Paking Knalpot

Pentingnya Paking Knalpot yang Belum Banyak Diketahui

Paking knalpot pasti masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan komponen yang satu ini memang kurang begitu terlihat lantaran berada di sambungan antara ujung leher knalpot yang menempel dengan dudukan di kepala silinder.

Karena kurang terlihat, maka komponen yang satu ini kurang diperhatikan. Padahal, komponen ini memiliki peran yang penting dalam sepeda motor.

Pentingnya Paking Knalpot yang Belum Banyak Diketahui

Knalpot adalah salah satu bagian penting dari sepeda motor yang memiliki fungsi untuk meredam suara bising, mengurangi polusi, dan menambah tenaga sepeda motor.

Apabila bagian ini mengalami kerusakan, performa sepeda motor juga akan terganggu. Salah satu bagian dari knalpot yang memiliki fungsi sangat penting adalah paking knalpot.

Komponen yang biasanya terbuat dari kuningan, asbes dan sebagainya ini memang tidak memiliki siklus penggantian yang rutin. Sehingga tidak bisa dipastikan waktu untuk penggantian paking sebab ketahanannya tergantung usia dari sepeda motor dan paking itu sendiri.

Penggunaan sepeda motor juga berpengaruh terhadap ketahanan komponen ini. Namun, mengganti paking memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  1. Mencegah Pemborosan BBM dan Overheating

Bentuk dari komponen ini memang terlihat sepele dan harganya hanya sekitaran Rp5.000 sampai Rp15.000 saja. Namun, jangan sepelekan pentingnya komponen yang satu ini karena jika sampai terjadi kerusakan pada komponen ini, kerugian yang disebabkan mungkin akan lebih besar dari Rp15.000.

Viral :   Cara Poles Kaca Mobil untuk Menghilangkan Baret, Sangat Mudah

Kerusakan yang biasanya terjadi karena kurang diperhatikannya komponen ini adalah kebocoran pembakaran mesin. Hal tersebut bisa membuat terjadinya pemborosan BBM. Semua itu terjadi karena bahan bakar yang berubah menjadi gas oembakaran terbuang melalui celah kebocoran paking.

Selain itu, kerusakan yang dapat terjadi karena kebocoran adalah overheating. Hal ini dapat terjadi karena kerja pembakaran dibuang sia-sia. Mesin pun harus bekerja kembali untuk mengolah bahan bakar baru dan gas pembakaran. Overheating yang berkepanjangan sangat tidak bagus untuk performa mesin sepeda motor Anda.

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka bagian ini harus diganti ketika mencopot atau mengganti knalpot. Atau kalau tidak, Anda bisa melakukan penggantian paking ketika paking sudah mulai rusak.

Hal itu dapat diidentifikasi melalui suara knalpot yang keluar. Jika suara knalpot terdengar aneh, maka sudah saatnya Anda untuk melakukan penggantian paking dari knalpot motor Anda.

  1. Menjaga Performa Power Engine

Salah satu fungsi knalpot yang tidak kalah penting dari meredam suara bising, adalah untuk mendongkrak power engine sepeda motor. Hal ini biasanya berlaku untuk penggantian knalpot standar dengan knalpot racing.

Viral :   Tips Memilih Bengkel Cat Mobil yang Bagus untuk Kendaraan Anda

Penyebabnya adalah knalpot racing mengalirkan udara hasil pembakaran dengan lebih lancar ketimbang knalpot standar.

Paking knalpot yang rusak akan membuat bagian sambungan antara leher knalpot dan kepala silinder mengalami kebocoran. Dengan adanya kebocoran tersebut, pembuangan udara hasil pembakaran menjadi terganggu. Dengan pembuangan yang terganggu, secara otomatis performa dari power engine juga ikut terganggu.

Tentu tidak ada yang mau sepeda motor kesayangannya mengalami drop power engine haanya karena masalah yang sepele. Namun, jika hal tersebut terjadi, maka diperlukan penanganan yang segera. Anda perlu berhati-hati karena kerusakan paking dalam jangka waktu yang lama akan bisa menimbulkan dampak parah.

Penanggulangan kerusakan yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menggantinya. Anda sangat tidak disarankan untuk mendobel paking baru dengan paking yang lama. Pasalnya, material paking knalpot yang lama dipastikan sudah keras dan gepeng dengan tingkat kerapatan yang kecil.

Kata PencarianBahan Paking knalpot,kegunaan packing knalpot pada sepeda motor,paking knalpot