knalpot DBS

Awas KW, Berikut Ciri Knalpot DBS Original

Bukan menjadi kasus baru bila kita kerap menjumpai produk dipalsukan berasal dari produk yang bermerk dengan kualitas baik, termasuk  asal Negeri Gajah Putih ini. Lantas seperti apa ciri dari produk knalpot DBS yang original?

Sebelum mengetahui ciri, mari berkenalan sekilas mengenai knalpot merk DBS ini. Simak ulasan di bawah ini.

Sekilas Mengenai Knalpot DBS Thailand

Merek DBS adalah singkatan dari Dang Bang Sai yang merupakan sebuah nama salah satu tim Drag Race terkenal di Thailand. Tim tersebut tercatat memperoleh poin tertinggi di kelas Drag Race 2 selama tiga tahun berturut-turut.

Kelas yang digeluti adalah mesin 2 tak  dengan kapasitas 160 cc menggunakan Honda Nova dash yang di-bore up. Catatan waktu yang ditorehkan pun hanya berkisar antara 11,15 hingga 11,31 detik. Saat ini, DBS tidak hanya mengukuti kejuaraan di keas 2 tak, namun juga di kelas 4 tak dan matik.

Knalpot asal Thailad ini sudah cukup lama terkenal di Indonesia. Dari segi karakter power, DBS memiliki nilai rpm bawah yang cukup bertenaga.Kerapian finishing, material yang digunakan, serta sambungan yang perisis hingga performanya membuat knalpot ini diganderungi para pencinta modifikasi otomotif Tanah Air.

Viral :   Cara Kredit Mobil Lewat Grab Terbaru 2022

Bukan hanya di Indonesia, DBS juga telah mengedarkan produknya ke negara tetangga lainnya, seperti Filipina dan Malyasia.

Ciri-Ciri Knalpot DBS Original

Orisinalitas produk ini dapat Anda ketahui dari beberapa kategori, mulai dari nomor seri, logo produk, per, sambungan produk, dan suara. Berikut penjelasan detailnya.

  1. Nomor Seri

Hal pertama untuk mengetahui apakah sebuah knalpot bermerek DBS merupakan produk bajakan atau original adalah dari nomor serinya. Setiap produk DBS memiliki braket ketikan angka 4 atau 5 yang berada di gelang knalpot. Jika Anda dapat menemukan nomor tersebut, dapat dipastikan knalpot tersebut original.

  1. Bentuk Logo/Merk

Logo yang tersemat pada produk original produk ini adalah berbentuk oval. Warnanya terdiri dari merah, biru, hitam, dan kuning. Jika Anda menjumpai logo serupa tetapi bentuknya selain oval, kemungkinan besar produk tersebut adalah palsu.

Cara lain mengetahui logo tersebut asli atau tidak adalah dengan cara merabanya. Jika Anda merasa tulisan tersebut timbul, dipastikan produk tersebut original. Namun ketika diraba terasa halus dan rata, biasanya logo tersebut dicetak dari hasil sablon.

  1. Sambungan Produk

Kategori selanjutnya adalah sambungan produk. Knalpot asli DBS memiliki tiga sambungan dengan finishing yang rapi. Bentuknya pun berlekuk sangat halus.

Produk palsu biasanya memiliki bentuk pipa model cacing dan memiliki diameter lebih kecil daripada produk asli. Anda harus melihatnya lebih jeli guna menghindari membeli produk bajakan.

  1. Per

Per? Ya, kelihatannya sepele, tetapi benda lentur tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui apakah knalpot DBS original atau KW. Produk asli memiliki per berwarna hitam dengan kelenturan dan bentuk yang sempurna.

Viral :   Cara Membaca Ukuran Velg Mobil Mudah & Akurat

Pertanyaannya, mengapa berwarna? Produsen telah memikirkannya. Per tersebut dibekali material anti karat sehingga lebih awet dan sulit ditiru oleh pihak pembajak mana pun.

  1. Suara

Suara knalpot dari DBS original memiliki karkter tersendiri. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mencari referensi melalui YouTube. Namun yang pasti, suara yang dihasilkan produk asli lebih bergahar, ngebas, dan bulet dibandingkan produk bajakan.

  1. Harga

Ini adalah faktor yang cukup jelas. Produk asli pasti memiliki selisih harga yang cukup tinggi dengan produk tiruannya karena memang tujuan pembuat produk tiruan tersebut adalah mendapat keuntungan.

Sebenarnya, knalpot pabrikan Thailand ini memiliki harga yang berbeda untuk setiap varian dan tipe knalpot. Namun pada umumnya, selisih produk asli DBS dapat mencapai 400–600 ribu rupiah dari harga produk tiruannya.

Itulah beberapa ciri yang bisa Anda jadikan sebagai acuan agar tidak tertipu dengan produk tiruan dari knalpot DBS. Semoga bermanfaat!

Kata Pencarianknalpot 2TaK thailand