan listrik dan argon.

Las listrik dapat menyatukan pelat tipis seperti bracket tipis dan lainnya. Sedangkan las argon biasa digunakan untuk bracket tebal dan pipa knalpot, di mana hasil dari pengelasan memang akan tebal.

Meskipun hasil las tidak akan terlihat mencolok, pengelasan harus dilakukan dengan rapi agar tidak kehilangan estetika barang terlebih pada knalpot yang bermerek dan berkualitas. Pada kasus ini dilakukan teknik TIG dan MIG welding. Perlu diingat bahwa, pengelasan harus berada di tangan para profesional ya.

Viral :   Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic

MIG atau Metal Inert Gas dilakukan dengan memakai spool kawat pengamanan lalu dibakar sampai leleh dan menempel antara logam dasar dan logam induk. Teknik ini dapat dilakukan di knalpot baja ringan, stainless steel dan aluminum.

Teknik pengelasan lain yakni TIG atau Tungsten Inert Gas. Teknik pengelasan ini lazim digunakan untuk material yang tipis. Kelebihan teknik pengelasan ini adalah mesin dapat diatur kekuatannya agar didapatkan hasil yang diinginkan serta tidak merusak atau membekas pada knalpot.

Cara Menambal Knalpot tanpa Dilas

Ketika knalpot mengalami kebocoran tetapi Anda diamkan berlarut-larut, mesin motor bisa saja mengalami overheat atau panas yang berlebih.

Hal ini terjadi karena mesin tidak bekerja stabil, yang berakibat proses pendinginan pada mesin tidak optimal dan mesin menjadi cepat panas. Jika tidak segera diperbaiki, akn timbul masalah baru pada motor Anda. Berikut ini cara menambal knalpot bocor hanya dengan menggunakan lem.

  1. Lem Dexton Plastik Steel

Cara menambal bocor tanpa las knalpot adalah dengan mengaplikasikan lem merek Dextone Plastik Steel. Lem ini merupakan lem serbaguna yang bisa digunakan untuk kaca, keramik, plastik dan knalpot. Lem ini juga mudah didapatkan.

Untuk menambal knalpot yang bocor, pertama-tama Anda harus menggabungkan kedua pastanya yang berwarna hitam dan putih. Campurkan keduanya dengan perbandingan 1:1. Setelah tercampur merata, oleskan pada knalpot yang bocor. Perlu diingat, jangan terlalu lama dalam pengerjaannya karena lem ini cepat mengeras.

  1. Lem Besi

Lem besi yang dipilih harus yang tahan terhadap suhu tinggi. Cara mengaplikasikan lem besi cukup mudah. Oleskan pada knalpot yang bocor dan ulangi hingga tiga kali agar hasil yang didapat maksimal.

  1. Lem Sealer

Jenis lem ini cukup mudah digunakan karena tidak perlu mencampurkan dua komponen terlebih dahulu. Oleskan lem pada bagian knalpot yang bocor dan pastikan lem merekat secara merata dan diamkan hingga mengering.

  1. Lem Cement Visbella

Satu lagi lem yang dapat digunakan untuk menambal knalpot bocor yakni lem cement visbella. Cara pengaplikasiannya sama seperti lem-lem yang lain. Daya tahan lem ini terhadap panas diklaim hingga mencapai 1.100 derajat celcius.

Viral :   Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Kamu Perhatikan

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menambal knalpot bocor tanpa las knalpot. Jika knalpot Anda menunjukkan tanda-tanda kebocoran segeralah ditambal menggunakan cara yang telah disebutkan diatas.

Kata Pencarianakalin knalpot bocor tanpa di las,Cara las kenalpot bocor,cara menambal leher knalpot pocor tanpa las,jenis las untuk knalpot,las knalpit,Las knalpot mobil,las listrik untuk kanalpot,metode las knalpot,review lem visbella