knalpot Scorpio

Agar Lebih Awet, Pahami Cara Merawat Knalpot Scorpio

Knalpot merupakan salah satu komponen penting yang ada di motor setelah mesin. Oleh karena itu, knalpot memerlukan perhatian lebih dan harus dirawat dengan benar. Selain untuk menjaga performa kerjanya, merawat knalpot Scorpio sangat diperlukan agar tampilannya tetap terjaga.

Merawat knalpot sebenarnya tidak terlalu susah, hanya saja diperlukan ketelitian dalam melakukannya. Bagaimanapun, merawat knalpot wajib dilakukan karena jika tidak, hal itu akan berdampak buruk pada kendaraan Anda.

Dampak Buruk Jika Knalpot Tidak Dirawat dengan Baik

Seperti halnya mesin, knalpot perlu dirawat dengan baik agar saat dikendarai, motor tetap aman dan tidak terjadi hal buruk. Jika tidak dirawat dengan baik, lama-kelamaan knalpot tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Lalu, apa yang akan terjadi? Salah satu dampak buruk yang bisa terjadi adalah proses pemanfaatan hasil pembakaran dari mesin yang akhirnya kurang maksimal.

Jika hal itu terjadi, maka sangat mungkin konsumsi motor terhadap bahan bakar menjadi boros dan motor menjadi tak bertenaga. Kalau sudah seperti itu, motor tidak akan bekerja optimal dan berujung harus dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Viral :   E-Toll Mandiri Menawarkan Beragam Kemudahan

Cara Merawat Knalpot Scorpio yang Benar

Sebagai komponen motor yang berfungsi sebagai saluran pembuangan hasil pembakaran, knalpot harus dirawat dengan baik agar motor menjadi awet dan tidak rewel saat digunakan.

Itulah alasan mengapa Anda perlu merawat dan membersihkan knalpot secara rutin. Lalu, bagaimana cara merawat knalpot yang benar? Simak caranya berikut ini.

  1. Bersihkan Knalpot Setelah Kehujanan

Saat musim hujan tiba, Anda harus bekerja ekstra untuk menjaga knalpot agar tidak berkarat. Air hujan mengandung senyawa asam yang dapat membuat komponen-komponen motor yang terbuat dari besi menjadi berkarat.

Leher knalpot Scorpio adalah bagian yang sering berkarat. Apabila didiamkan terlalu lama, maka knalpot akan berlubang.

  1. Olesi Leher Knalpot dengan Oli

Jika ingin knalpot Scorpio berumur panjang, Anda bisa mengolesinya dengan oli. Mengolesi knalpot dengan oli, akan membuat karat yang menempel perlahan hilang.

Caranya adalah, nyalakan motor hingga mesin panas, lalu oleskan oli pada bagian knalpot yang berkarat. Oli yang dioleskan pada knalpot yang panas, membuat karat meleleh.

  1. Drainase Jangan Sampai Buntu

Drainase merupakan lubang kecil di ujung bawah silencer dekat leher knalpot. Lubang tersebut berfungsi mengalirkan air yang masuk ke silencer agar tidak tergenang.

Viral :   Ini Dia Cara Bayar Pajak Kendaraan Melalui E Samsat Jakarta

Untuk memastikan drainase tidak buntu, masukkan lidi ke lubang dan jika tidak ada hambatan maka drainase aman. Jika drainase mampat, air akan tergenang dan knalpot berpotensi mengalami korosi.

  1. Hilangkan Percikan Aspal yang Menempel

Selain berkarat, beberapa bagian knalpot akan kotor karena percikan aspal yang didapat saat berkendara. Apabila terdapat bekas aspal di knalpot, bagian tersebut harus segera dibersihkan.

Caranya adalah dengan mencampurkan bensin dan minyak tanah dengan perbandingan 1:2, lalu oleskan dan sikat perlahan pada bagian yang terkena aspal.

  1. Periksa Sambungan Knalpot

Cara merawat knalpot yang terakhir adalah dengan memastikan sambungan knalpot dalam kondisi baik. Pastikan baut yang menyangga knalpot kencang dan tidak ada kebocoran pada sambungan knalpot..

Jika sambungan tidak terpasang dengan sempurna, konsumsi terhadap bahan bakar akan boros dan tenaga yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat knalpot motor agar tetap berfungsi dengan baik. Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara wajib diperhatikan agar perjalanan Anda terasa menyenangkan. Pastikan untuk merawat knalpot Scorpio dengan baik agar tidak terjadi hal-hal buruk saat berkendara.