Knalpot Cha

Perbedaan Antara Knalpot Cha Yang Asli Dan Palsu

Knalpot Cha merupakan merk knalpot yang banyak digunakan oleh para pembalap motor. Oleh karena itu, wajar jika kebanyakan pencinta modifikasi sudah mengetahui merk knalpot tersebut.

Selain memiliki keunggulan dalam hal penampilan, knalpot ini juga memiliki keunggulan dalam hal meningkatkan performa power engine sepeda motor. Namun demikian, dengan keunggulan tersebut, banyak juga beredar versi tiruan alias palsu dari merek knalpot ini. Bagaimana membedakannya?

Perbedaan Antara Knalpot Cha yang Asli Dan Palsu

Knalpot buatan Thailand ini memang dikenal memiliki banyak kelebihan. Di antaranya adalah mampu memberikan performa lebih kepada sepeda motor terutama sepeda motor dengan konsep racing.

Selain itu, knalpot ini juga dibuat dari material yang berkualitas, desain yang sporty, suara yang gagah dan pemasangan yang mudah.

Dengan begitu banyak kelebihan, maka wajar jika knalpot ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Namun, karena permintaan pasar sangat tinggi, maka bermunculan knalpot Cha palsu yang beredar di pasaran.

Hal tersebut jelas merugikan pembeli dan produsen knalpot. Untuk menghindarinya, maka Anda perlu memperhatikan perbedaan antara knalpot merek Cha yang asli dengan yang palsu sebagai berikut.

  1. Hasil Pengelasan

Cara memastikan keaslian knalpot yang paling mudah adalah dengan melihat fisiknya terlebih dahulu. Knalpot pabrikan yang asli biasanya diproduksi dengan peralatan yang canggih dan quality control yang ketat sehingga knalpot yang dihasilkan pasti memiliki kualitas yang bagus.

Viral :   Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Salah satu ciri fisik knalpot dengan kualitas yang bagus dapat dilihat dari hasil pengelasannya. Knalpot yang asli bisa dipastikan memiliki hasil pengelasan yang halus dan tidak ada sisa pengelasan yang timbul.

Jika permukaan knalpot yang asli diraba, akan terasa halus tanpa gelombang. Knalpot palsu cenderung memiliki hasil pengelasan yang jelek dan kasar ketika diraba.

  1. Material Knalpot

Perbedaan antara knalpot Cha yang asli dan palsu selanjutnya dapat dilihat dari materialnya. Hal tersebut disebabkan material penyusun knalpot memiliki pengaruh terhadap kualitas knalpot secara keseluruhan. Di antaranya mempengaruhi daya tahan knalpot dan performa knalpot itu sendiri.

Walaupun memang sedikit sulit untuk membedakan material pembuat knalpot yang asli dan palsu. Sebab untuk dapat mengerti perbedaannya, dibutuhkan pemahaman terhadap material seperti jenis-jenis besi dan sebagainya.

Namun, yang jelas, knalpot asli akan memiliki material dengan yang lebih kuat dan ulet sehingga tidak mudah rusak.

  1. Desain Knalpot

Cara untuk membedakan knalpot asli dan palsu yang selanjutnya adalah dengan melihat desain knalpotnya. Cara ini sebenarnya termasuk cara yang sangat sulit.

Viral :   Inilah Harga Mobil Suzuki Ertiga yang Wajib dipahami

Hal itu dikarenakan tingkat kemiripan antara desain knalpot asli dan palsu sangatlah tipis. Sehingga tanpa pengetahuan mendalam mengenai knalpot, hampir mustahil untuk dapat melihat perbedaannya.

Namun, jangan lantas berputus asa. Produsen knalpot sekarang ini menyiasati usaha pemalsuan produk knalpot mereka dengan menggunakan teknologi canggih sehingga begitu detail dalam membuat logo merk, kode embos, dan emblem knalpotnya.

Desain knalpot yang palsu biasanya sedikit kurang rapi dalam hal detail logo merk, kode embos, dan emblem knalpotnya.

  1. Harga Knalpot

Yang terakhir dan yang paling penting dalam membedakan knalpot asli dan palsu adalah dengan melihat harganya. Kebanyakan orang tertipu dengan knalpot yang palsu karena tergiur dengan harganya yang relatif murah.

Meskipun begitu, bukan berati setiap knalpot yang berharga murah bukanlah knalpot asli karena sebagian produk keluaran Cha juga memiliki harga yang relatif terjangkau.

Hal tersebut bisa diatasi dengan membeli knalpot di agen penjualan resmi baik secara online ataupun online. Namun, lebih disarankan untuk membeli knalpot secara offline saja. Sebab dengan begitu, lebih mudah untuk menilai penampilan fisik dari knalpot Cha tersebut asli atau palsu.