tutup knalpot Beat.

Perbaiki Tutup Knalpot Beat yang Baret, Begini Caranya

Pada teknologi mesin motor, knalpot memang sudah digunakan sejak lama karena memang fungsinya untuk menjaga performa motor. Knalpot sendiri memiliki bagian-bagian yang masing-masing bagiannya memiliki fungsi tersendiri, termasuk tutup knalpot Beat.

Komponen motor satu ini berfungsi sebagai saluran pembuangan. Semua jenis kendaraan bermotor pasti memiliki gas sisa dari hasil pembakaran mesin yang nantinya akan dikeluarkan melalui knalpot.

Bagian-Bagian Knalpot Motor

Sebagai pipa saluran pembuangan, knalpot terdiri atas beberapa komponen. Knalpot memiliki komponen utama yang terdiri atas header knalpot, resonator, silencer dan chamber. Berikut penjelasan mengenai bagian-bagian knalpot beserta fungsinya.

  1. Header Knalpot

Header knalpot merupakan bagian yang menghubungkan silinder dengan seluruh bagian knalpot untuk pembuangan gas sisa pembakaran. Header knalpot inilah yang langsung terhubung dengan mesin. Header knalpot pada motor menyesuaikan dengan jumlah silinder.

  1. Resonator Knalpot

Bagian kedua dari knalpot adalah resonator atau biasa disebut dengan saringan knalpot. Resonator pada knalpot berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran pada mesin. Resonator inilah yang akan meredam bunyi dari knalpot agar tidak bising dan memekakkan telinga.

  1. Silencer Knalpot

Silencer knalpot biasanya berada di bagian ujung knalpot yang memiliki fungsi hampir sama seperti resonator yaitu meredam suara. Suara berisik yang dihasilkan oleh mesin motor akan diminimalkan oleh silencer. Pada kendaraan bermotor, silencer juga memiliki saringan yang berfungsi sebagai resonator.

  1. Chamber Knalpot

Bagian terakhir dari knalpot yang dapat dijumpai adalah chamber. Chamber knalpot berfungsi sebagai pemantul gas sisa dari mesin.

Viral :   Cara Connect Bluetooth ke Mobil & Penyebab Bluetooth Tidak Connect

Cara Memperbaiki Tutup Knalpot Beat yang Tergores

Tutup knalpot Honda Beat Anda tergores? Tenang saja, masih bisa diperbaiki, kok. Cover knalpot motor matic yang berbahan Polyurethane (PU) memang rawan sekali mengalami baret. Banyak hal yang menyebabkan tutup knalpot menjadi baret, seperti tersenggol motor lain, jatuh saat berkendara, atau tidak sengaja menabrak barang.

Namun, tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diperbaiki menggunakan cat semprot. Berikut langkah-langkah memperbaiki tutup knalpot yang baret.

  • Sebelum memulai membenahi, siapkan terlebih dahulu cat semprot warna hitam yang semi doff, kunci sok nomor 10, dan ampelas nomor 800 atau 1000.
  • Lepaskan tutup knalpot Beat yang tergores dengan kunci sok yang diikat baut 10mm. Lepaskan juga ring logam spacer beserta karetnya.
  • Bersihkan tutup knalpot, dicuci juga bisa. Cari bagian mana saja yang tergores, lalu segera haluskan bagian yang tergores dengan ampelas. Lakukan pengampelasan secukupnya saja agar motif mirip serat karbon pada tutup knalpot tidak rusak.
  • Siapkan cat semprot warna hitam semi doff. Sebelum digunakan, kocok dahulu kaleng cat agar isi kandungan cat tercampur merata. Jika tidak tercampur merata, h itu akan berimbas pada hasil semprotan.
  • Semprotkan tipis-tipis cat tersebut secara merata pada seluruh bagian tutup knalpot Beat. Sebaiknya dimulai dari bagian bawah tutup knalpot, lalu ke bagian atas. Lakukan dengan hati-hati agar hasil lebih rapi.
  • Ulangi pelapisan cat semprot sebanyak 3 kali. Sebaiknya diberi jeda 3-5 menit pada setiap sesi agar cat mengering dengan sempurna.
Viral :   Mau Pasang Kaca Film Mobil, Berikut Cara yang Benar

Itulah bagian-bagian pada knalpot yang harus dijaga dan dirawat dengan baik agar dapat berfungsi dengan optimal. Tutup knalpot juga bagian dari knalpot yang harus dirawat karena jika baret akan terlihat kusam dan tak terawat. Perbaikilah tutup knalpot Beat yang baret agar tampilan motor Anda tetap terlihat menawan.